-->

Cara Mudah Menangani Anak yang Susah Makan di Rumah

Selamat berjumpa lagi sahabat Riyan Pedia dot Com, terimakasih atas kunjungan anda ke situs kami. Baik kali ini kami akan mengetengahkan sebuah masalah yang mungkin sering dialami oleh semua orang tua. Mudah-mudahan anda tidak kecewa, karena belum-belum kami sudah memberikan anda suatu masalah.

Masalah ketika anda mengalami kesulitan di dalam menangani anak yang susah makan, tentu membuat sedikit perasaan menjadi semakin jengkel. Wajar saja karena anak yang disayangi susah sekali untuk makan.

Banyak alasan yang anak sampaikan ketika disuruh makan. Mulai dari mengatakan sudah makan di sekolah. Kadang anak langsung bermain dengan temannya sepulang sekolah. Bahkan kadang selalu memilih makanan. Anak yang susah makan di rumah akan lebih tertarik dengan jenis makanan yang ada di luar. Entah itu bakso, batagor, siomay, capcay, ice cram, hingga jenis jajanan lainnya yang sudah barang tentu tidak sehat bagi anak. Bagaimana menangani anak yang sudah makan di rumah? Semua butuh proses dan trik tersendiri dari anda selaku orang tua. Bagaimana cara mudah menangani anak yang sudah makan di rumah, berikut akan kami sampaikan satu persatu.

Pertama, Anak yang sudah makan kerap kali jajan di sekolah atau diluar sekolah. Nah, ini harus anda hilangkan sedikit demi sedikit dalam diri anak. Mulailah dengan membekali mereka dengan makanan yang anda buat di rumah daripada memberikan mereka uang saku. Intinya berikan uang saku yang cukup untuk jam istirahat mereka atau lebihkan memberikan bekal kepada anak.

Kedua, Ketika anda memutuskan untuk membekali anak makanan ke sekolah atau berupaya agar anak mau makan di rumah, maka makanan yang akan anda sajikan harus mampu memberikan kesan menarik dan menggugah keinginan anak untuk mencoba makanan tersebut. Variasi makanan sangat memberikan suasana yang berbeda pada anak untuk senantiasa mencoba makanan yang baru.

Ketiga, ketika anda kesulitan untuk menangani anak yang susah makan di rumah, cobalah anda untuk mengajak mereka makan bersama. Dengan makan bersama tentu akan banyak cerita yang akan muncul disana. Makan bersama juga memberikan kehangatan dan menumbuhkan pengertian dalam diri anak akan karunia makanan yang kita peroleh saat ini. Bukan malah memanjakan anak dengan memberikan semua makanan yang mereka inginkan.

Keempat, Sewaktu-waktu makanan yang anda sajikan di rumah dibeli dari rumah makan atau warteg. Dengan demikian maka sajian makanan tentu akan menambahkan daya tarik anak. Mungkin paginya anda memasak kemudian makan malamnya anda belikan lauk yang sudah matang di sebuah rumah makan. Tentu suasana makan seperti ini akan mampu menangani anak yang susah makan di rumah.

Nah, bagaimana menurut anda? Mudah bukan menangani anak yang susah makan di rumah. Yang terpenting adalah bukan memanjakan anak anda, tetapi mendidik mereka untuk lebih menghargai dan bersyukur atas makanan yang kita terima hari ini. Di luar sana masih banyak orang-orang yang kesusahan mencari makan, bahkan ada sampai yang tidak makan selama 3 hari.  Jadi, pupuklah pengertian anak bukan memanjakan mereka dengan kasih sayang yang berlebihan.

Demikian artikel sederhana ini, semoga memberikan manfaat yang luarbiasa bagi kita semua. Salam pendidikan dan salam sejahtera bagi kita semua. Wasalam !!! (gnr)

0 Response to "Cara Mudah Menangani Anak yang Susah Makan di Rumah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel