Hobi Menulis, Hobi yang Ringan, Mudah dan Menguntungkan

Hobi menulis, hobi yang ringan, mudah dan menguntungkan- Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda. Mulai dari hobi yang kadang kata orang menghaburkan uang seperti, hobi judi, hobi belanja barang-barang yang tidak perlu dan mahal pula, hobi minum-minuman keras, dan hobi yang tidak berguna lainnya. 

Tentunya hobi yang tidak berguna tersebut patut kita hindari. Apalagi hobi tersebut tidak memberikan faedah keuntungan bagi kita. Bahkan malah hobi yang menghamburkan uang. 

Ada salah satu hobi yang paling saya sukai dan menurut saya tidak menghamburkan uang, bahkan malah bisa menghasilkan uang. Hobi apa itu? 

Ya, menulis. Menulis adalah hobi yang memberikan kepuasan dan manfaat tersendiri bagi saya. Mungkin beberapa orang akan beranggapan kalau menulis itu hanyalah sebuah kegiatan yang mubasir, bahkan hanya dilakukan oleh orang yang kuper dan kutu buku. Lebih parah lagi, menulis adalah sebuah aktivitas yang buang waktu.

Mungkin orang yang berpikiran seperti itu tidak menyadari kalau dirinya mereka sudah melakukan aktivitas menulis setiap harinya tanpa mereka sadari. 

Menulis status di medsos, mengirim pesan melalui sms atau chatting di media online, hingga hanya sekedar berkomentar di sebuah group medsos lainnya. Aktivitas tersebut merupakan aktivitas menulis yang sengaja kita lakukan namun menutup mata dan mengatakan kalau tidak pernah menulis.

Ya, memang benar, menulis yang saya sampaikan di atas tadi hanyalah sekedar menulis yang tanpa aturan. Menulis hanya dengan tujuan sampainya pesan yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. 
Tentu sangat berbeda bila kita bandingkan dengan menulis sebuah karya ilmiah atau sebuah cerita pendek.

Para penulis pemula, kerap kebingungan dalam memulai menulis di salah satu blog atau situs yang dikelolanya. Padahal prilaku ini akan berakibat buruk bagi perkembangan situs atau bakat menulis yang dimilikinya.

Ada beberapa trik dalam menulis di blog sehingga anda tidak akan kehabisan ide untuk menghiasi blog anda dengan tulisan. Apa saja itu?

1. Jadikan menulis sebagai sebuah perekam jejak harian anda
Menulis tidak akan sulit bila menulis apa yang pernah anda alami. Menulis akan terasa berat bila anda menuliskan hal-hal yang belum anda ketahui, apalagi anda akan menuliskan kembali sebuah pengalaman dari seseorang, tentu hal tersebut akan terasa amat berat.

Sebagai penulis pemula, mulailah dengan menuliskan pengalaman harian anda. Jangan berpikir kalau nanti ada atau tidak orang yang mau membaca tulisan anda. Tapi percayalah, bila tulisan anda tersebut tulisan yang unik ,lucu, dan memberikan manfaat,  saya yakin orang akan berbondong-bondong untuk membaca tulisan anda tersebut.

2. Tulislah apa yang ada dibenak anda
Menulis akan semakin lancar bila anda menulis apa yang ada dibenak anda. Sekali lagi jangan pernah khawatir akan orang yang membaca tulisan anda. Yang terpenting tulisan yang anda buat, tidak berbau SARA dan menyampaikan informasi yang menyesatkan.

3. Menulis harus jujur
Sebagai seorang penulis anda harus senantiasa menyajikan informasi yang benar. Bila tulisan anda bersifat menghibur jangan sampai tulisan anda menyinggung atau menjekkan individu atau kelompok.

Menulis juga sebuah hobi yang bisa mendatangkan uang bagi anda. Anda bisa lihat beberapa penulis handal yang bisa menghidupi kesehariannya bahkan keluarga hanya dengan sebuah hobi yang namanya menulis.

Bila anda tidak bisa mengikuti jejak para penulis ternama, anda tetap bisa menyalurkan hobi menulis anda melalui beragam situs di internet yang membutuhkan jasa menulis, seperti JuraganCipir.com, Klikmania.com dan beragam situs ternama lainnya yang bisa anda sambangi. Siapa tahu tulisan yang anda buat bisa diterima disana dan bisa menjadi penulis tetap bagi situs tersebut.

Nah, kalau saya lebih suka memajang tulisan saya sendiri di situs yang saya kelola. Karena saya sadar tulisan saya ini masih jauh dari sempurna. Namun, tidak akan pernah berhenti untuk terus menulis dan menjadikan hobi menulis sebagai sebuah ativitas rutin yang saya lakukan.

Demikian informasi singkat yang bisa saya bagi kali ini, terimakasih atas kungjungan anda dan nantikan tulisan menarik lainnya di RIYANPEDIA.com

0 Response to "Hobi Menulis, Hobi yang Ringan, Mudah dan Menguntungkan"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel