Langsung ke konten utama

Guru Itu Tidak Pernah Libur Lho !

Mengisi kegiatan liburan sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat -  Memang keuntungan bekerja sebagai guru adalah merasakan liburan panjang akhir tahun. Banyak diantara masyarakat sekitar selalu bertanya pada saya.

Apakah sekarang liburan ?

Saya pun menjawab pertanyaan mereka dengan polos. "Ya...liburan, kan siswa sekarang libur!"
Mereka kadang tersenyum meledek saya.

"Wah asik kalau gitu jadi guru liburan sebulan penuh tapi dapat gaji, kayak makan gaji buta" Demikian ledekan mereka tatkala mereka tahu kalau saya sedang liburan setelah selesai tahun pelajaran baru.

Sebagai seorang pendidik, tentunya saya tidak menanggapi dengan emosi pernyataan rekan saya tersebut.

Saya tetap bersabar dan memberikan pemahaman yang benar kepada mereka tentang makna liburan sekolah bagi guru dan siswa itu berbeda.
Siswa ketika sudah menerima rapor akhir tahun pastilah mereka akan liburan selama sebulan.


Namun, liburan itu tidak penuh dilakukan selama sebulan penuh.

Ada saja sebuah kegiatan yang sewaktu-waktu dilaksanakan di sekolah saat liburan sekolah, dan menuntut anak agar bersekolah.

Guru pada kenyataannya selama liburan sekolah memang tidak melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.


Namun, perlu diketahui bahwa guru selalu datang ke sekolah setiap waktu untuk melakukan kegiatan tertentu. 

Mungkin di sekolah lain tidak sama dengan tampat saya, bila ditempat saya bekerja, selama liburan sekolah itu ada saja kegiatan di sekolah, seperti ; pembersihan rutin setiap seminggu dua kali, kegiatan penanaman budi pekerti, rapat rutin, penerimaan Peserta Didik Baru, dan kegiatan lainnya

 Guru juga mengerjakan tugas-tugasnya di rumah

Sebagai seorang guru tentu yang namanya tugas itu selalu anda. Waktu mengerjakan tugas tersebut terkadang tidak cukup untuk di sekolah saja. Tugas kadang juga dibawa ke rumah lagi. 

Nah, mungkin dari kita ada yang tidak memiliki waktu mengerjakan tugas di rumah yang mungkin juga disebabkan karena kondisi keluarga. Seperti memiliki anak yang masih kecil atau ada anggota keluarga yang sakit.

Butuh sebuah semangat dan kesungguhan untuk mengerjakan tugas kantor di rumah.

Mengapa saya katakan demikian, karena sering kali pada waktu kita di sekolah rasanya di dalam pikiran akan bisa mengerjakan tugas tersebut, namun pada kenyataannya semua hanya kosong.

Mensiasati hal tersebut adalah upaya yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kalau saya ketika membawa tugas kantor ke rumah, selalu memperhitungkan :

  1. Jumlah tugas yang saya bawa. Apakah tugas itu berat atau tidak sama sekali. Apakag tugas itu akan menyita banyak waktu atau tidak. Jadi semua harus dipertimbangkan dahulu.
  2. Kesehatan tubuh. Bila tubuh saya sehat maka saya bisa membawa semua tugas di sekolah untuk dikerjakan di rumah, namun bila kondisi sudah kurang fit, apa pun tidak akan saya lakukan kecuali istirahat.

Jadi, kalau masih ada yang memandang kalau tugas guru ketika siswa liburan sekolah itu ringan, mungkin harus berpikir dahulu, sebab selama liburan sekolah beberapa administrasi harus disiapkan guru untuk menyongsong tahun pelajaran baru nanti, diantaranya :

#Mempersiapkan Administrasi kelas

Tahun pelajaran baru yang akan datang, tentunya guru akan mendapat tugas baru nanti.

Bisa saja guru tersebut mendapat tugas mengajar di kelas yang sama dan tidak menutup kemungkinan juga akan mengajar di kelas lain. 
Yang saya paparkan disini adalah guru kelas sekolah dasar. Dimana mereka bertugas mengajar tetap di satu kelas. Tidak seperti di jenjang pendidikan menengah, yang mengambil bidang studi. Guru bisa saja mengajar di kelas yang berbeda namun dengan mata pelajaran yang sama. Untuk para guru pasti sudah memahami hal tersebut
Ketika akan memasuki tahun ajaran baru, maka guru akan menyusun administrasi baru kelas baru lagi.

Mulai dari daftar kelas, daftar nilai, program pembelajaran, program semester, program tahunan, rencana pembelajaran, buku bimbingan dan konseling dan masih banyak lagi administrasi kelas lainnya lagi.

Bila guru itu sadar akan tugasnya maka semua itu akan dikerjakan dengan sesegera mungkin.

Dan tidak menunggu waktu berlama-lama.


#Menyusun perencanaan pembelajaran

Rencana pembelajaran merupakan sebuah skenario pembelajaran yang harus disusun guru sebelum mengajar.

Sekenario tersebut merupakan jalannya pembelajaran agar berjalan dengan lancar.

Kadang ada saja guru yang tidak membuat rencana pembelajaran ini.

Ada saja dari guru yang mencari di internet dengan tujuan agar lebih mudah.

Inikah yang saya katakan kalau tugas guru itu tidak ada liburnya.

Bila guru kelihatan santai di luar jam dinasnya, itu tidak lebih karena kemampuan guru untuk mengatur jadwal kerja dan berkumpul dengan keluarga.

Demikian ulasan singkat saya dari seorang guru biasa.

Wasalam dan semoga pendidikan makin jaya.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar