Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT YANG MENYENANGKAN

RIYANPEDIA.com - Pembelajaran bilangan bulat yang menyenangkan.  Pembelajaran matematika mungkin salah satu pembelajaran yang paling tidak menyenangknan dari sekian jenis pembelajaran dilakukan siswa di kelas. Pembelajaran matematika memang kadang dirasakan masih begitu sulit bagi siswa. Mungkin disebabkan karena memang materi pelajaran yang terlalu sulit, bisa juga karena kamapuan siswa yang sangat rendah, bahkan bisa juga pembelajaran yang dilakukan guru kurang menyenangkan dan terlalu tegang apalagi gurunya juga terlalu galak. Dan bisa juga karena media yang digunakan guru sangat terbatas. Wah, kalau begitu banyak juga ya penyebabnya. Baiklah, kali ini RIYANPEDIA.com akan memberikan bagaimana menyajikan pembelajaran yang menyenangkan sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. Pembelajaran yang kali ini akan kami sajikan adalah pembelajaran matematika pada hitung bilangan bulat di sekolah dasar kelas 5, tentunya pada sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP.

#Pengertian Bilangan Bulat
Sebelum mengajarkan pembelajaran hitung bilangan bulat, langkah pertama adalah mengenalkan apa itu bilangan bulat. Bilangan bulat bagi siswa mungkin masih begitu abstrak. Maka dari itu guru harus menggunakan media konkret dalam pelaksanaan pembelajarannya. 
Bilangan bulat ini terdiri dari bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif serta nol. 
Bilangan bulat positif mulai dari : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, .....dst
Bilangan Nol ; 0
Bilangan bulat negatif mulai dari : -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9, -10....dst

Untuk memudahkan pembelajaran, guru bisa membuatkan sebuah garis bilangan untuk bilangan bulat tersebut. Dalam satu garis tersebut bilangan postif berada di sebelah kanan sedangkan bilangan negatif di sebalah kiri dan ditengah-tengahnya bilangan "0" Selengkapnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini : Bila kurang jelas, Anda bisa mengklik gambar tersebut.

#Pembelajaran Pengenalan Bilangan Bulat
Dalam pembelajaran pengenalan bilangan bulat, guru harus menggunakan benda-benda konkret agar siswa lebih mudah memahaminya sehingga tidak ada kesalah pahaman siswa di dalam menerima materi dari guru. Adapun langkah pembelajaran dalam memperkenalkan bilangan bulat kepada siswa adalah sebagai berikut :

  • Memulai pembelajaran guru membuka dengan suasana yang akrab dan penuh keceriaan.
  • Sampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas kepada siswa.
  • Saat akan mengenalkan bilangan bulat, mulailah dengan bilangan bulat positif.
  • Mengenalkan bilangan bulat postif bisa dengan menggunakan benda. Misalnya akan mengenalkan bilangan bulat postif 5, Anda bisa menggunakan dengan 5 buah jeruk. Mengenalkan bilangan bulat posotof 10, bisa dengan menggunakan 10 buah jeruk. Demikian seterusnya ketika Anda menyajikan materi pembelajaran bilangan bulan postif.
  • Setelah siswa mengerti akan arti bilangan bulat postif, selanjutnya ajak mereka untuk menuliskan lambang bilangan bulat.
  • Selanjutnya mengajarkan siswa pengenalan bilangan bulat negatif. Sama halnya dengan bilangan bulat positif, untuk bilangan bulat megatif, Anda bisa menggunakan konsep lawan bilangan. Artinya bila bilangan itu adalah bilangan bulat positif 5 maka lawannya adalah bilangan bulat negatif 5. 
  • Atau Anda bisa menggunakan konsep pembelajaran seperti ini : Ambil 5 buah jeruk. Kemudian tanyakan kepada siswa "Berapa buah jeruk yang Bapak bawa?" maka siswa akan menjawab 5 buah jeruk. 
  • Kemudian tugaskan salah seorang siswa untuk mengambil 3 buah jeruk, kemudian tanyakan kepada siswa " Berapa buah jeruk yang diambil tadi? maka siswa akan menjawab 3 buah jeruk. Nah selanjutnya guru menuliskan lambang bilangan bahwa 3 buah jeruk yang diambil tadi adalah -3
  • Bisa juga anda meminta anak mengambil seluruh buah jeruk, kemudian menanyakan kepada siswa apakah jeruk bapak masih? Jeruk yang hilang tadi sebanyak 5 buah, jadi bisa ditulis -
Dari kegiatan pembelajaran demikian maka siswa akan memahami bahwa bilangan bulat negatif itu sama seperti sebuah bilangan yang hilang atau tidak ada. Dari kasus pembelajaran tersebut pemahaman siswa akan bilangan bulat negatif menjadi semakin konkret. Pastilah kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan bagi siswa.

#Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat
Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat yang akan saya sajikan disini adalah pembelajaran berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika mengajarkan bilangan bulat di sekolah dasar kelas 5. Banyak kesulitan yang saya alami dalam pembelajaran tersebut. Kesulitan paling umum yang dialami dalam pembelajaran bilangan bulat di kelas 5 antara lain :

  1. Siswa kurang antusias pada pembelajaran, dan terlalu berpikir kalau pembelajaran matematika itu sulit dan membosankan.
  2. Media untuk pembelajaran matematika masih sangat sulit membuatnya, apalagi pada tingkat materi pembelajaran yang sangat abstrak. 
  3. Memilih media pembelajaran untuk bilangan bulat belum dikuasai dengan baik oleh guru. 
  4. Siswa masih enggan untuk bertanya tentang tahapan pembelajaran yang belum dikuasai.
  5. Penjumlahan bilangan bulat kadang membuat siswa bingung ketika mereka belum memahami dengan baik arti dari bilangan bulat negatif dan positif.
Setelah menganalisis beberapa kelemahan guru dan kekurangan yang terjadi pada siswa, saya pun mencoba menyusun rencana pembelajaran yang lebih terpusat pada aktivitas siswa dan hanya menyasar satu tujuan saja. Mengapa demikian, karena kembali lagi dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki oleh siswa saya. 

Di dalam perencanaan pembelajaran dengan materi penjumlahan bilangan bulat, saya klasifikasikan menjadi :
  • Pembelajaran perkenalan bilangan bulat
  • Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat positif
  • Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat negatif
  • Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat positif dengan negatif
  • Pembelajaran pengurangan bilangan bulat positif
  • Pembelajaran pengurangan bilangan bulat negatif
  • Pembelajaran pengurangan bilangan bulat positif dengan negatif
Setelah tahapan tersebut tersusun, maka lakukanlah penyusunan rencana pembelajaran.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar