-->

Simpan Data Lebih Mudah, Aman dan Nyaman di Drive Belajar.id

Saya masih ingat pada tahun 2000-an. Penyimpanan data yang sering saya pakai kala itu adalah Disket. Wah alat penyimpanan yang satu ini sangat mudah ditemukan pada waktu itu. Dengan besaran data yang hanya sekitar 3 MB kalau tidak salah, saya lebih sering menyimpan file-file belajar Ms Word kala itu.

Rasanya sangat gagah membawa disket tersebut ke rental komputer untuk sekedar membuat makalah dan meyimpannya. Kemudian bergeser ke alat penyimpanan data berupa CD. Kalau yang satu ini saya cukup jarang menggunakannya. Paling sering digunakan hanya untuk mengcopy file MP3 saja.

Hingga banyak yang menggunakan flasdisk dan Hardisk. Namun ada sedikit masalah menurut saya ketika menggunakan alat penyimpanan tersebut. Masalahnya ketika alat tersebut rusak atau pun hilang maka semua file penting kita pun akan ikut raib. 

Kini zaman sudah mulai maju. Teknologi semakin berkembang. Alat penyimpanan kini tidak lagi berpa fisik namun sudah berbasis cloud (awan) 

Yang namanya awan, ia berada di atas dan menerawang di ruang langit yang luas dan kosong. Hingga bia kita temukan dimana saja di muka bumi ini. 

Mungkin itu lah yang mendasari penyimpanan yang berbasis cloud sekarang ini. Kita bisa mengakses melalui perangkat apa saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet. 

Tentunya hal ini sangat bak sekali. Kita tidak perlu khawatir perangkat rusak maupun hilang. Kita bisa membuka file data tersebut kapan saja dan dimana saja. 

Banyak layanan penyimpanan berbasis Cloud. Namun yang paling saya sukai adalah  google drive. Cara mendapatkannya sangat mudah. Ketika anda sudah memiliki akun Google, maka secara otomatis anda bisa menggunakan  aplikasi milik Google, salah satunya adalah adalah Drive.

Drive dengan akun google biasa memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Tentu ruang penyimpanan ini  sudah sangat lumayan menurut saya. Apalagi hanya untuk menyimpan foto dan fike-file word mupun excell. Maka ruang penyimpanan ini dirasa sudah cukup. 

Seiring berjalanya waktu, kapasitas tersebut terasa sangat minim. Wah kalau begitu google menawarkan kepada kita ruang yang lebih besar lagi. Tetapi dengan catatan, kita harus membayar untuk besaran ruang penyimpanan drive tersebut.

Hem.... kalau sudah begini, rasanya pasti ingin yang gratisan dengan ruang penyimpanan yang lebih besar. Tapi bagi rekan-rekan guru dengan adanya akun belajar.id rasanya harapan ini menjadi kenyataan. 

Kini dengan akun belajar.id, memperoleh kapasitas yang lebih besar. Kalau sekarang sekitar 100 GB, per 2 Januari 2023. Kalau sebelumnya kapasitasnya Unlimited. 

Dengan ruang penyimpanan yang super besar tersebut menurut saya, jadi menyimpan file-file pekerjaan terkait dunia pembelajaran rasanya sudah cukup. Tinggal kita lebih bijak saat akan menyimpan file tersebut.

Kapasitas yang lumayan besar tersebut dan gratis harus bisa kita manfaatkan dengan baik. Gunakan untuk menyimpan dokumentasi-dokumentasi pembelajaran anda. Baik yang sudah lewat tahun pelajaran sebelumnya hingga tahun berjalan sekarang ini.

Dengan menyimpan file melalui Drive maka data kita akan aman. Aman dari serangan virus dan data yang hilang karena kerusakan perangkat. 

Kita tinggal mengingat password, maka file anda bisa kembali di buka. Selain itu menyimpan file di Drive memberikan kita kenyamanan. Mengapa? Karena data bisa kita akses dimana saja dan kapan saja. Bahkan bisa kita akses melalui smartphone. Tentu hal ini akan sangat memudahkan kita dalam beraktivitas, saat atasan meminta data, maka kita bisa langsung mengirimkan tanpa harus membuka kembali PC atau laptop kita terlebih dahulu.

Hemmm.... Jadi pakai Drive dengan akun belajar.id memberikan kita keamanan, kenyamanan dan kemudahan dalam beraktifitas yang berkaitan dengan data dan file. 

Selamat menggunakan Drive belajar.id dengan kapasitas yang kini sudah dibijaksanai. Semoga saja nanti akan ada perubahan yang lebih baik lagi.

Wasalam.

0 Response to "Simpan Data Lebih Mudah, Aman dan Nyaman di Drive Belajar.id"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel