Cara Melatih Kemampuan Siswa Berbicara Didepan Orang Banyak

Cara melatih kemampuan siswa berbicara didepan orang banyak-  Setiap siswa tentu memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Dengan perbedaan tersebut tentu kita tidak boleh menyamakan kemampuan siswa. Ada siswa yang sangat jago dalam ilmu pasti namun memiliki kemampuan yang kurang pada seni dan olahraga.  Sebaliknya ada juga yang pintar dalam seni dan olahraga namun memiliki kemampuan intelekgensi yang rendah pada pembelajaran ilmu pasti.

Dibalik semua perbedaan tersebut, tentunya kita sebagai guru menginginkan siswa kita tampil selalu percaya diri. Sikap percaya diri tersebut bisa kita ketahui dari salah satu indikator adalah dengan kemampuan siswa dalam berbicara di depan orang banyak.

Anda mungkin sepakat dengan saya, karena terkadang kita melihat siswa yang malu-malu untuk maju berbicara ke depan kelas. Bahkan kadang sampai dipanggil berkali-kali tetap saja tidak mau. Mungkin karena kurang PD atau takut diledek temannnya.

Melihat situasi ini, pasti guru tidak puas kalau hanya melihat beberapa siswa saja yang berani dalam menyampaikan sesuatu di depan teman-teman sekolah.

Keberanian merupakan modal awal bagi siswa dalam meraih prestasi. Untuk tingkat sekolah dasar, keberanian berbicara di depan kelas atau di hadapan teman- teman satu sekolah dalam forum tertentu sangat sulit dilakukan tanpa mereka pernah memperoleh sebuah pengalaman. 

Ada beberapa cara yang bisa guru lakukan dalam memupuk keberanian siswa untuk berani berbicara di depan orang banyak. Apa saja cara tersebut?

1. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan secara lisan
Kemampuan berbicara bagi siswa sekolah dasar memang tidak sama dengan siswa jenjang lainnya. Kita tahu siswa jenjang sekoah dasar merupakan siswa yang masih pada usia anak-anak yang berada pada tahap perkembangan.

Melatih mereka mampu berbicara tentu tidak mudah. Mereka harus dibiasakan untuk berani berbicara. Salah satunya adalah memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya atau menjawab pertanyaan secara lisan.

Pada setiap kegiatan pembelajaran, guru hendaknya tidak mendominasi jalannya pembelajaran. Biarkan siswa anda mengutarakan apa yang mereka ketahui sebagai jawaban atas masalah yang diajukan.

2. Melalui kegiatan menceritakan kembali pengalaman atau buku yang dibaca
Cara berikut ini dalam melatih kemampuan siswa berbicara di depan orang banyak yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan pengalaman atau buku yang dibaca.

Anda bisa melaksanakan kegiatan ini secara rutin sebelum kegiatan pembelajaran dimulai atau bisa juga dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

3. Membiasakan siswa untuk gemar membaca
Mungkin anda akan berkata dalam hati mengapa untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dilakukan dengan membaca?  Pengalaman ini sudah pernah saya lakukan di kelas yang saya ampu.

Saya mencoba membiasakan siswa untuk senantiasa membaca buku. Sehari minimal dapat membaca satu buku.

Ternyata dengan cara itu siswa saya memiliki perbendaharaan kata yang cukup mumpuni.

Alhasil begitu disuruh berbicara di depan orang banyak, siswa tersebut tidak kebingungan lagi.

Demikianlah tiga cara yang sering saya gunakan hingga saat ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara.

Semua itu tergantung daripada kemauan anak untuk memperbaiki kemampuan dirinya.

Guru hanya bisa memberikan dorongan dan memfasilitasi mereka.

Mungkin saja bagi beberapa kawan pendidik disini memiliki trik tersendiri.

Mohon kesediaannya untuk berbagi lewat kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Salam pendidikan dan wasalam !!!

0 Response to "Cara Melatih Kemampuan Siswa Berbicara Didepan Orang Banyak"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel