Langsung ke konten utama

Persiapan Perpisahan Kelas 6 dan Kenaikan Kelas

RIYANPEDIA.com- Perpisahan kelas 6 dan kenaikan kelas. Acara ini adalah acara tahunan. Perpisahan siswa kelas enam sekolah dasar kerap dilaksanakan pada bulan Juni. Yang namanya acara perpisahan pastilah ada rasa sedihnya. Namun, dalam acara perpisahan siswa kelas 6 selalu dibarengi dengan acara kenaikan kelas.

#Tempat siswa berkreasi
Dalam acara persiapan perpisahan kelas 6 dan kenaikan kelas kerap kali dijadikan sebagai ajang bagi penyaluran kreasi siswa. Sekolah dasar yang memiliki siswa dalam kategori anak-anak tidak kalah hebatnya dengan jenjang pendidikan tinggi diatasnya. Dalam urusan berkreasi siswa sekolah dasar juga tidak kalah kerennya. Meskipun mereka tergolong usia anak-anak, namun dalam hal tari dan drama mereka juga bisa bergaya.

#Perenungan perjalanan selama setahun
Kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru bisa menjadi bahan perenungan dan evaluasi kegiatan selama setahun. Bila guru peka, pastilah akan membuat catatan-catatan tentang kelemahan dan kelebihan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Demikian halnya dengan siswa. Pembelajaran selama setahun yang telah mereka ikuti akan mereka ketahui hasilnya pada bulan Juni. Nah, pada waktu pembagian raport kenaikan kelas beragam ekspresi muncul dalam diri siswa. Ada yang santai saja dan ada pula yang berdebar-debar menunggu hasil yang akan mereka terima selama belajar di kelas pada jenjang pendidikan tertentu.

#Pemberian kenang-kenangan kepada sekolah
Kegiatan perpisahan siswa kelas 6 dan kenaikan kelas sering pula diisi dengan kegiatan penyerahan hadiah kenang-kenangan kepada sekolah. Kenang-kenangan yang siswa berikan beragam sekali. Namun, bukan itu yang diharapkan oleh pihak sekolah. Sejatinya sekolah hanya menginginkan agar lulusannya bisa memperoleh wahana dan dunia yang sesuai dengan bidang dan kemampuannya. Dan pastinya menginginkan lulusan sukses. Kenang-kenangan pada acara perpisahan kelas 6 hanyalah sebagai simbolis wujud terimakasih siswa kelas 6 kepada seluruh guru dan sekolah atas pendidikan yang telah mereka terima selama mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Tahun ini sekolah tempat saya mengabdi juga akan melaksanakan kegiatan perpisahan dan kenaikan kelas. Dalam acara ini banyak melibatkan siswa. Bahkan siswalah yang terlibat penuh dalam semua acara perpisahan kelas 6 dan kenaikan kelas. Sususnan acara dibuat oleh guru dengan segala aktivitas yang akan disajikan pada acara perpisahan tersebut sepenuhnya siswa itu sendiri. Mulai dari yang menjadi Master Countrol (MC) juga dilakukan oleh siswa.

#Susunan Acara Perpisahan Kelas 6 dan Kenaikan Kelas
Setiap acara pastilah perlu adanya susunan acara. Demikian pula pada acara perpisahan kelas 6 dan kenaikan kelas juga memerlukan susunan acara. Susunan acara yang akan kami laksanakan pada acara tersebut  adalah sebagai berikut :
  1. Pembukaan oleh pemawa acara
  2. Tarian pembukaan (Tarian tradisional, Bali. Tari Pendet )
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  4. Doa
  5. Laporan ketua panitia
  6. Sambutan dari kepala sekolah
  7. Selingan tarian moderen dance
  8. Sambutan kepala UPT
  9. Sambutan kepala desa
  10. Acara hiburan
  11. Sepatah kata perpisahan dari kelas 1 -5 yang diwakili siswa kelas 5
  12. Sambutan kelas 6 sekaligus penyerahan kenang-kenangan.
  13. Acara hiburan
  14. Penyampaian juara kelas dari kelas 1 -5
  15. Acara hiburan
  16. Penutup.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar