-->

Komponen yang Ada Dalam Modul Ajar

Hai sobat pendidik, senang kembali bisa menyapa Bapak/Guru hebat yang telah berkenan mengunjungi blog ini. Bapak/Guru hebat di awal tahun pelajaran 2022/2023 kali ini, mungkin ada yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Bagi sahabat yang mengimplementasikan Kurikulum merdeka tahun ini, pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya Capaian Pembelajaran (CP) Tujuan Pembelajaran (TP) Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. 



Nah, pada kesempatan ini kita akan memfokuskan pembahasan mengenai komponen apa saja yang termuat di dalam modul ajar? Dan apakah komponen itu harus ada dalam modul ajar? Atau bisa kita sesuaikan dengan kondisi sekolah kita? Mari kita bahas dan diskusikan bersama dalam artikel ini. 

Sebelum kita menyusun modul ajar yang baik dan berpihak kepada murid, maka alangkah bijaknya kita mengetahui hal-hal penting atau komponen yang ada di dalam modul ajar tersebut. Dengan mengetahui komponen di dalamnya, maka kita akan bisa membuat modul ajar yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan di dalam kurikulum yaitu tercapainya capaian pembelajaran.

Apa itu Modul Ajar?

Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Penyusunan modul ajar sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari , tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang.

Berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. 

Komponen modul ajar yang termuat dalam pedoman tersebut bisa kita jadikan untuk menyusun modul ajar yang lebih lengkap, menarik, dan bermakna. Disana juga diamanatkan  bahwa  modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.

Adapun komponen-komponen yang dimaksud dalam modul ajar secara garis besarnya bisa kita kelompokkan menjadi tiga cakupan besar. Komponen penyusun tersebut antara lain : Informasi umum,  Komponen Inti dan Lampiran.

A. Informasi Umum

  1. Identitas penulis modul
  2. Kompetensi awal
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Sarana dan prasarana
  5. Target peserta didik

B. Komponen Inti

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Pemahaman permakna
  3. Pertanyaan pemantik
  4. Kegiatan pembelajaran
  5. Asesmen
  6. Pengayaan dan remedial
  7. Refleksi peserta didik dan guru
C.  Komponen Lampiran

  1. Lembar Kerja Peserta Didik
  2. Bahan bacaan guru dan peserta didik
  3. Glosarium
  4. Daftar pustaka

Modul ajar selengkapnya akan kami sajikan kembali pada postingan selanjutnya. Semoga artikel komponen modul ajar ini bisa memberikan manfaat pada para pembaca sekalian.

Salam sehat, semoga Bapak / Ibu guru hebat selalu sehat dan berbahagia. 

Wasalam.


0 Response to "Komponen yang Ada Dalam Modul Ajar"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel