Ide Menulis Mulai Macet? Coba Lakukan Aktivitas Ringan Ini

Ide menulis mulai macet? coba lakukan aktivitas ringan ini -  Menjadi seorang penulis tentu harus memiliki stamina yang prima. Tanpa stamina yang prima tentu aktivitas menulis anda akan terganggu bahkan macet ide. Mengalami kemacetan dalam ide menulis merupakan hal yang lumrah dan kerap kali dialami oleh para penulis, apalagi penulis pemula seperti saya ini. Macetnya ide menulis bisa disebabkan karena pikiran kita sudah lelah. Kalau sudah pikiran lelah, maka ide tidak akan bisa mengalir dengan lancar. Maka dari itu anda harus melakukan aktivitas yang bisa mengembalikan kesegaran pikiran dan stamina.

Mengalami kondisi seperti itu saya kerap melakukan hal-hal yang membuat pikiran saya kembali jernih sehingga mood menulis bisa muncul kembali. Adapun aktivitas ringan yang saya lakukan untuk mengembalikan pikiran yang macet :

1. Minum kopi susu atau kopi hitam 


Saya adalah orang pecinta kopi, terutama kopi hitam. Manakala mood menulis kembali menghilang dan ide kembali buyar, maka saya cenderung membuat kopi hitam. Kopi merupakan minuman yang bagi beberapa orang bisa meningkatkan stamina. Nah, saya rasa minuman ini pas untuk mengembalikan stamina sehingga ide menulis akan kembali mengalir.


2. Jalan-jalan keluar rumah

Berjam-jam duduk di depan laptop atau komputer bahkan ada yang sampai sehari tentu membuat badan akan terasa pegal. Disamping itu mata juga akan lelah karena pancaran sinar dari komputer. Meninggalkan sejenak media tersebut dan menyatukan diri anda ke alam memberikan suasana yang berbeda. Cobalah menghirup udara segar agar pikiran mendapat oksigen segar. Jangan paksa pikiran anda untuk bekerja penuh seharian. Saya sering jalan-jalan ke sawah sambil melihat perkembangan tanaman yang ditanam orang tua saya. Jadi, dengan begitu pikiran dan tubuh akan segar kembali.

3. Mengambil gitar dan bernyanyi bersama teman

Saya yakin setiap orang senang akan musik. Walaupun aliran musiknya berbeda-beda. Kalau saya paling suka dengan musik etnis. Salah satunya Gus Teja, si pemain seruling dari Bali. Coba anda cari di youtube dan dengarkan alunan musiknya, maka suasana hening dan ceria kembali pulih. Atau kalau tidak demikian aktivitas yang sering saya lakukan adalah bermain musik gitar. Walaupun bukan pemain musik handal, aktivitas bermusik bisa memberikan suasana yang berbeda. Pikiran bisa kembali tenang, sehingga bisa rileks dan mengembalikan ide yang dulunya macet.

Mungkin masih banyak lagi trik – trik lainnya dalam mengatasi kehabisan ide dalam menulis,demikianlah artikel singkat ini dibuat jika ada kesalahan pada Ide Dan Penulisan saya mohon maaf. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog RIYANPEDIA.
Wasalam !!!

0 Response to "Ide Menulis Mulai Macet? Coba Lakukan Aktivitas Ringan Ini"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel