Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media LCD Proyektor

Kelebihan dan kekurangan menggunakan media LCD proyektor -  Media pembelajaran pada intinya merupakan sebuah alat yang digunakan oleh guru di dalam menyampaikan pesan kepada siswa. Disamping itu ada pula yang menyampaikan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Banyak media belajar yang bisa digunakan oleh para guru dalam kegiatan belajar mengajar, Media tersebut bisa berasal dari lingkungan atau bisa juga media belajar yang di kreasikan oleh guru. Seiring dengan perkembangan kemajuan zaman serta teknologi ada beragam media yang bisa digunakan oleh guru sebagai penunjang kesuksesan dalam mengajar di kelas. Media belajar LCD proyektor merupakan salah satu media belajar yang memanfaatkan teknologi yang bisa digunakan oleh guru dalam membantu proses mengajar di kelas.

Media LCD Proyektor memang tergolong media pembelajaran yang langka untuk sekolah dasar. Tidak banyak sekolah dasar yang dilengkapi dengan LCD Proyektor. Kalau pun ada itu tidak lebih dari satu unit di tiap sekolah. Juga sangat jarang digunakan, sebatas pada kegiatan pertemuan atau rapat guru saja.

Hal tersebut sangat ironi ketika melihatnya. Pasalnya media pembelajaran LCD proyektor merupakan media pembelajaran yang sangat menarik untuk digunakan. Media yang tergolong audio visual akan memberikan suasana belajar yang berbeda dari biasanya. Berikut ini akan saya ulas apa saja kelebihan dari media LCD proyektor dalam fungsinya sebagai media pembelajaran di sekolah.

Kelebihan media LCD Proyektor sebagai media belajar 

Media LCD Proyektor termasuk kedalam media audio visual. Media audio visual merupakan media pembelajaran yang memberikan kesan mampu menampilkan gambar (baik diam maupun bergerak ) serta suara.  Tentunya menggunakan media LCD Proyektor sebagai media pembelajaran ada kelebihan dan kekurangannya.

Adapun kelebihan dari menggunakan media LCD Proyektor adalah sebagai berikut :

Dapat menanyangkan film dengan jelas. Media belajar berupa film bisa anda gunakan sebagai pilihan misalnya ketika akan mengajarkan IPS. Atau mungkin saja anda bisa mengkreasikan film lainnya untuk kegiatan pembelajaran mata pelajaran lainnya.

1. Memberikan tayangan gambar dan suara.

Dengan menggunakan media LCD Proyektor sebagai media pembelajaran, tentu akan memberikan kesan menarik pada kegiatan pembelajaran yang akan anda lakukan. Anda bisa bayangkan ketika akan mengajarkan kepada siswa bagaimana proses penyerbukan pada tanaman. Bila anda menjelaskan atau hanya bercerita di depan kelas, tentu akan kalah menarik bila dibandingkan ketika anda mengajar dengan menggunakan tayangan video proses penyerbukan pada tanaman. Bisa dipastikan siswa anda akan terdiam dan menyimak dengan seksama apa yang mereka hadapi di depan kelas.

2. Dapat menarik perhatian siswa


Dengan menggunakan media LCD bisa saja sebelum anda akan memulai mengajar, siswa anda sudah mengamati bagaimana anda menyiampkan alat tersebut. Apalagi ketika anda menyajikan materi pembelajaran di kelas dengan media tersebut. Pastilah siswa anda akan lebih memperhatikan media tersebut. Melihat kondisi ini maka Anda pun secara tidak langsung sudah menarik perhatian siswa untuk siap menerima materi pembelajaran.

3. Mampu menghadirkan contoh dengan nyata

Dengan menggunakan media LCD, maka contoh  benda atau tempat yang ingin Anda sampaikan kepada siswa dapat disampaikan dengan nyata dan tidak berupaka deskripsi saja. Siswa akan lebih memahami dan tahu dengan jelas apa yang akan ingin anda sampaikan.

4. Memberikan kemudahan di dalam menyajikan materi dengan media yang sulit

Media LCD Proyektor maka gambar yang akan ditayangkan akan lebih hidup. Terlebih lagi bagi anda yang akan menyajikan sistem peredaran darah pada manusia atau sistem pernapasan. Media LCD mampu menyajikan gambar bagaimana sitem peredaran darah manusia dengan kondisi yang sangat jelas. Terlebih lagi bila anda cukup kreatif dalam menyajikan materi, maka pembelajaran pun akan lebih hidup.

Kekurangan media LCD Proyektor sebagai media belajar 


  1. Memakan waktu yang lama karena asyik, atau karena belum mengetahui aturan pelaksanaan.
  2. Dalam mensimulasikan situasi sosial permainan cenderung terlalu menyederhanakan konteks sosialnya sehingga tidak mustahil siswa justru memperoleh kesan yang salah.
  3. Kebanyakan tayangan LCD hanya melibatkan beberapa orang siswa saja padahal keterlibatan seluruh siswa/ warga belajar amatlah penting agar proses belajar bisa lebih efektif dan efisien
  4. LCD Proyektor hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
  5. LCD Proyektor pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuai dengan kemampuan individu siswa
  6. Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disampaikan. 
  7. Layar proyektor tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
  8. Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersikap pasif selama penayangan.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media LCD Proyektor"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel