Membuat Siswa Patuh Terhadap Guru

Riyan Pedia dot com. Membuat siswa patuh terhadap guru_Patuh dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti suka, menurut, taat pada peraturan, disiplin. Kepatuhan adalah sikap yang taat dan patuh akan peraturan.

Siswa yang patuh kepada gurunya merupakan dambaan bagi semua pendidik. Jelas, dengan kepatuhan mencerminkan siswa yang disiplin dan taat akan peraturan. Pendidikan di sekolah dasar jelas sekali adalah membentuk siswa yang memiliki sikap dan karakter yang baik. Kepatuhan kepada guru adalah salah satu sikap yang diharapkan muncul dalam diri siswa.

Terkadang harapan guru agar memiliki siswa yang patuh bertolak belakang dengan harapan. Demikian tulusnya guru mendidik namun kadang tetap juga terkadang ada siswa yang membandel. Bila di sekolah dasar, peluang siswa yang tidak patuh tidak terlalu banyak. Namun, kepatuhan siswa terhadap gurunya harus sudah dididik sejak dini, termasuk ketika masih duduk di bangku sekolah dasar.

Kepatuhan siswa terhadap guru tentu semua itu bisa kita wujudkan. Guru merupakan figur yang mampu memberikan penyejuk manakala anak didiknya kehilangan arah. Anak di masa sekolah dasar merupakan anak yang kadang seperti kertas putih, dengan susunan cerita di dalamnya. Guru betugas membenahi setiap kesalahan kata, penulisan dan susunan paragraf di dalamnya.

Membuat siswa patuh terhadap guru memang tidak mudah, namun semua itu bisa kita wujudkan apabila kita memiliki komitmen untuk membenahi sikap dari siswa kita. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan guru untuk mewujudkan siswa yang patuh.

1. Bersikap sabar
Sikap sabar memang tidak dimiliki oleh setiap orang lebih lama. Batasan kesabaran setiap orang sangat berbeda. Sebagai guru anda harus memiliki kesabaran yang lebih lama lagi dalam menyikapi perilaku siswa anda. Nah, saat Anda menemukan sikap siswa Anda yang kurang patuh, seperti tidak mendengarkan nasihat guru, pekerjaan rumah tidak dikerjakan tepat waktu, sering tidak mengerjakan tugas piket kelas dan lain sebagainya. Bila demikian, maka hadapilah dengan sabar terlebih dahulu. Jangan Anda menunjukkan kemaran kepada siswa. Apalagi melakukan kekerasan kepada mereka. Bisa berbahaya hal tersebut bagi profesi Anda. Apalagi yang hanya mengandalkan tumpuan hidupnya sebagai guru. Jadi hanya dengan kesabaran maka anda akan bisa menyusun rencana untuk memperbaiki sikap siswa anda yang demikian.

2. Nasihat disertai contoh sikap anak yang patuh
Setelah Anda menemukan sikap siswa anda yang kurang patuh terhadap guru, maka segeralah berikan nasihat kepada siswa tersebut. Nasihat langsung diberikan saat anak itu melakukan kesalahan. Jangan menjadikan bahan olok-olok atau ledekan atas kesalahan yang telah mereka lakukan di depan siswa lainnya. Berikan pula contoh-contoh seorang anak yang bersikap baik dan patuh terhadap guru. Bila memungkinkan guru harus menunjukkan contoh siswa yang patuh. Gunakan salah seorang teman mereka, dengan demikian siswa tersebut akan muncul rasa malu dari dalam dirinya.

3. Berikan penguatan dan penghargaan bila siswa sudah menunjukan kepatuhan
Ketika siswa anda sudah mampu menunjukkan kepatuhan dalam keseharian, maka segera pula anda memberikan pujian kepada siswa tersebut. Pujian atas perubahan yang sudah bisa ditunjukkannya. Pujian bisa anda berikan di depan kelas. Sehingga siswa lainnya akan cenderung meniru sikap baik temannya tersebut. Sekecil apapun perubahan sikap baik yang sudah berhasil siswa anda lakukan, maka hargailah dan berikanlah penguatan serta penghargaan kepada mereka. Pujian, senyuman, gestur dan lainnya bisa anda berikan sebagai bentuk penghargaan.

4. Pantau secara rutin sikap siswa
Kepatuhan siswa terhadap guru bisa anda lihat dalam aktivitas sekolah. Baik dalam aktivitas belajar maupun ketika diluar jam belajar. Misalnya dalam kepatuhan mengerjakan tugas piket. Anda harus setiap hari mamantau bagaimana sikap siswa yang anda nilai kurang patuh. Apakah mereka sudah melaksanakan apa yang anda tugaskan, bagaimana cara mereka bekerja apakah sudah rutin tanpa anda awasi atau hanya menunjukkan sikap taat saat anda ada disana. Dengan pentauan secara rutin maka siswa tersebut akan menunjukkan perubahan sikap.

Semua tips yang saya sampaikan diatas hanyalah hasil renungan dan sudah saya laksanakan. Alhasil ada perubahan yang saya temukan dari siswa tersebut. Penghargaan dan penerimaan kita terhadap mereka dengan tulus dan menasehati manakala mereka melakukan kesalahan dan memberikan pujian manakala mereka melakukan sesuatu yang bermanfaat.
Semoga artikel ini ada manfaatnya dan terimakasih sudah berkunjung di website Riyan Pedia dot com. Wasalam !!!

0 Response to "Membuat Siswa Patuh Terhadap Guru"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel