Langkah - Langkah Penyusunan RPP Kurikulum 2013

Langkah-langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 -  Dalam setiap kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari kesiapan diri guru itu sendiri hingga kesiapan administrasi guru yang dapat dilihat dari kelengkapannya.

Salah satu administrasi yang harus disiapkan oleh guru agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik adalah melalui kesiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
RPP harus dipersiapkan guru dalam melaksanakan setiap kegiatan pembelajaran. Sebab RPP merupakan skenario dalam setiap kegiatan pembelajaran. Bisa anda bayangkan sendiri, bagaimana sebuah pembelajaran tanpa adanya perencanaan. Semua kegiatan tidak akan terarah dan tidak akan berjalan dengan runtut.

Tahun pelajaran kali ini, yaitu tahun 2016/2017. Pemerintah kembali mengamanatkan sekolah yang terpilih untuk menjalankan kembali Kurikulum 2013. Sempat sebelumnya kurikulum 2013 terhenti sejenak bagi sekolah yang belum menjalankan Kurikulum 2013 selama dua semester. Nah, bagi Napak/Ibu Guru yang mendapatkan tugas mengajar dengan Kurikulum 2013 khususnya sekolah dasar maka siapkan diri anda untuk memahami bagaimana langkah-langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013.

Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 di sekolah dasar kali ini untuk sekolah yang kembali menjalankan kurikulum tersebut dilaksanakan di kelas 1 dan 4. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam menyusun rencana pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Mengkaji Silabus
Rencana pembelajaran yang akan anda susun sudah seharusnya mengacu kepada silabus. Apa yang sudah anda buat dalam silabus maka akan dijabarkan kembali di dalam RPP. Sehingga akan terwujud rencana pembelajaran yang baik.

2. Mengkaji buku guru
Di dalam Kurikulum 2013 selain siswa, guru pun memperoleh buku guru. Dalam buku guru tergambar bagaimana pelaksanaan sekaligus cara membelajarkan suatu materi. Meskipuj sudah terulis dalam buku guru, anda juga hendaknya menganalisis kesesuaian materi dengan tujuan belajar. Kesesuaian sumber belajar dengan tujuan belajar. Jadi penting untuk melakukan analisis kembali pada buku guru.

Salah satu kegiatan analisis yang bisa anda lakukan misalnya dalam menganalisis indikator. Dalam buku guru perlu anda cermati indikatornya. Indikator yang baik harus memenuhi beberapa syarat sebuah indikator yang baik adalah spesifik, dapat diukur dan dapat dibuat alat ukurnya.

3. Mengkaji buku siswa
Selain buku guru, anda juga harus menganalisis kembali buku siswa sebelum menyusun RPP. Hal yang perlu anda lakukan dalam mengkaji buku siswa untuk menyusun RPP adalah menentukan apakah buku siswa sudah memuat materi yang memadai. Kalau belum memuat maka anda harus mencarikan sumber belajar pada buku lain yang menujang materi yang akan anda ajarkan.

4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
Ada beberapa tahapan dalam kegiatan pembelajaran yang akan anda susun dalam RPP. Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan, anda harus mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. Memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran, serta memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa. Dalam kegiatan Inti, anda harus memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Memberikan mereka kesempatan mengamati, menanya, menganalisis, mengomunikasikan setiap tahapan kegiatan yang mereka lakukan. Dalam kegiatan penutup, guru mengajak siswa untuk merefleksi kembali kegiatan yang telah dilakukan.

5. Penjabaran jenis penilaian
Setelah anda mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam penyusuanan RPP maka langkah selanjutnya adalah menjabarkan penilaian. Penilaian dalam Kurikulum 2013 harus menyentuh tiga ranah. Sikap, pengetahuan dan keterampilan. Semua aspek yang dinilai tersebut memerlukan jenis penilaian yang berbeda. Sikap misalnya bisa anda nilai dengan pengamatan. Pengetahuan bisa anda nilai dengan tes, lisan atau tertulis. Keterampilan bisa anda lakukan dengan pengamatan.

6. Menentukan alokasi waktu

7. Menentukan sumber belajar




0 Response to "Langkah - Langkah Penyusunan RPP Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel