Jam Pulang Kantor Belum Waktunya, Tapi Stamina Sudah Lelah? Ini Cara Mengatasinya !

Anda yang bekerja setiap harinya di kantoran tentu dibutuhkan tenaga dan stamina yang prima. Memang pekerja kantoran tidak bisa kita bandingkan dengan pekerja lainnya. Selain menggunakan tenaga, pekerja kantoran juga bekerja menggunakan pikiran. Apalagi anda yang bekerja sebagai guru.

Mengajar selama kurang lebih tujuh jam memang akan menguras tenaga dan pikiran anda. Bila hal ini tidak segera diatasi maka kinerja anda di sekolah atau dikantor akan semakin buruk. Tentu anda pasti ingin senantiasa tampil dengan stamina yang prima. 

Nah, bila anda ingin senantiasa tampil prima ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan agar senantiasa bertenaga dan tampil prima. Apa saja hal itu?

1. Rajin berolahraga

Jelas aktivitas ini mungkin jarang bisa dilakukan oleh anda yang bekerja penuh di ruang dengan menatap layar monitor seharian. Pekerjaan yang anda lakukan tersebut kadang membatasi aktivitas tubuh anda. Sehingga badan menjadi jarang memperoleh gerak olahraga yang maksimal. 

Hal ini akan membuat kondisi diri anda tidak tampil dengan prima. Bila anda akan berniat untuk melakukan oleh raga, maka saya sarankan jangan melakukannya sewaktu-waktu saja. Ada baiknya anda melakukan olahraga setiap waktu. Meskipun anda berolahraga hanya sekitar lima belas menit dalam sehari.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Apa yang anda makan akan mempengaruhi kondisi tubuh anda. Bila anda mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi tentu tubuh anda tidak akan memperoleh asupan nutrisi yang baik. Ujung-ujungnya daya tahan tubuh anda tidak akan maksimal. Ketika sedikit ada perubahan cuaca atau aktivitas yang lebih, tubuh akan cepat sekali kelelahan.

3. Kurangi bergadang tiap hari

Anda tentu masih ingat sebuah lagu yang dilantunkan oleh Bang Haji Roma Irama. Salah satu yang paling saya ingat dari liriknya adalah "begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya... "

Nah, buat anda yang bekerja di pagi hari, sangat disarankan untuk tidak sering begadang setiap malam. Bergadang setiap malam akan membuat stamina tubuh anda akan lelah. Tubuh membutuhkan waktu minimal 8 jam dalam sehari untuk tidur.

Bila anda malamnya baru tidur pukul 01.00 dan bekerja kembali ke kantor pada pukuk 07.00, wah bisa anda hitung sediri berapa jam anda tidur. 


4. Konsumsi multivitamin bila perlu

Selain berolahraga dan asupan makanan yang bergizi kadang juga tubuh perlu multivitamin.

Nah saran saya Anda jangan menggunakan multivitamin dalam jangka waktu yang panjang. Obat-obatan yang berasal dari bahan kimia tentu tidak lepas dari yang namanya bahan pengawet dan zat yang bisa mempengaruhi kinerja anggota tubuh lainnya. Sekali dalam sebulan saya rasa sudah cukup. Yang terpenting senantiasa mengkonsumsi makanan sehat.

5. Sempatkan diri untuk bersandar gurau sejenak dengan teman

Lelah tubuh bisa pulihkan kembali dengan beristirahat. Namun lelah pikiran akan mempengaruhi kondisi stamina tubuh. 

Nah, bagi Anda yang bekerja seharian di atas  meja maka sempatkan diri Anda untuk saling bercanda gurau dengan teman. Hal ini akan memberikan motivasi dan merifres pikiran Anda. 

6. Cuci muka dan kaki

Mungkin Anda akan berpendapat miring akan cara yang saya bagikan sekarang ini. Nun berdasarkan pengalaman saya, saya sering melakukan hal ini manakala saya sedikit kelelahan.

Wajar saja kalau kita manusia mengalami pada waktu bekerja. Ingat, kita itu bukan robot yang kuat bekerja seharian.

Demikianlah artikel sederhana yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga mampu memberikan inspirasi bagi kita semua. Wasalam. 

0 Response to "Jam Pulang Kantor Belum Waktunya, Tapi Stamina Sudah Lelah? Ini Cara Mengatasinya !"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel