Langsung ke konten utama

7 Tips Menjadi Guru Profesional

7 tips menjadi guru profesional - Bekerja sebagai guru merupakan sebuah panggilan jiwa untuk menjadi bagian dari memajukan bangsa ini. Guru adalah sosok yang menjadi pelukis masa depan. Ditangannyalah bagaimana jadinya kelak perkambangan bangsa ini. Karena guru menjadi agen perubahan masa depan.

Menjadi guru yang profesional bukanlah perkara mudah. Selain memerlukan sebuah keuletan dan ketekunan, menjadi guru profesional juga memerlukan kemampuan yang baik.

Guru yang profesional tentunya akan menghasilkan siswa hebat. Guru yang profesional merupakan kewajiban bagi para guru untuk bisa menjadi panutan dan inspirasi bagi siswanya. 

Profesioanal dalam bekerja tentunya bisa diwujudkan dengan melakukan tindakan berikut ini. Seperti :

1. Mempersiapkan diri
Walaupun Anda mungkin sudah lama menjadi guru, namun kesiapan diri juga perlu Anda tanamkan sebelum dan sesudah mengajar. Mengapa saya katakan sebelum dan sesudah mengajar?  Sebelum mengajar guru harus mempersiapkan kemampuan diri untuk tampil menjadi yang panutan di depan kelas, menjadi sosok guru yang menguasai materi yang akan Anda sampaikan kepada siswa Anda. Jadilah guru yang tidak gugup ketika mengajar dan jadilah guru yang handal di dalam melakukan penilaian dan melaksanakan tindak lanjut setelah mengajar. 

2. Persiapkan rencana pembelajaran dengan matang dan lengkap
Untuk bisa tampil di kelas dengan baik dan menjadikan pembelajaran yang ada laksanakan dengan optimal maka rencana pembelajaran harus disusun dengan matang. Jadi jangan sama sekali mengajar tanpa perencanaan. Bila seperti itu sama saja pembelajaran yang diharapkan sukses malah jadi gagal. Tentu ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir yang anda inginkan. 

3. Lengkapi dengan media pembelajaran
Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dan gaya belajar yang berbeda pula. Jadi, memberikan mereka pelayanan pendidikan dengan membawa media pembelajaran adalah hal yang sangat penting. Guru profesional bukanlah guru yang mengajar tanpa buku dan tanpa media, justru guru akan menjadi lebih profesional bila mereka mampu memfasilitasi semua siswanya yang sudah tentu sangat beragam.

4. Memahami dan mampu menyusun Administrasi Kelas dengan baik
Menjadi guru yang profesional harus memiliki kumpulan administrasi pembelajaran yang lengkap. Saya yakin anda pasti sudah sering mencari contoh-contoh administrasi kelas yang bisa Anda jadikan pedoman sekaligus Anda terapkan ditempat Anda bekerja. 

Administrasi kelas yang jadi hal pokok yang harus guru persiapkan seperti. Daftar kelas, daftar absensi siswa, daftar nilai, denah tempat duduk siswa dan masih banyak lagi administrasi kelas yang menjadi kewajiban guru profesional.

5. Selalu memperbaharui ilmu yang dimiliki melalui menjadi guru pembelajar
Bila kita ingin sukses dalam mengajar sudah tentu diperlukan kesiapan materi yang baik. Kesiapan materi pelajaran harus dilakukan guru dengan senantiasa menjadi seseorang yang tekun belajar. Jadi intinya bukan hanya siswa saja yang belajar tetapi guru juga menjadikan dirinya sebagai agen profesional di dalam belajar

6. Mampu menguasai kelas dengan baik
Suksesnya keprofesionalan guru bisa juga dilihat manakala sedang mengajar di kelas. Kelas akan menjadi lebih hidup bila gurunya mampu mengelola kelas. Kelas akan jadi bermakna bila gurunya mampu membelajarkan siswanya. Jadi kemampuan guru di dalam mengelola kelas sangat penting untuk dipahami dan dilaksanakan dengan baik.

Kemampuan mengelola kelas ini merupakan salah satu keerampilan yang sudah dipahami dengan baik oleh para guru semasih mereka duduk di bangku kuliah. Pembekalannserta pelatihan untuk menjadi guru profesional sudah dibekali dengan matang sejak saat itu. Kini semoga kita senantiasa mengingat dan melaksanakannya dengan baik.

7. Menguasai metode bervariasi dalam pembelajaran
Menjadi guru profesional harus bisa memberikan variasi dalam setiap pembelajaran. Jangan hanya mengajar dengan berceramah saja atau dengan memberikan tugas saja kepada siswa. Tetapi bisa menentukan 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar