Langsung ke konten utama

Menjadi Guru yang Menginspirasi Peserta Didik

Menjadi guru yang mengispirasi peserta didik - Menjadi guru mungkin bagi beberapa orang adalah sebuah panggilan jiwa atau memang sebuah cita-cita yang sudah diidamkan sejak dulu. Atau ada juga menjadi guru karena seuatu kebetulan. Kebetulan kuliah keguruan ikut teman atau bisa juga karena banting setir profesi. Apapun yang melatarbelakangi perjalanan Anda untuk menjadi seorang guru yang terpenting adalah ketulusan Anda saat ini untuk menjalani profesi Anda menjadi seorang guru. 

Untuk menjadi guru yang menginspirasi peserta didik memang tidak mudah. Namun tidak begitu sulit untuk dilakukan. Menginspirasi peserta didik tentu menjadi harapan bagi semua pendidik di dalam setiap tindakan yang dilakukannya di sekolah. Terkadang apa yang menjadi harapan guru tidak bisa berjalan 100%

CIRI GURU YANG MENGINSPIRASI


Mungkin beberapa guru sudah melakukan pembelajaran yang mengispirasi dalam kesehariannya. Pembelajaran yang menginspirasi pastilah dilaksanakan oleh guru yang menginspirasi pula.
Guru yang mengispirasi adalah guru yang mampu menciptakan pembelajaran yang menantang sehingga mampu menbangkitkan kreativitas peserta didik.

Kreatifitas peserta didik sendiri bisa kita lihat dari hasil pembelajaran yang telah dilakukannya. Mungkin pernah Anda lihat kelas di beberapa sekolah yang penuh dengan hiasan dan pajangan hasil karya siswa. Hal itu merupakan salah satu hasil dari pembelajaran yang mengispirasi dan dari guru yang menginspirasi pula.

Guru yang menginspirasi akan selalu memberikan yang terbaik bagi peserta didik dan senan tiasa memikirkan cara baru di dalam mengajar, sehingga kelasnya akan menjadi lebih aktif serta penuh dengan keceriaan peserta didiknya. 

Menjadi guru menginspirasi akan selalu berupaya menjadi pendengar yang baik. Cobalah Anda mendengar apa yang peserta didik Anda alami dan rasakan. Dengan member memberikan perhatian kepada mereka, maka akan menjdikan diri anda berada pada posisi yang strategis untuk mentrasfer pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. 

Guru yang menginspirasi juga bisa berupaya memberikan dorongan dan menghargai setiap hasil jerih payah peserta didik Anda. Bila hasil karya kita dihargai maka akan ada rasa kepuasan batin yang tidak bisa ditukarkan dengan uang. Maka cobalah kita selalu memberikan penghargaan atas apa yang telah dicapai oleh peaerta didik kita. 

Peserta didik yang memperoleh pembelajaran dari guru yang mamrgispirasi maka akan selalu berupaya untuk berkreasi. 

Dengan menjadi guru yang mampu mengispirasi peserta didiknya maka guru tersebut sudah mampu menggambar masa depan negeri ini. Masa depan yang tentunya menjadi harapan bagi semua orang. 

Marilah selalu mengajar dengan hati dan bukan dengan maki.

Salam pendidikan dan terimakasih sudah berkunjung serta membaca artikel kami. 

Wasalam. 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar