-->

5 (Lima) Pulau Terbesar yang Ada di Indonesia

Hai sahabat belajar, ketemu lagi dalam artikel pendek kali ini. Disini admin akan membagikan sebuah informasi tentang pulau terbesar yang ada di Indonesia. Informasi ini admin sarikan dari IG Direktorat Sekolah Dasar. 

Tentu sahabar belajar sudah pada tahu, kalau Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan. Dimana kita ketahui Indonesia memiliki 17.000 lebih pulau. Diantara pulau-pulau tersebut, terdapat pulau-pulau yang begitu besar. 

Nah berikut ini beberapa pulau terdesar di Indonesia.


1. Pulau Papua

Pulau ini berada di ujung timur Indonesia dan merupakan pulau terluas di Indonesia. Pulau Papua memiliki luas 786.000 kilometer persegi. Pulau Papua ini juga merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. 


2. Pulau Kalimantan

Diurutan kedua pulau terluas di Indonesia di tempati oleh Pulau Kalimantan. Luas wilayah pulau Kalimantan 743.330 km persegi. Secara geografis di Pulau Kalimantan didiami oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Namun tentunya dengan batas-batas negara yang sudah disepakati.


3. Pulau Sumatra


Diposisi nomor tiga ditempati oleh Pulau Sumatra. Pulau ini berada di bagian barat Indonesia. Luas wilayah pulau Sumatra 443.063 km persegi. Pulau Sumatra juga menjadi pulau terbesar ke enam di dunia.


4. Pulau Sulawesi


Pulau ini dikenal juga dengan nama Celebes. Pulau Sulawesi mencakup 180.681 km persegi. Dan bentuk pulau ini juga sangat unik. Jika kita amati melalui peta. Pulau Sulawesi berbentuk seperti huruf ‘K”


5. Pulau Jawa


Pulau Jawa berada di sebelah barat Pulau Bali. Pulau Jawa memiliki luas sebesar 128.297 km persegi. 

 Nah, sahabat belajar demikianlah informasi tentang lima pulau terbesar yang ada di Indonesia. Kita sangat bangga sekali menjadi warga negara Indonesia. Dengan wilayah yang begitu luas dan keanekaragaman yang begitu kaya, membuat kita ingin selalu mengunjungi pulau-pulau tersebut untuk menikmati keindahan pemandangannya. 

Bagaimana apakah sahabat belajar sudah pernah mengunjungi salah satu pulau tersebut? Ayo jangan lupa ditulis pada kolom komentar ya. 


0 Response to " 5 (Lima) Pulau Terbesar yang Ada di Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel