-->

Cara Diferensiasi Pembelajaran Hak dan Kewajiban Materi Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Sudah seharusnya di dalam membelajarkan peserta didik memberikan hal yang terbaik bagi mereka. Seperti yang sudah diketahui bersama, kalau peserta didik disekolah tidaklah ada yang sama. Mereka adalah pribadi yang unik. Maka dari pada itu menghargai ciri unik mereka tersebut merupakan suatu kewajiban kita sebagai seorang pendidik.

Dengan keberagaman dan keunikan yang dimiliki oleh peserta didik tersebut, maka sudah seharusnya guru  bisa memberikan pelayanan pembelajaran sesuai dengan segala kelebihan  dan kekurangan yang ada pada diri mereka. 
pembelajaran-berdiferensiasi-kurikulum-merdeka-kelas-4


Kurikulum merdeka mengisyaratkan bahwasannya guru harus memberikan pelayanan yang berpusat dan berpihak kepada peserta didik. Memberikan pengalaman belajar yang merdeka, akan menjadikan mereka menjadi lebih terbuka, menghargai diri dan juga orang lain, serta bertumbuh sesuai dengan kecepatan dan kebutugan belajar masing-masing peserta didik.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan   pilihan yang dilakukan guru dalam menghargai keunikan peserta didik tersebut. Melalui pembelajaran ini, maka guru diharapkan bisa menyediakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kemampuan kebutuhan belajar mereka.

Saya ambil contoh sederhana di dalam pembelajaran hak dan kewajiban di kelas 4 pada Kurikulum Merdeka. Pembelajaran  berdiferensiasi yang bisa guru lakukan di dalam pembelajaran tersebut adalah dengan memberikan 3 alternatif kegiatan berdiferensiasi. Yaitu berdiferensiasi proses, produk, dan diferensiasi konten.

Dalam artikel ini, admin akan mengetengahkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, dengan materi hak dan kewajiban, di fase B kelas 4 sekolah dasar.

Langsung saja berikut ini pembahasannya.

Berdiferensiasi yang akan admin hadirkan disini adalah berdiferensiasi proses. Disini peserta didik akan diberikan kegiatan yang berbeda sesuai dengan  tingkat pemahaman dan kemampuan belajarnya.

Sebelum proses pembelajaran dimulai, guru melaksanakan asesmen diagnostik terlebih dahulu. Dari hasil asesemen inilah diketahui tingkat kemampuan awal murid. 

Materi hak dan kewajiban dibelajarkan di kelas 4. Diferensiasi proses yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

1/ Bagi peserta didik yang masih perlu bimbingan, guru bisa mengajak merek berdiskusi bersama tentang kegiatan apa yang kerap mereka lakukan di rumah. 

Kemudian apa yang sudsh mereka peroleh di rumah. Dari pengantar kegiatan itulah guru menyampaikan secara tidak langsung hak dan kewajiban di rumah.

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan peserta didik sejumlah gambar yang menceritakan hak dan kewajiban yang dilakukan selama di rumah. 

Mintalah mereka mengklasifikasikan gambar sesuai dengan hak dan kewajiban.

2/ Bagi peserta didik yang kategori cakap, disini diferensiasi yang bisa guru lakukan di dalam proses pembelajaran adalah dengan menugaskan peserta didik untuk menemukan pelaksanaan hak dan kewajiban yang bisa mereka temukan dalam sebuah peristiwa pendek, bisa dalam bentuk 1 atau 2 paragraf.

3/ Bagi peserta didik dengan kategori mahir diberikan pengalaman belajar mengidentifikasi pelaksanaan hak dan kewajiban di sekolah. peserta didik ditugaskan untuk menguraikan bentuk-bentuk hak dan kewajiban yang sudah mereka peroleh dan laksanakan di sekolah.

mereka bisa menceritakan dalam bentuk tertulis maupuan membuat ilustrasi berupa komik. Dengan kegiatan yang berdiferensiasi ini akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri mereka.

Peserta didik tidak akan merasa khwatir akan perbedaan dirinya dengan teman lainnya. Karena melalui diferensiasi ini segala perbedaan dihargai dalam pembelajaran.

Demikian ulasan singkat tentang diferensiasi dalam pembelajaran hak dan kewajiban di kelas 4 dengan pembelajaran berbasis Kurikulum merdeka. 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa tersenyum. Salam sehat dan bahagia.

0 Response to "Cara Diferensiasi Pembelajaran Hak dan Kewajiban Materi Kelas 4 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel