Beberapa Cara Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya

Beberapa cara hewan dalam melindungi diri dari musuhnya - Hewan merupakan salah satu mahkluk hidup yang sangat unik. Beberapa jenis hewan memiliki kemampuan yang berbeda sesuai dengan habitat yang mereka tempati. 

Mungkin anda pernah menonton bagaimana kerasnya kehidupan hewan di alam liar. Mereka mesti saling serang dalam mempertahankan hidupnya. Hewan yang kecil menjadi mangsa yang besar. Semua itu dilakukan untuk mempertahankan hidup dan untuk menyeimbangkan dari sebuah proses yang bernama rantai makanan.

Dibalik semua peristiwa tersebut, hewan selalu memiliki pertahanan diri yang benar-benar menyeramkan untuk mempertahankan diri dari serangan musuhnya. 
Kemampuan untuk mempertahankan diri ini merupakan bentuk perlindungan diri hewan. Perlindungan diri hewan itu pun kadang bagi beberapa jenis hewan lainnya tidak begitu kuat. Apalagi beberapa jenis hewan besar, tentu perlindungan diri hewan yang kecil tersebut tidak akan berarti.
Perlindungan hewan beberapa jenis hewan sangat beragam. Apa saja itu, selengkapnya akan kami bahas pada artikel kali ini.

1. Merubah warna kulit
Perlindungan diri ini tidak dimiliki oleh semua hewan. Kemampuan melindungi diri dengan mengubah warna tubuhnya disebut dengan mimikri. Beberapa jenis hewan yang mampu melindungi diri dengan cara mimikri adalah bunglon.
Bunglon melindungi diri dari pemangsa yang akan memakannya dengan mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yang ditempatinya. Dengan kemampuan melindungi diri ini, bunglon akan sulit ditemukan oleh pemangsanya.

2. Menggunakan cakar dan gigi taring yang tajam
Beberapa jenis hewan seperti kucing, singa, dan harimau memiliki kemampuan mencengkram mangsa atau musuhnya. Dengan alat inilah hewan tersebut mampu melindungi dirinya dari serangan lawan atau manusia. Beberapa jenis hewan lainnya pun memiliki kemampuan ini, seperti anjing dengan giginya. 

3. Menggunakan sengatan
Beberapa hewan memiliki kemampuan untuk menyengat musuhnya. Sengatan ini akan sangat berguna bagi hewan tersebut untuk melindungi diri dari musuhnya. Sengatan pada hewan letaknya ada di bagian ekor, taring atau bisa juga bagian belakang hewan tersebut. 
Sengatan tersebut mampu membunuh lawannya. Perlindungan diri ini terdapat pada beberapa jenis hewan seperti, kalajengking, lipan, tawon  dan jenis hewan lainnya. 

4. Melindungi diri dengan racun
Hewan yang melindungi diri dengan racun tidak hanya ular. Beberapa hewan lainnya pun seperti laba-laba melindungi diri dengan racun. Racun yang dikeluarkan hewan ini sangat mematikan. Setetes racun tersebut bisa membunuh musuhnya termasuk manusia. Anda bisa lihat bagaimana kemampuan hewan dalam membunuh mangsa dengan racun. 

0 Response to "Beberapa Cara Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel