Cara Koreksi Soal Uraian Yang Bijak Dalam Penilaian

Cara  Koreksi Soal Uraian Yang Bijak Dalam Penilaian – Selamat bertemu kembali para pembaca semua. Mungkin hari ini adalah hari super sibuk bagi anda para guru. Menjelang akhir semester tentu aktivitas guru semakin banyak, salah satunya adalah koreksi ulangan akhir semester.

Soal ulangan akhir semester di beberpa jenjang pendidikan tak terkecuali pendidikan dasar, melaksanakan ulangan secara manual, yaitu menggunakan tes.

Tes ulangan akhir semester tersebut terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian dan soal uraian. Soal biasanya dibuat melalui KKG di masing-masing kecamatan. Durasi waktu siswa untuk mengerjakan soal ulangan akhir semester tersebut biasanya selama 60 sampai 120 menit, tergantung dari mata pelajaran yang diujikan dan jenjang kelasnya.

Melakukan penilaian adalah salah satu kewajiban guru

Setiap kegiatan ulangan yang telah diselesaikan oleh siswa, maka selanjutnya menjadi tanggung jawab dan kewajiban guru untuk mengoreksi lembar jawaban siswa. Koreksi soal tersebut tentunya dilakukan dengan manual oleh guru, pensekoran yang dilakukan guru tentu disesuaikan dengan kunci jawaban yang telah disediakan. Biasanya skor untuk pilihan ganda akan diberikan 1 poin, skor soal melengkapi atau isian diberikan 2 poin, dan skor soal uraian tentunya relatif, mulai 3 hingga 5 poin.

Mengoreksi soal pilihan ganda tentu tidak menjadi hambatan bagi guru. Tinggal melihat jawaban siswa dan mencocokan dengan kunci. Bila benar maka tinggal memberikan skor. Demikian pula dengan soal melengkapi atau isian, bila jawaban siswa tepat maka skor maksimal pada tiap soal akan diperoleh, namun bila agak mirip-mirip maka tinggal memberikan skor lebih rendah lagi satu poin dari skor maksimal.

Permasalahan kerap terjadi pada koreksi soal uraian. Guru kadang mengalami ketidak konsistenan saat mengkoreksi soal-soal uraian. Hal ini terlihat dari skor yang diberikan guru.  Kadang siswa tidak puas dengan skor nilai yang diberikan guru  setelah mereka bandingkan dengan skor pada jawaban siswa lainnya. Kondisi ini bisa terjada ketika jumlah soal yang akan dikoreksi sangat banyak dan waktu untuk menyelesaikannya sangatlah sedikit.

Tentu ada cara yang bijak dan tepat yang bisa kita gunakan dalam melakukan koreksi soal uraian sehingga skor nilai yang akan kita berikan dengan kondisi jawaban yang hampir sama tidak jauh berbeda.

Berikut ini  tips singkat cara koreksi soal uraian dengan bijak berdasarkan pengalaman yang saya lakukan ketika mengoreksi soal-soal ulangan harian terutama soal yang berbentuk soal uraian.

Bagaimana tipsnya? Oke langsung saja.

Caranya sebenarnya tidak rumit, mudah saja lakukan koreksi satu soal untuk semua peserta ulangan
Ketika anda akan mengoreksi soal ulangan maka lakukan koreksi satu soal terlebih dahulu untuk semua peserta. Misalnya anda memiliki siswa 29 orang, maka ketika anda mengoreksi soal nomor 1 koreksilah soal nomor satu tersebut untuk 29 siswa anda.

Dengan cara ini maka anda akan dapat membedakan jawaban siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Sehingga tidak akan ada perbedaan skor yang mencolok ketika jawaban siswa tersebut hampir sama.

Nah, bagaimana cukup mudah bukan cara koreksi soal uraian. Dengan cara ini tentu skor yang anda berikan atas jawaban siswa dalam penilaian sangat bijak dan tidak terkesan diskriminatif.

Sekarang sudah memasuki masa ulangan akhir semester, maka selamat bekerja dan semoga tips yang saya berikan ini ada manfaatnya.

0 Response to "Cara Koreksi Soal Uraian Yang Bijak Dalam Penilaian "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel