-->

Cara Menyusun Kesepakatan Kelas yang Berpihak Kepada Murid

Kurikulum Merdeka memberikan arah ruang pembelajaran menuju arah paradigma baru pembelajaran. Dimana salah satunya kini, guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi murid.

Dengan adanya kemerdekaan dalam pembelajaran bagi peserta didik, maka sangat diperlukan adanya rule yang mampu mengatur agar mereka tidak kebablasan dalam belajar dan melenceng dari norma-norma yang ada di lingkungan sekitar mereka.

Maka diperlukan adanya kesepakatan dalam pembelajaran yang disusun bersama guru dan murid. Kesepakatan yang dibuat tentunya harus berlandaskan pada tingkat perkembangan murid. Jangan sampai kesepakatan yang dibuat terlelalu tinggi dan cenderung memaksanakan kehendak dari guru. Maka dari itu kesepakatan kelas harus dituangkan dari pemikiran murid dan guru hanya memfasilitasi.

Membuat kesekapatan kelas
Ruang kelas


Tentu setiap guru memiliki cara yang beragam di dalam merumuskan kesepakatan kelas. Karena bagamana pun juga mendidik adalah seni.  Dan yang terpenting adalah tujuan yang ingin dicapai.

Sebelum  merumuskan kesepakatan kelas bersama murid, maka guru sebaiknya memperkenalkan nilai-nilai yang harus dianut murid dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tentu hal tersebut tidak boleh bertentangan dengan tata tertib sekolah, visi dan misi sekolah.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa guru lakukan di dalam merumuskan kesepakatan kelas bersama murid.

Pertama :

Membuka kelas dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Bila perlu dalam kegiatan tersebut sisipkan nilai-nilai sosial yang harus dilakukan murid. Misalnya saat kita bermain harus jujur dan adil, serta melakukan semua petunjuk permainan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan sisipkan nila-nilai tersebut, galilah pengalaman-pengalaman mereka terkait dengan perbuatan-perbuatan baik yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 

Kedua ;

Sampaikan kepada murid bahwa kita akan menyusun sebuah kesepatakan yang harus dipatuhi oleh semua warga kelas, termasuk guru dan murid. 

Ketiga :

Mulai dengan jenis kegiatan sebelum pembelajaran di mulai. Kesepakatan apa yang harus dilakukan oleh murid. Berikan mereka kesempatan untuk mengutarakan ide-ide mereka. 

Kemudian kemebangkan ke aktivitas lainnya. Berikan kesempatan mereka untuk menemukan dan tugas guru adalah mendampingi dan mengarahkan ketika mereka mengalami kebuntuan.

Keempat :

Dari semua ide-ide yang disampakan murid, ajak mereka untuk mencermati mana yang layak dijadikan kesepakatan kelas. Selanjutnya daftar kembali kesepakatan yang sudah dibentuk.

Kelima :

Ajak murid untuk merumuskan apa konsekuensi bagi murid yang melanggar kesepatan kelas tersebut. Dalam merumuskan ganjaran ini, guru sebaiknya mendampingi murid agar ganjaran yang sekapati tidak berupa hukuman melainkan penyadaran bagi murid.

Keenam :

Setelah kesepatan tersebut berhasil dirumuskan maka tugas guru adalah mencetak kesepatan kelas tersebut untuk selanjutnya dipajang di kelas agar bisa senantiasa dibaca oleh murid dan mereka tidak lupa dengan kesepatan yang sudah mereka rumuskan.

Demikian menurut admin langkah di dalam merumuskan kesepakatan kelas. Semoga langkah tersebut bisa menginspirasi sahabat pendidik yang masih belum memulai mengajak murid-muridnya untuk menyusun kesepatan kelas. Semoga bermanfaat (gnr)


0 Response to "Cara Menyusun Kesepakatan Kelas yang Berpihak Kepada Murid"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel