-->

KISI-KISI SOAL PAT TEMA 7 PPKN KD 3.3 KELAS 5 SD KURIKULUM 2013 SEMESTER 2

Memasuki semester 2 pembelajaran di kelas 5 maka akan dibelajarkan mulai dari tema 6, 7, 8 dan 9. Semua tema tersebut akan dilaksanakan penilaian secara berkala melalui beberapa jenis penilaian, yang meliputi ; penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun. 

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan bahas tentang kisi-kisi penilaian akhir tahun (PAT) khususnya tema 7 di kelas 5 sekolah dasar. 

Pentingnya penyusunan kisi-kisi soal harus menjadi pertimbangan guru didalam menyusun soal. Hal ini jelas, dengan adanya kisi-kisi soal, maka penilaian yang akan kita lakukan dapat mengukur kompetensi yang muncul di dalam setiap tema dengan proporsi yang baik.

Pembelajaran tema 7 di kelas 5 yang berjudul Peristiwa dalam Kehidupan memadukan beberapa muatan mata pelajaran di dalamnya. Sama seperti tema-tema lainnya di kelas 5. 

Adapun muatan mata pelajaran yang terhimpun menjadi satu dalam tema 7 meliputi ; PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Dalam pelaksanaannya nanti  semua  muatan mata pelajaran tersebut akan saling berkaitan satu sama lainnya. 

Mekipun di dalam pelaksanaan pembelajaran mapel tersebut terhimpun mejadi satu. Akan tetapi di dalam penilaiannya muatan mapel tersebut tetap berpedoman pada kompetensi dasar yang di belajarkan. 

Untuk tema 7 muatan PPKN di kelas 5 ini membelajarkan Kompetensi Dasar (KD) 3.3 Menelaah keberagaman

sosial budaya masyarakat. Sehingga di dalam penyusunan soal untuk muatan mapel PPKN akan tetap mengacu pada ketercapaian KD tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sebelum pelaksanaan penilaian tersebut dilaksanakan. Maka terlebih dahulu rekan-rekan guru akan menyusun kisi-kisi soal. Kisi-kisi soal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar? Dan juga sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru di kelas yang mereka ampu.

Dalam penyusunan kurikulum hendaknya mengacu pada kompetensi dasar. Dan untuk meratakan persebaran soal terhadap KD yang akan diukur, maka disusunlah kisi-kisi soal.

Kisi-kisi soal bisa disusun secara mandiri maupun secara berkelompok. Semua teknik penyusunan tersebut memiliki sisi keuntungan dan kerugiaannya, jika memang kita ingin mengetahui lebih ajuh mengenai kelebihan dan kekurangan penyusunan kisi kisi PAT yang akan disusun secara mandir maupun berkelompok.

Kali ini pada artikel ini, admin akan menyajikan sebuah kisi-kisi soal PPKN yang disusun secara madiri, yang mengacu kepada  kompetensi dasar (KD) yang akan diujikan.

Penyusunan kisi-kisi soal meliputi beberapa komponen yaitu ; Kompetensi Dasar, Indikator Soal, Bentuk Soal, Level Kognitif, Rumusan Butir Soal dan Kunci jawaban.

Berikut ini selengkapnya kisi-kisi soal PAT muatan PPKN Tema 7 Kelas 5 Kurikulum 2013.


KOMPETENSI DASAR :

3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

INDIKATOR SOAL :

1. Siswa mampu menentukan bentuk pengamalan semboyan bangsa Indonesia.

BENTUK SOAL : Pilihan Ganda

LEVEL KOGNITIF : Level 2

RUMUSAN BUTIR SOAL :

Sebagai semboyan bangsa, Bhineka Tunggal Ika harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara . . . . a. membayar pajak tepat waktu b. mengantre di loket pembayaran c. berteman tanpa memandang suku d. belajar dengan sungguh-sungguh

KUNCI JAWABAN : C

KOMPETENSI DASAR : 3.3. Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat INDIKATOR SOAL : 2. Disajikan sebuah cerita singkat, siswa dapat menentukan sikap yang dilakukan untuk melestarikan budaya nasional BENTUK SOAL : Pilihan Ganda LEVEL KOGNITIF : Level 2 RUMUSAN BUTIR SOAL : Dayu berasal dari suku Bali. Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, sekolah Dayu menyelenggarakan pagelaran budaya. Dayu diminta manarikan tarian Jaipong dari Jawa Timur. Sikap Dayu sebagai bentuk melestarikan budaya nasional sebaiknya …. a. memilih mengganti tarian sesuai dengan daerahnya b. menarikan tarian Jaipong dengan penuh keyakinan c. tidak sekolah karena tidak suka dengan tarian tersebut d. menolak karena dirasa tarian tersebut tidak sesuai KUNCI JAWABAN : B KOMPETENSI DASAR : 3.3. Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat INDIKATOR SOAL : 3. Siswa mampu mengidentifikasi sikap yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. BENTUK SOAL : Pilihan Ganda LEVEL KOGNITIF : Level 2 RUMUSAN BUTIR SOAL : Sikap yang harus dihindari dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah sikap …. a. sukuisme b. patriotisme c. nasionalisme d. solidaritas KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR :
3.3. Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat INDIKATOR SOAL : 4. Disajikan sebuah ilustrasi tentang contoh unsur budaya, siswa mampu menentukan usur kebudayaan yang dimaksud. LEVEL KOGNITIF : Level 2 RUMUSAN BUTIR SOAL : Indonesia memiliki beragam jenis obat-obatan tradisional, salah satunya jamu. Temuan akan obat-obatan tradisional merupakan salah satu unsur kebudayaan, yaitu …. a. kesenian b. teknologi c. peralatan d. pengetahuan KUNCI JAWABAN : D KOMPETENSI DASAR : 3.3. Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat INDIKATOR SOAL : 5. Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila LEVEL KOGNITIF : Level 2 RUMUSAN BUTIR SOAL : Edo dan Wahyu ikut bergotong royong bersama warga desa lainnya membersihkan saluran air di lingkungan tempat tinggalnya. Perilaku yang dilakukan oleh Made dan Wahyu merupakan pengamalan nilai Pancasila sesuai dengan sila . . . . a. kesatu b. kedua c. ketiga d. keempat KUNCI JAWABAN : C KOMPETENSI DASAR : 3.3. Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat INDIKATOR SOAL : 6. Siswa mampu memberikan contoh sikap menghargai keberagaman dalam musyawarah. LEVEL KOGNITIF : Level 2 RUMUSAN BUTIR SOAL : Dalam melaksanakan musyawarah, sikap yang kita tunjukkan untuk menghargai keberagaman adalah . . . . a. menyampaikan pendapat sesuka hati b. menerima seluruh pendapat peserta c. memberikan ketua saja untuk berbicara d. memutuskan sendiri hasil musyawarah KUNCI JAWABAN : B Demikian kisi-kisi soal PAT muatan PPKN Tema 7 Kelas 5 Semester 2 yang dapat admin sajikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "KISI-KISI SOAL PAT TEMA 7 PPKN KD 3.3 KELAS 5 SD KURIKULUM 2013 SEMESTER 2"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel