Langsung ke konten utama

Cara Menyusun Program Remidial

Cara menyusun program remedial - Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah pastilah mengarah kepada tujuan pembelajaran sebagaimana yang tertuang dalam silabus, program pembelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) .

Dalam pembelajaran di kelas tentunya apa yang menjadi harapan atau tujuan dalam pembelajaran tidak selamanya bisa dicapai 100% oleh siswa. Kelambatan beberapa siswa dalam mempelajari materi pelajaran inilah yang harus diberikan kesempatan oleh guru melalui kegiatan remedial.

Kegiatan remedial merupakan sebuah pembelajaran perbaikan yang diberikan kepada siswa yang belum mampu menuntaskan kompetensi dasar yang belum tercapai.

Jadi inti dari kegiatan remedial tersebut adalah kegiatan perbaikan pembelajaran. Guru tidak serta-merta hanya menyalahkan siswa karena lambat tetapi lebih melihat kembali kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru. Setelah mengetahui hal tersebut maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui remedial.

Agar pelaksanaan remidial berjalan dengan optimal, maka guru harus menyusun sebuah program remedial.

Menyusun program remidial sebelum melaksanakan kegiatan sangat penting untuk dolakukan, sebab dengan program yang jelas maka apa yang menjadi masalah dalam perbaikan dapat diatasi dengan baik.

Kadangkala guru sering mengabaikan program ini. Tentu dengan berbagai alasan. Ada yang beranggapan bahwa program remedial itu hanya sebatas mengulang kembali kegiatan pembelajaran, bahkan ada juga yang melaksanakan remidial namun dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang sama seperti sebelumnya. Bila demikian anggapan dan cara Anda melaksanakan remedial maka sama saja dengan tidak memberikan hak istimewa kepada anak yang mengalami keterlambatan dalam pelajaran.

Jadi, penting untuk kita ketahui bagaimana cara menyusun program remedial yang baik.  Baiklah langsung saja, adapun langkah yang kita ambil dalam melaksanakan program remedial adalah sebagai berikut :

1. Analisis hasil tes terlebih dahulu 

Sebelum akan melaksankan remidial terlebih dahulu guru harus melaksanakan tes. Tes tersebut bisa dilakukan untuk mengevaluasi beberapa KD atau bisa juga hanya dengan satu KD saja.
Setelah itu maka guru melakukan analisis terhadap hasil evaluasi siswa.

2. Menentukan Indikator yang belum dikuasai siswa


dari hasil analsis maka guru akan mengetahui, manakah indikator soal yang belum mampu dituntaskan oleh siswa. Maka langkah selanjutnya adalah memetik indikator tersebut untuk dibuatkan program remidial.

3. Mendaftar siswa yang belum tuntas


Setelah menemukan hasil dari evaluasi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menentukan manakah siswa yang tuntas dan belum tuntas. Siswa yang belum tuntas ini lah yang akan kita berikan program remidial. Ketuntasan sebuah kompetensi dasar dalam mapel, sudah ditentukan sebelumnya oleh guru. Dengan bentuk dan program yang sudah disediakan di masing-masing sekolah. Mungkin pada kesempatan nanti, kami akan memberikan ulasan singkat tentang kreteria ketuntasan minimal (KKM)

4. Menentukan hari dan tanggal pelaksanaan remidial

Bila ditanya kapan waktu yang tepat untuk dilaksanakan remidial, jawaban saya tergantung dari keinginan Anda untuk melaksanakannya. Kalau saya pelaksanaan remdial saya lakukan di luar jam pelajaran efektif. Saya sering melaksanakannya di siang hari setelah jam pelajaran selesai. Mengenai tempat, saya lebih sering  melaksanakan di sekolah.

5, Merancang kegiatan pembelajaran remidial

Meskipun kegiatan remidial adalah kegiatan pembelajaran seperti biasa yang Anda lakukan di sekolah, jangan sampai Anda tetap melaksanakan rencana pembelajaran anda seperti apa yang anda lakukan pagi hari. Buatlah pengembangan rencana pembelajaran. Bagaimanapun rencana pembelajaran yang sudah anda lakukan itu sudah tidak sesuai dengan kondisi anak yang akan di remedi, sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap rencana pembelajaran. Buatlah perencanaan yang lebih menarik, menantang, dan sesuai dengan kemampuan siswa yang akan anda remidi. Dan yang terpenting dari semua itu adalah tujuan pembelajaran sesuai dengan materi yang belum dikuasai oleh siswa.

Demikian ulasan singkat tentang cara menyusun rencana remedial. Tindakan ini mungkin bisa anda kreasikan lagi. Apa yang kamu sajikan disini hanyalah sebatas gambaran singkat semata dan semoga bisa anda kembangkan lebih lanjut lagi. Wasalam.




BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar