Memahami Filosofi Sebuah Sapu Lidi

Memahami filosofi sebuah sapu lidi -  sudahkah Anda bersih-bersih pagi ini? Saya yakin pasti sudah. Kegiatan pembersihan memang tidak bisa lepas dari yang namanya alat kebersihan. Salah satunya adalah sapu lidi.

Sapu lidi adalah alat kebersihan yang selalu ada di rumah setiap orang. Mulai dari orang kaya atau orang yang hidup berkecukupan. Sapu lidi sangat mudah dibuat. Dengan berbahan dasar lidi atau Batang dari daun kelapa. Sapu lidi menjadi alat andalan bagi kita untuk membersihkuan halaman hingga tempat lain yang butuh perawatan.

Dibalik semua manfaatnya dari sapu lidi ternyata ada sebuah filosofi yang sangat tinggi yang tanpa saya sadari memberikan pelajaran akan hidup bagi kita semua.

Beberapa filosofi dari sebuah sapu lidi menurut saya adalah sebagai berikut  :

Sapu lidi memberikan filosofi jika kita bersatu Maka segala rintangan bisa diatasi. 
Anda mungkin sepakat kalau kita menyapu hanya dengan menggunakan sebatang lidi tentu susahnya minta ampun. Apalagi sampah yang akan Anda bersihakn cukup banyak. Tentu semua itu tidak bakalan terjadi bila Anda menggunakan sapu lidi yang merupakan kumpulan beberapa Batang lidi diikat jadi satu. Dengan jumlah yang mencukupi maka kekuatan lidi itu akan bertambah sehingga sanggup membersihkan sampah.

Sama halnya dengan kehidupan kita saat ini. Apabila kita senantiasa berusaha bekerja sama maka berat akan terasa ringan. Pekerjaan sulit akan dengan mudah diselesaikan. Meskipun sekarang ini bisa kita lihat, masyarakat sudah mulai meninggalkan kebiasaan bergotong royong. Kebiasaan yang saling membantu sama lain di dalam mengerjakan tugas. Kebiasaan ini masih ada dibeberapa daerah. Salah satunya di desa saya sendiri. Yang terpenting semoga persatuan di dalam berbangsa dan bernegara kita masih tetap kokoh.

Sapu lidi memberikan filosofi "semakin tua sapu lidi semakin pendek, namun samakin kokoh"
Sapu lidi bila digunakan setiap hari untuk menyapu sampah, maka lambat laun sapu lidi akan semakin pendek. Walaupuun pendek, ternyata sapu lidi memiliki keunikan, ia akan semakin kokoh, kuat dan kaku. Sehingga bisa menyapu sampah dengan mudah karena sapu lidi tidak lemah gemulai.

Sama halnya didalam kehidupan ini. Sampah adalah masalah yang dihadapi dalam hidup. Bila kita sering menghadapi masalah dan bisa melaluinya dengan sabar maka kita akan menjadi sosok pribadi yang kuat. Sama halnya dengan sapu lidi yang sering dipakai. Semakin tua semakin kokoh.

Sapu lidi memang memberikan sebuah filosofi yang tinggi dalam hidup ini. Bila kita mau menggali dan menyadarinya maka niscaya kebijakan akan mengalir dalam hidup kita.

Marilah kita menjalani kehidupan ini dengan semangat dan jangan sering mengeluh. Hidup adalah kewajiban maka menjalaninya adalah sebuah keharusan.

Demikian artikel singkat tentang filosofi sapu lidi yang kadang tidak kita sadari. Semoga bermanfaat dan bila mana ada kesalahan penulisan kami mohon maaf. Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya. Wasalam

0 Response to "Memahami Filosofi Sebuah Sapu Lidi"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel