-->

Berikut ini Tugas Teknisi ANBK yang Wajib Diketahui

 Hallo sahabat belajar dimana pun anda berada. Bagaimana, apakah anda sedang sibuk kali ini dalam persiapan Asemen Berbasis Komputer (ANBK) ? Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya tugas-tugas di dalam mempersiapkan ANBK. Asalkan semua yang terlibat tahu betul dengan tugas dan fungsinya, maka proses ANBK akan berjalan dengan lancar.

Kesuksesan  proses ANBK ada ditangan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Salah satu komponen yang berperan penting pada ANBK adalah Teknisi. 

Apakah anda sedang bertugas sebagai  teknisi pada asemen kali ini? jika ya, maka anda harus tahu lebih dulu apa saja yang menjadi tugas pokok seorang teknisi. Dengan begitu, semua proses ANBK akan berjalan dengan lacar.

asesmen-nasional, tugas, teknisi, proktor
Asesmen Nasional

Berikut ini adalah tugas pokok teknisi pada kegiatan ANBK. 

1) Menyiapakan dan memastikan   perangkat Laptop  dan perangkat jaringan listrik berfungsi dengan baik

Jika anda selaku teknisi, maka ada baiknya anda pastikan dahulu perangkat Laptop atau komputer yang akan digunakan. 

Usahakan laptop yang akan digunakan memiliki spesifikasi minimum untuk penggunaan ANBK. Dengan begitu maka perangkat tidak akan mengalami kendala di dalam pengoperasiannya. 

Siapkan pula satu atau dua buah laptop sebagai cadangan. Karena bisa saja perangkat yang akan anda gunakan mengalami kendala teknis ketika akan dipergunakan oleh peserta didik.

2) Mengganti segera Laptop yang bermasalah

Saat proses ANBK kita selalu mengharapkan agar proses bisa berjalan lancar dan terkendali. Namun tidak menutup kemungkinan segala hal terburuk dalam hal teknis bisa saja terjadi. Menyikapi kondisi demikian maka seorang tenisi dalam ANBK harus bisa dengan sigak mengganti sesegera mungkin perangkat laptop yang bermasalah.

Itulah mengapa, kita harus mempersiapkan satu perangkat sebagai cadangan. Jika hal buruk itu terjadi maka kita bisa dengan cepat menggantikan perangkat tersebut dengan perangkat yang baru.

3) Mengumpulkan kembali perangkat Laptop dan menaruh ditampat yang aman

Setelah proses ANBK selesai, maka seorang teknisi bertugas mengumpulkan kembali piranti alat-alat kegiatan ANBK. Taruh kembali pada tempat yang aman dan tertata rapi. Sehingga keesokan harinya kita tidak kesulitan untuk mencari alat-alat tersebut.

4) Memastikan semua komputer peserta sudah terhubung dan terinstal aplikasi asesmen
Akan ada gladi atau masa latihan bagi siswa sebelum pelaksanaan asesmen nasional dilaksanakan. Teknisi bertugas untuk memastikan bahwasannya setiap perangkat komputer sudah terinstal dengan aplikasi asesmen. 

Teknisi asesmen juga memastikan bahwa aplikasi tersebut bisa berjalan dan tidak mengalami kendala. Pun seandainya ditemukan kendala ketika proses asemen itu berlangsung, maka teknisi berkewajiban untuk membantu peserta mengatasinya. 

Nah, demikian sobat beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang teknisi asemen nasional. Jika ada yang masih kurang, sahabat bisa menambahkan di kolom komentar.

Selamat menjalankan tugas, semoga kegiatannya bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Jangan lupa tersenyum. Salam sehat dan bahagia.

0 Response to "Berikut ini Tugas Teknisi ANBK yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel