Cara Mengukur Kecepatan Membaca Siswa

Membaca mungkin sudah menjadi aktivitas harian anda. Apalagi kalau anda seorang guru atau siswa. Tiada hari tanpa membaca. Karena dengan membaca banyak informasi yang bisa kita peroleh dari yang namanya membaca. Mulai dari berita, tips, sosial budaya hingga olahraga. Aktivitas membaca bagi seorang siswa tentunya harus dipupuk sejak dini sehingga terbentuk suatu kebiasaan dalam dirinya.

Kemampuan dalam memahami isi bacaan sangat dipengaruhi dari kecepatan membaca. Kecepatan membaca anak sekolah dasar tentu berbeda dengan jenjang pendidikan diatasnya. Merupakan hal yang wajar. Siswa sekolah dasar kadang kurang memiliki minat yang tinggi untuk membaca. Mereka lebih senang melihat gambar-gambar dalam buku daripada membaca teks dalam buku tersebut. 

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 sekolah dasar terdapat materi tentang membaca dengan kecepatan 75 kata permenit. Sebagai guru anda tentu harus mengukur kemampuan membaca siswa anda tersebut. Jangan sampai anda mengukur kecepatan membaca siswa anda dengan perkiraan saja. Semua harus anda lakukan dengan pengukuran yang tepat. Lalu bagaimana mengukurnya? Berikut ini akan kami sampaikan cara mengukur kecepatan membaca siswa,serta tahapan yang harus anda lakukan sehingga pembelajaran membaca lebih bermakna.

  1. Agar dalam mengukr kecepatan membaca siswa anda bisa berjalan dengan lancar dan pengukuran yang valid untuk semua siswa, maka cara pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan teks bacaan dengan jumlah tertentu. Anda bisa menggunakan jumlah bacaan dengan jumlah yang sesuai, misalnya dengan 175 kata, 200 kata 225 kata dan maksimal 500 kata.Semakin tinggi kecepatan membaca siswa anda maka anda pun bisa menambahkan jumlah kata dalam wacana tersebut. Tetapi, untuk siswa sekolah dasar maksimalnya adalah 300 kata.
  2. Gunakan wacana dalam bentuk cerita atau deskripsi tentang suatu benda atau tempat. Wacana dengan bentuk seperti ini akan memudahkan siswa di dalam memahaminya. Ingat siswa yang anda hadapi adalah anak sekolah dasar yang memiliki kemampuan yang beragam.
  3. Setelah dipilih maka selanjutnya anda tinggal melaksanakan tes kepada siswa anda. 
Rumus perhitungan kecepatan membaca siswa adalah sebagai berikut :

KM = jumlah kata
         Waktu
Misalnya jumlah kata dalam wacana yang anda gunakan untuk mengukur kecepatan membaca siswa adalah 225 kata, dan siswa anda berhasil menuntaskan membaca tersebut dalam waktu 3 menit maka tinggal memasukan kedalam rumus tadi

KM = 225 
         3
=  75 kmp

Jadi kecepatan membaca siswa tersebut adalah 75 kmp
Untuk siswa sekolah dasar kelas 5 kecepatan membaca normalnya adalah 75 kata permenit. 
Nah, mudah bukan dalam mengukur kecepatan membaca siswa? Selamat melaksanakan semoga siswa anda lancar membaca. Terimakasih atas kunjungan anda dan Wasalam!!!

0 Response to "Cara Mengukur Kecepatan Membaca Siswa"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel