Masalah yang Sering Dialami Siswa SD dalam Kegiatan Belajar

Masalah yang sering dialami siswa SD dalam kegiatan belajar - Dalam proses pembelajaran di sekolah, pasti tidak selalu berjalan dengan lancar. Ada saja masalah yang dihadapi oleh guru. Masalah-masalah tersebut sangat beragam, mulai dari masalah disiplin siswa, masalah dalam pergaulan siswa di sekolah, masalah kesehatan siswa, dan yang paling sering dialami adalah masalah dalam kegiatan belajar.

Kegiatan belajar yang dirancang oleh guru pastinya sudah dibuat sebaik mungkin. Namun kerap kali muncul beberapa masalah siswa dalam kegiatan belajar di kelas. Adapun beberapa masalah yang dialami siswa belajar di kelas diantaranya :

1. Siswa kurang aktif bertanya
Setiap kali guru mengajar di kelas, kita bisa menghitung berapa siswa yang aktif bertanya dalam pembelajaran. Bahkan tidak jarang pula di jumpai dalam pembelajaran tidak ada siswa yang mau bertanya. Kadang dalam kondisi seperti itu, guru menjadi bingung. Apakah siswa tersebut sudah memahami materi yang dipelajari atau tidak sama sekali. Semua akan terjawab setelah guru melakukan evaluasi pembelajaran.

2. Siswa tidak aktif menjawab pertanyaan
Terkadang pula dalam pembelajaran, seorang guru juga harus memberikan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan tersebut bisa berupa pertanyaan terbuka yang memungkinkan siswa memberikan berbagai alternatif jawaban dan pertanyaan tertutup yang menginginkan jawaban berupa fakta.

3. Siswa sering mengalami masalah fokus dalam pembelajaran
Masalah yang dialami siswa berikutnya dalam kegiatan belajar adalah kurangnya fokus atau perhatian siswa dalam pembelajaran. Hal ini bisa disebabkan karena guru yang kurang menarik dalam menyajikan materi, media yang digunakan kurang bermakna dan kadang tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk menggunakannya. Di samping itu masalah ini juga bisa disebabkan karena kondisi siswa tersebut. Dengan mengetahui faktor yang menimbulkan masalah ini, maka guru bisa memberikan alternatif perbaikan sehingga kegiatan belajar bisa berjalan dengan optimal.

4. Siswa sering mengalami masalah rendahnya semangat belajar
Rendahnya semangat belajar merupakan masalah dari dalam dirinya siswa. Namun semua itu bisa ditumbuhkan dari luar. Guru bisa menggunakan metode yang lebih menarik lagi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dan yang terpenting media pembelajaran harus sesuai dengan materi yang akan dibelajarkan. Masalah rendahnya semangat belajar siswa terindikasi dari rendahnya kehadiran siswa di sekolah, tugas yang tidak tepat waktu dikerjakan, hasil belajar yang rendah.

0 Response to "Masalah yang Sering Dialami Siswa SD dalam Kegiatan Belajar"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel