-->

Usur-Usur Budaya Materi Kelas 5 Tema 7


Selamat berjumpa kembali adik-adik kelas 5. Pada pembelajaran kali ini kita akan mempelejari topik unsur-unsur budaya. Materi ini dibelajarkan di kelas 5 pada tema 7. Langsung saja mari kita bahas topiknya.
Unsur-unsur kebudayaan adalah sebagai berikut :
1. Relegi
Relegi atau kepercayaan. Agama yang ada di Indonesia sebanyak 6 agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu. Seluruh agama beserta umatnya selalu mengemban sikap hormat-menghormati dan toleransi antar pemeluk agama.

2. Mata Pencaharian
Keragaman alam yang ada di Indonesia membaut adanya perbedaan jenis pekerjaan bagi masyarakatnya. Sebagian penduduk memang bekerja sebagai petani, hal ini dikerenakan sebagian besar tanahnya subur. Penduduk yang berada di daerah dekat pantai lebih banyak memilih sebagai pencari ikan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Teknologi dan peralatan
Unsur budaya berikutnya adalah teknologi. Manusia menggunakan teknologi untuk memudahkan hidupnya. Sejak zaman dahulu, manusia sudah menggunakan teknologi di dalam kehidupannya. Meskipun teknologi tersebut masih sangat sederhana. Zaman dahulu teknologi/peralatan seperti, peralatan senjata, alat angkut,  rumah, pakaian, dan perhiasan.

4. Kesenian
Usur budaya yang berikutnya adalah kesenian. Hampir semua suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki kesenian yang beragam. Sehingga Indonesia sangat kaya dengan kesenian daerah. Kesenian bisa dibedakan menjadi dua yaitu kesenian yang bisa dinikmati oleh mata seperti : tarian, seni patung, seni lukis, dan seni perdalangan. Sedangkan kesenian yang dinikmati oleh telinga misalnya seni musik dan seni seni sastra.

5. Pengetahuan
Unsur kebudayaan berikutnya adalah pengetahuan. Setiap suku bangsa memiliki pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan tersebut nantinya digunakan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami dalam hidup. Pengetahuan tentang kondisi alam, fauna, dan flora serta pemanfaatannya bagi kehidupan manusia.

6. Sistem kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan adalah pola hidup yang menjadi kebiasaan dan dianut serta telah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. Ada sistem perkawinan, sistem kekerabatan, dan sistem berperilaku dalam masyarakat.

7. Bahasa
Berutunglah bangsa Indonesia memiliki Bahasa Indonesia. Mengapa? Karena seperti kita ketahui, bangsa Indonesia memilki beragam suku. Setiap suku memiliki bahasa daerah masing-masing, yang bisa saja hanya dimengerti oleh suku itu sendiri.

Dengan adanya Bahasa Indonesia, setiap suku bangsa bisa saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga apa bisa saling mengerti apa.

Bahasa Indonesia sudahh ditetapkan sebagai bahasa nasional dan pemersatu bangsa.

0 Response to "Usur-Usur Budaya Materi Kelas 5 Tema 7"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel