Menciptakan Ruang Hijau di Dalam Kelas dengan Tanaman Samblung Langsung ke konten utama

Menciptakan Ruang Hijau di Dalam Kelas dengan Tanaman Samblung

Menciptakan ruang hijau di dalam kelas dengan tanaman samblung - Ruang kelas merupakan tempat yang paling sering digunakan oleh para guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Suasana ruang kelas akan sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran di kelas tersebut. Bayangkan saja, suasana kelas yang pengap, panas, kotor, sirkulasi udara yang kurang, tentu akan membuat suasana belajar menjadi kurang nyaman. Bila sudah demikian, konsentrasi siswa untuk menerima materi pelajaran tidak bejalan dengan baik.

Banyak cara yang dilakukan guru dan sekolah untuk mempercantik dan menciptakan kondisi yang nyaman dari ruang kelas. Mulai dengan menambahkan hiasan pada dinding kelas, memajang hasil karya siswa, hingga menambahkan kipas angin untuk menambah kesejukan kelas. Tentu untuk menciptakan suasana kelas yang sejuk dan nyaman tiap sekolah tidak bisa melengkapi dengan fasilitas kipas angin hingga AC. Seperti yang kita ketahui, karena setiap sekolah memperoleh dana operasional yang berbeda serta keperluan sekolah yang bersifat mendesak juga berbeda, maka menciptakan suasana kelas yang sejuk bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana.


Menempatkan tanaman hijau di ruang kelas akan memberikan suasana segar di ruang kelas. Namun tidak semua tanaman hijau bisa anda tempatkan di dalam kelas. Duren misalnya, hehe... jelas sesuai Anda gunakan untuk menghiasi ruang kelas.

Salah satu tanaman hijau yang bisa Anda gunakan adalah samblung. Kalau di tempat saya dinamakan samblung. Tanaman ini adalah tanaman merambat dan kadang menempel pada tanaman lainnya. Seperti benalu, menempel pada inangnya.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari menggunakan samblung untuk membuat kelas semakin sejuk. Tanaman hijau ini bisa ditanam tanpa menggunakan  media tanah. Sambung tanaman hijau bisa Anda tanam dengan menggunakan air yang dimasukkan di dalam botol. Selanjutnya tinggal menggantung pada dinding kelas.

Dengan menempatkan tanaman samblung pada dinding kelas akan memberikan semarak warna hijau dalam kelas. Selain itu sirkulasi udara akan lebih baik. Tanaman hijau samblung di dalam kelas akan memberikan asupan oksigen yang baik bagi siswa di dalam kelas. Bila Anda berminat mencoba, mulailah dengan menaruh beberapa tanaman saja di dalam kelas. Perlu diperhatikan jangan menaruh terlalu banyak di dam kelas. Semakin banyak makan akan mengurangi kecerahan ruang kelas.

Karena tanaman ini di tanam dengan menggunakan media air, maka usahakan anda mengganti air dalam botol tanaman tersebut secara rutin. Jangan sampai air tersebut menjadi sarang nyamuk. Bila tidak demikian, nantinya bukan malah sejuk sebaliknya akan menjadi tempat yang kurang nyaman.

Demikian artikel singkat yang bisa saya bagikan kali ini. Bila ada penulisan yang kurang tepat saya mohon maaf. Terimakasih atas kunjungannya dan nantinya terus artikel menarik lainnya. Wasalam !!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar