Penyebab Siswa Terlambat Tiba di Sekolah Langsung ke konten utama

Penyebab Siswa Terlambat Tiba di Sekolah

Penyebab siswa terlambat tiba di sekolah yang harus diketahui guru - Terlambat adalah sebuah kata yang kerap kali di dengar oleh guru dalam keseharian di sekolah. Siswa terlambat menyetor PR, siswa terlambat mengerjakan tugas, siswa terlambat menyelesaikan tugas piket, dan yang tidak kalah seringnya lagi adalah siswa terlambat tiba di sekolah. Semua kejadian tersebut merupakan kejadian pasti dialami oleh setiap guru dan saya yakin para guru yang Budiman pasti sudah mengatasi masalah tersebut dengan kreatifitasnya masing-masing.


Kali ini yang akan saya paparkan disini adalah siswa yang terlambat tiba di sekolah. Sebelum guru memberikan tindak lanjut dari sebuah sikap yang kurang disiplin tersebut ada baiknya guru mempertimbangkan penyebab siswa terlambat tiba di sekolah. Dengan mengetahui penyebab siswa tiba di sekolah, maka tentu Anda sebagai guru akan lebih bijak lagi di dalam memberikan sanksi atas perbuatan tersebut.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan siswa terlambat tiba di sekolah adalah sebagai berikut :

1. Bangun kesiangan

Kejadian ini kerap dijadikan alasan yang disampaikan siswa. Terkadang karena seringnya menggunakan alasan tersebut, guru kerap bosan mendengarkan dan memberikan teguran bahkan hingga teguran secara tertulis.

Bila siswqa menyampaikan ini sebagai alasannya maka guru hendaknya mencari data sebenarnya tentang penyebab siswa tersebut kesiangan. Bisa saja siswa tersebut bangun kesiangan karena ia harus membantu orang tuanya, bisa juga siswa terlambat karena Menunggu orang tuanya yang sedang sakit, atau bisa juga siswa tersebut bergadang semalaman menonton televisi. Nah, bila sudah mengetahui penyebab tersebut maka guru akan mampu memberikan sanksi yang tepat dalam kasus tersebut.

2. Masalah keluarga 

Penyebab siswa terlambat ke sekolah bisa juga disebabkan karena adanya masalah keluarga yang siswa alami. Penyebab ini tidak hanya membuat siswa terlambat tiba di sekolah tetapi juga bisa menyebabkan siswa mengalami penurunan prestasi. Masalah dalam keluarga yang siswa alami bisa saja karena salah seorang keluarg yang sakit, keributan dalam keluarga, dan masalah keluarga yang lainnya. Mengetahui penyebab siswa Lambat tiba di sekolah karena penyebab ini, maka guru mampu memberikan tindak lanjut yang tepat.

3. Kesulitan dalam akses menuju sekolah

Penyebab siswa terlambat tiba di sekolah bisa juga karena faktor kesulitan akses menuju sekolah. Anda tentunya mengetahui bagaimana kondisi lokasi tempat tinggal beberapa siswa. Bagi siswa yang tinggal dengan jarak yang cukup jauh dari sekolah tentu ketika mereka kadang terlambat tiba di sekolah maka perlu dimaklumi sedikit. Apalagi Anda yang mengajar di daerah terpencil, tertinggal dan terluar di wilayah NKRI, tentu akes siswa menuju sekolah sedikit terganggu.

4. Keluyuran

Penyebab siswa  terlambat tiba di sekolah yang satu ini kerap dilakukan oleh siswa yang bermasalah. Mereka dari rumah berangkat ke sekolah namun tidak langsung ke sekolah. Bisa saja mereka duduk berlama-lama pinggir jalan, atau siswa bermain ketempat video game. Keluyuran di jam sekolah ini mungkin sedikit sulit bagi guru untuk mengawasinya, peran serta dan dukungan dari orang tua siswa dan masyarakat sangat berpengaruh bagi siswa agar tepat waktu tiba di sekolah.

5. Malas ke sekolah

Penyabab siswa terlambat tiba di sekolah juga bisa disebabkan karena siswa malas ke sekolah. Peristiwa ini sering dialami oleh beberapa guru yang bertugas di daerah pedesaan. Ada saja siswa yang hingga perlu di nasihati diiming-imingi uang saku labih untuk mau ke sekolah. Baru dengan pemberian uang saku lebih, anak tersebut mau ke sekolah.

6. Kurang disiplin menyiapkan perlengkapan sekolah

Penyebab siswa terlambat tiba di sekolah adalah kurang disiplinnya siswa dalam menyiapkan perlengkapan sekolah. Siswa yang belum mempersiapkan buku pelajaran bahkan cenderung tergesa-gesa dalam mencari perlengkapan belajar. Ketika data itu penting, maka siswa akan mencari dan mencarinya hingga ketemu. Keadaan ini bisa membuat siswa terlambat untuk tiba di sekolah. Jadi penting diberikan pemahaman kepada siswa untuk bisa mempersiapkan kelengkapan sekolah dengan baik.

Artikel tentang penyebab siswa terlambat di sekolah, merupakan pengalaman pribadi yang sering saya alami di sekolah. Semoga artikel ini sedikit bisa memberikan pemahaman kepada kita agar lebih bijak lagi dalam memberikan tindak lanjut apabila ada siswa yang tidak disiplin. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga bermanfaat dan wasalam!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar