Pertimbangan Dalam Memberikan Tugas Kepada Siswa

Pertimbangan dalam memberikan tugas kepada siswa - yang namanya kegiatan pembelajaran di sekolah pasti tidak luput yang namanya tugas. Kalau ditanya tugas seperti apa yang Anda berikan kepada siswa Anda? Berapa banyak tugas tersebut serta berapa lama siswa memperoleh waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut?

Semua jawaban atas pertanyaan tersebut pastinya akan memperoleh jawaban yang beragam bila ditanyakan kepada beberapa guru. Tugas yang diberikan kepada siswa hendaknya harus dipertimbangkan dengan matang oleh guru sebelum menyerahkan tugas tersebut kepada siswa.

Sebelum anda memberikan tugas baik berupa pekerjaan rumah atau tugas proyek kepada siswa hendaknya memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini :

Pertama, kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Sebelum anda memberikan tugas kepada siswa hendaknya anda harus melihat seberapa jauh kemampuan awal yang dimiliki siswa. Dengan mengetahui pengetahuan awal atau pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa tentu Anda akan bisa mempertimbangkan tingkat kesukaran tugas yang akan Anda berikan.

Kedua, tingkat kesukaran tugas. 
Pertimbangan yang harus Anda lakukan berikutnya sebelum memberikan tugas kepada siswa adalah tingkat kesukaran. Bila soal tersebut terlampau sukar maka Anda memberikan dengan jumlah yang cukup. Penting pertimbangkan hal ini agar jangan nanti siswa Anda tambah stres dalam menyelesaikan tugas.

Ketiga, waktu penyelesaian tugas
Ini juga harus Anda pertimbangkan. Tugas yang sifatnya sebagai pengukur kemampuan siswa mempelajari materi yang sudah diberikan sebelumnya bisa Anda lakukan dengan waktu yang pendek. Bila tugas itu adalah tugas proyek maka waktu penyelesaian hendaknya lebih lama. Mungkin sampai beberapa Minggu atau bahkan hingga akhir semester.

Kelima, lingkungan tempat tinggal
Bila Anda akan berencana memberikan tugas berupa kerja kelompok kepada siswa, maka Anda hendaknya memperhatikan kondisi jarak rumah masing-masing siswa. Jangan anda mengelompokkan siswa dengan jarak jumlah yang terlampau jauh. Tentu dengan kondisi demikian maka siswa tidak akan mampu menyelesaikan tugas kelompoknya secara maksimal.

Semua pertimbangan tersebut saya sering lakukan sebelum memberikan tugas kepada skawa. Alhasil tugas yang diberikan kepada siswa bisa berjalan dengan baik dan tepat waktu. Satu hal yang paling membuat saya tenang, setiap tugas yang diberikan kepada siswa, mereka tidak merasa terbebani. Selamat mencoba dan berkreasi. Wasalam  

0 Response to "Pertimbangan Dalam Memberikan Tugas Kepada Siswa"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel