Makanan Sehat di Kantin Sekolah Langsung ke konten utama

Makanan Sehat di Kantin Sekolah

Makanan sehat di kantin sekolah - Sekolah tentunya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh siswanya. Nyaman untuk belajar dan aman dalam melakukan aktivitas. Keamanan tidak hanya dilihat dari ada tidaknya bahaya yang secara fisik yang bisa menyerang siswa,  tetapi aman dalam mengkonsumsi makanan yang di jual di kantin sekolah juga penting untuk diperhatikan.

Kantin sekolah kerap menjadi tempat makan yang selalu dikunjungi siswa. Bagi siswa yang tidak membawa bekal atau tidak dibekali makanan oleh orang tuanya tentu kantin sekolah merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi. Belajar selama tujuh jam tentu harus dibarengi dengan kondisi yang prima. Maka asupan makanan harus terjaga dengan baik.

Bagi orang tua yang senantiasa membekali anak mereka dengan makanan yang dibuat di rumah oleh ibu dengan penuh kasih dan cinta kepada anak, tentu bisa dipastikan makanan tersebut aman bagi anak. Dengan catatan orang tua memahami bagaimana membuat makanan sehat kepada anak. Tentu kebersihan makanan mulai dari bahan, cara membuatnya dan menghidangkan didalam kotak makanan anak sudah diperhatikan betul oleh para orang tua. Lali bagaimana dengan makanan yang di jual di kantin sekolah? Sudahkah sehat dan aman bagi anak? Semua itu kembali kepada para pengampu dunia pendidikan untuk senantiasa melakukan pengawasan terhadap makanan yang dijual di kantin sekolah.

Makanan yang dijual di kantin sekolah seharusnya mampu memberikan rasa aman bagi siswa untuk mengkonsumsinya dan juga bermanfaat baik bagi kesehatan siswa di sekolah itu sendiri. Kurangnya pengawasan dari pihak sekolah akan berakibat yang buruk bagi lingkungan sekolah itu sendiri. Misalnya adanya beberapa siswa yang keracunan makanan yang dijual di Lantik sekolah.

Pengawasan makanan yang dijual di kantin sekolah hendaknya dilakukan secara rutin oleh para guru dan kepala sekolah. Pengawasan bukanlah bermaksud mencurigai penjual makanan di sekolah, tetapi lebih pada mengajak mereka untuk senantiasa menjual makanan yang aman dikonsumsi. Tidak menggunakan bahan olahan makanan dari bahan kimia, bahan yang digunakan juga bahan yang sehat. Misalnya, bakso yang dijual di kantin sekolah berasal dari daging yang baik bukan dari daging ayam tiren. Menjual bubur sumsum tidak menggunakan pewarna tekstil tetapi menggunakan bahan alami dari daun Suji.

Makanan sehat kantin sekolah penting untuk diperhatikan. Bagaimanapun dalam makanan yang sehat terdapat jiwa dan raga yang kuat. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi anak malah menurunkan prestasi siswa. Makanan hendaknya memberikan nutrisi yang baik sehingga mampu menunjang prestasi siswa.

Anak merupakan aset berharga kita dimasa depan. Maka dari itu rawat dan jagalah mereka dengan baik. Keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan cakupan lembaga yang sudah seharusnya memberikan yang terbaik untuk setiap anak.

Demikian artikel singkat kali ini, semoga bisa menginspirasi kita semua dan selalu waspada akan kesehatan makanan atau jajanan anak sekolah.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar