-->

Tips Membuat Siswa Disiplin dan Tertib Mengikuti PTM Terbatas


Semua sekolah sudah mulai melaksanakan pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Pembelajaran secara tatap muka terbatas sangat diperlukan kehati-hatian di dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat berlaku untuk semua warga sekolah. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir harus dilakukan dengan baik oleh setiap warga sekolah yang mengikuti kegiatan PTM terbatas tersebut.


Setiap program pastinya akan menemui kendala dalam pelaksanaannya. Termasuk melaksanakan kegiatan PTM terbatas di sekolah. Untuk itu diperlukan kedisiplinan yang tinggi oleh segenap warga sekolah. 


Menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan maka kita sebagai guru harus tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan siswa dan orang tua siswa untuk mematuhi protokol kesehatan selama melaksanakan PTM terbatas.


Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang mungkin sudah anda laksanakan di dalam melaksanakan PTM terbatas. Langsung saja berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan oleh guru dalam mendisiplinkan siswa mengikuti PTM terbatas.


1. Sosialisasikan Prosedur Pelaksanaan PTM terbatas kepada warga sekolah.


Sebelum memulai PTM terbatas, pastikan anda sudah menyampaikan prosedur yang harus dipatuhi oleh guru, siswa dan orang tua siswa dalam mengikuti PTM terbatas. 


Sampaikan kepada orang tua kapan waktu pelaksanaan PTM tersebut dan bisa pula ditambahkan  bagaimana orang tua mempersiapkan putra-putri mereka sebelum berangkat ke sekolah. Misalnya persiapan bekal dan memastikan kondisi kesehatan putra-putrinya sebelum berangkat ke sekolah.


2. Melakukan pengecekan suhu di depan sekolah

Melaksanakan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki sekolah. Dalam tahapan ini, siswa senantiasa diingatkan untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat di sekolah.


3. Berikan penguatan

Pemberian penguatan kepada siswa sangat penting untuk dilakukan. Siswa akan termotivasi untuk senantiasa disiplin di dalam menjalankan prokes. Jika ada siswa yang terlihat lupa melakukan prokes, maka segera diingatkan kembali.


4. Tersedianya fasilitas prokes 

Untuk mendisiplinkan siswa di dalam menjalankan prokes selama PTM terbatas di sekolah, maka sekolah berupaya untuk melengkapi fasilitas yang lengkap. Seperti tempat cuci tangan yang memadai dan mudah untuk diakses siswa. Adanya tanda jaga jarak di lingkungan sekolah, akan menertibkan siswa untuk senantiasa disiplin mematuhi protokol kesehatan.


5. Selalu sampaikan pentingnya prokes

Sebelum anda memulai dan mengakhiri pembelajaran, jangan bosan-bosan untuk menyampaikan kepada siswa agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama masa pendemi ini. Dengan semakin seringnya disampaikan maka diharapkan siswa selalu ingat. Dengan ingat, maka mereka akan selalu patuh akan protokol kesehatan. Dan hal ini akan berdampak baik bagi keselamatan warga sekolah.


Demikian tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memastikan siswa selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti PTM terbatas di sekolah.


Ayo… sampaikan ide-ide anda disini, untuk keselamatan kita bersama. 


Yuk… cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir sebelum anda memulai aktifitas. Selam sehat untuk kita semua.



0 Response to "Tips Membuat Siswa Disiplin dan Tertib Mengikuti PTM Terbatas"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel