Segala Sesuatu yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pulang Sekolah Langsung ke konten utama

Segala Sesuatu yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pulang Sekolah

Segala sesuatu yang harus anda lakukan sebelum pulang sekolah -  Bagi anda yang bekerja sebagai guru, sekolah adalah rumah kedua bagi anda. Semoga apa yang katakan ini benar adanya. Menjadikan sekolah sebagai rumah kedua merupakan sebuah perasaan yang sudah menyatu antara pekerjaan dan diri anda. Guru memang sejatinya harus bekerja di sekolah. Semoga anda bukan menjadi guru yang biasa di luar. Biasa diluar mendapat tugas belajar atau diklat dan sejenisnya memang bagus dan luar biasa. Namun, bila menjadi guru yang keluyuran di jam mengajar sangat kurang pantas anda lakukan.

Menjadi guru sekolah dasar memiliki jam bertugas dari pukul 06.30 hingga 13.30. Bekerja selama itu tentu membutuhkan kosentrasi dan stamina yang ekstra. Apalagi anda yang bertugas menjadi guru kelas, sudah pasti jam anda akan sangat full berada di kelas. Nah, jangan sampai kondisi tersebut mempengaruhi anda ketika akan beranjak pulang meninggalkan sekolah.

Ada sesuatu yang harus anda lakukan sebelum pulang sekolah. Mengapa persiapan pulang sekolah begitu penting? Bila itu menjadi pertanyaan anda maka saya akan menjawab jelas sekali penting. Tugas guru tidak hanya harus dikerjakan di sekolah saja. Sebagai guru yang sudah memperoleh gelar pekerja profesional tentu anda harus mampu mengerjakan pekerjaan secara profesional. Untuk itu pekerjaan yang belum selesai di sekolah, maka akan anda kerjakan kembali di rumah. Agar apa yang anda rencanakan kerjakan di rumah bisa berjalan dengan lancar, maka harus dipersiapkan sebelum pulang sekolah.

Berikut ini akan saya sajikan tips singkat apa yang harus dilakukan sebelum pulang sekolah, diantaranya :

1. Lengkapilah jurnal harian anda sebelum pulang sekolah

Kegiatan yang sudah anda lakukan dari pagi hingga siang hari di sekolah, perlu anda rekam. Rekaman kegiatan harian anda di sekolah tersebut tertuang dalam jurnal harian guru. Jurnak tersebut harus anda tulis sesegera mungkin setelah anda selesai melakukan kegiatan. Bila ini anda biarkan berlarut-larut maka akan sulit untuk mengingat kegiatan yang sudah anda lakukan.

2. Rapikan dokumen yang sudah anda gunakan untuk mengajar

Dalam sehari tentu anda mengajar lebih daru satu mata pelajaran. Setelah anda selesai mengerjakan tugas tersebut sangat disarankan untuk merapikan kembali dokumen tersebut. Saya yakin anda pasti seudah melakukannya. Namun, merapikan disini tidak hanya sekedar menaruh dengan rapi diatas meja. Akan tetapi, anda menyusun dokumen tersebut sebagai upaya untuk mendokumenkan kegiatan pembelajaran yang sudah anda lakukan.

3. Ambil dan masukkan segera dokumen yang akan anda bawa ke rumah

Bila anda sudah merapikan dokumen tersebut maka akan dengan mudah bagi anda untuk mengingat apa yang hendak anda bawa ke rumah. Yang terpenting adalah bawalah materi dan program pembelajaran sebagai bahan nantinya dalam membuat Rencana Pembelajaran esok hari.

4. Biasakan memeriksa kembali meja kerja anda

Nah, yang satu ini mungkin kerap anda lupakan. Apalagi bagi guru yang sedang terburu-buru. Jelas sekali akan lupa untuk memeriksa kembali meja kerjanya. Memeriksa kembali meja kerja sangat penting lho Pak Guru, karena siapa tahu ada beberapa dokumen yang hendak anda bawa ketinggalan. Atau bisa juga ada barang berharga anda nanti ketinggalan. Saya yakin anda pasti pernah meninggalkan barang berharga anda di sekolah. Jadi biasakan memeriksa kembali meja kerja anda sebelum pulang.

Apapun bisa terjadi. Kita manusia selalu tidak pernah luput dari yang namanya lupa. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk mengatakan kalau itu hal yang wajar. Semua bisa anda cegah dan membiasakan diri selalu cermat dan waspada. Mempersiapkan segala sesuatu sebelum pulang sekolah sangat penting bagi kita semua yang bekerja sebagai guru. Jangan sampai karena kurang persiapan ada beberapa dokumen penting anda yang nyantol di atas meja.

Demikian informasi singkat yang dapat kami  bagikan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu mengunjungi Riyan Pedia untuk memperoleh informasi unik, segar dan bermanfaat lainnya. Wasalam (gnr)




BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar