Cara Mudah Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa

Cara mudah menumbuhkan semangat belajar siswa – Belajar merupakan aktivitas yang sudah menjadi kewajiban bagi seorang siswa. Sering kita lihat bagaimana kerja keras seorang siswa untuk senantiasa belajar dengan penuh semangat. Mulai dari ikut bimbingan belajar di sekolah sampai ikut les di luar sekolah yang untuk masuk disana biaya tidak mudah.

Belajar dengan keras tentu akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan. Mulai dari perolehan nilai rapor yang memuaskan hingga prestasi akademik di sekolah. Semangat belajar yang tinggi yang ditunjukkan oleh siswa tentu akan memberikan rasa bangga pada orang tua maupun guru. Semua guru dan orang tua sangat mengharapkan semangat belajar dari para siswa terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu para guru selalu merangsang sikap tersebut bisa tumbuh dalam diri siswa.

Ciri Siswa memliki semangat belajar yang tinggi bisa kita lihat dari aktivitasnya di sekolah maupun di luar sekolah. Aktivitas belajar siswa di sekolah bisa diamati secara langsung oleh guru, sedangkan aktivitas belajar siswa di rumah bisa didampingi oleh orang tua.
Siswa yang memiliki semangat belajar yang tinggi di sekolah menunjukkan sikap, diantaranya :

1. Haus membaca
Belajar merupakan aktivitas untuk mencari ilmu pengetahuan. Salah satu bentuk pencarian tersebut melalui aktivitas membaca. Semangat siswa untuk membaca merupakan bentuk aktivitas semangat belajar. Guru bisa melihat bagaimana kesadaran siswa untuk membaca buku yang tersedia di perpustakaan sekolah. Bila terjadi peningkatan, maka dipastikan semangat belajar siswa anda sangat baik.  Doronglah selalu penumbuhan semangat siswa untuk membaca. Buku adalah gudang ilmu namun, membaca adalah kunci untuk membukanya.

2. Aktif belajar di kelas mupun di luar kelas
Siswa yang memiliki semangat belajar yang cukup tinggi, akan senantiasa menunjukkan keaktifan di dalam belajar di kelas maupun di luar kelas. Siswa tersebut akan senantiasa mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak jarang berani berkomentar atau menanyakan hal-hal yang belum mereka kuasai saat mempelajari suatu materi pelajaran.

3. Senantiasa mempelajari materi pelajaran lebih awal daripada siswa lainnya
Siswa dengan belajar yang penuh semangat akan senantiasa menunjukkan kemauan untuk ingin tahu lebih dulu daripada teman lainnya. Dengan begitu mereka akan senantiasa membaca dan mencari tahu informasi dari buku referensi.

4. Kecewa saat jam pelajaran usai
Mungkin ini sedikit ekstrim bagi Anda, bahkan jarang ditemukan. Namun, saya sendiri pernah mengalaminya. Saat dimana jam pelajaran akan selesai, beberapa siswa nampak kecewa dengan menyeloroh berkata, "wah..... Kok sudah selesai Pak Guru? "
Mungkin saja kata-kata tersebut tidak semua siswa mengatakannya saat jam pelajaran selesai. Beberapa siswa malah tampak bersemangat bila jam pelajaran akan usai, alasannya cuma satu agar cepat dapat istirahat atau cepat sampai di rumah.

Semangat siswa untuk belajar tidak serta merta selalu berada pada kondisi konsisten. Terkadang siswa mengalami penurunan semangat untuk belajar. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi. Menurut beberapa referensi dan pengalaman yang saya alami, siswa mengalami penurunan semangat belajar disebabkan karena beberapa hal, diantaranya :

1. Kondisi kesehatan 
Beberapa anak yang memiliki kesehatan yang baik cenderung lebih antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Mereka akan sangat senang dan bergembira ketika melakukan hal-hal yang baru. Apalagi dalam proses pembelajaran di kelas, guru memiliki kreatifitas dalam mendidik siswa, maka keceriaan tersebut akan dibarengi dengan semangat yang tinggi dalam melakukan tugas-tugas.

Tidak demikian apabila kesehatan siswa terganggu. Mereka akan sulit melakukan tugas dan aktivitas dengan baik. Daya konsentrasi menjadi menurun karena kondisi fisik yang lemah. Bila sudah kesehatan siswa terganggu maka bisa dipastikan mereka akan memiliki penurunan semangat dalam beraktivitas termasuk belajar.

2. Lingkungan yang kurang mensuport siswa untuk belajar
Setiap siswa lahir pada situasi lingkungan yang berbeda. Ada siswa yang lahir dengan situasi dan lingkungan yang sangat menjunjung tinggi budaya pendidikan sehingga mengutamakan sekolah dan belajar sebagai tugas utama seorang siswa.

Dan ada juga siswa yang lahir pada sebuah lingkungan dengan kondisi keluarga yang broken. Jelas situasi ini menimbulkan situasi dilema bagi siswa. Siswa dengan kondisi keluarga yang baik, lebih memiliki kesempatan akses belajar yang lebih baik, diharapkan kondisi ini dapat menumbuhkan semangat belajar siswa.

Siswa dengan akses belajar yang kurang baik, cenderung memiliki ganggguan dalam akses belajarnya sehingga mereka cenderung kurang memiliki semangat untuk belajar. Meskipun pendapat saya ini, tidak semua anak dengan kondisi yang kurang  memiliki semangat belajar yang rendah. Bahkan di kenyataannya kadang siswa yang kurang mampu memiliki semangat belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang lahir di kehidupan yang baik.

3. Kurangnya penghargaan dari guru dan orang tua atas hasil yang dicapai
Setiap usaha yang dilakukan oleh siswa atau anak anda maka hargailah. Banyak cara yang bisa anda lakukan. Satu cara sederhana adalah dengan memberikan pujian atas usaha yang sudah mereka capai. Dengan adanya pujian siswa akan lebih bersemangat untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Mereka akan terus belajar dan berusaha memberikan hasil yang memuaskan kepada orang tua. Namun terkadang hal ini jarang dilakukan oleh para orang tua bahkan guru sekali pun tidak sedikit yang melakukan hal ini. Cobalah anda memberikan penghargaan atas semangat belajar yang telah dilakukan mereka.

Melihat penurunnan semangat belajar tersebut, tentunya kita sebagai orang tua dan guru tidak ingin hal tersebut berlarut-larut. Menumbuhkan semangat belajar siswa tentu ada banyak cara untuk mewujudkannya.

Berikut ini beberapa cara mudah menumbuhkan semangat belajar siswa versi RIYANPEDIA.com yang bisa anda jadikan sebagai pedoman dalam mengembalikan motivasi belajar siswa.

1. Pendampingan belajar yang tepat
Belajar bagi seorang siswa tidak hanya dilakukan di sekolah. Pentingnya pendampingan belajar bagi siswa di rumah sangat dibutuhkan oleh siswa. Orang tua harus menyempatkan diri untuk memberikan pendampingan, seperti tidak menonton televisi ketika siswa  belajar, ikut membaca buku saa anak belajar. Dengan cara demikian maka anak akan merasa lebih bersemangat belajar sebab melihat semua anggota keluarga ikut melakukan aktivitas belajar.

2. Memberikan hadiah saat anak selesai mengerjakan tugas
Hadiah penting untuk diberikan untuk memunculkan kembali sikap positif tersebut. Maka dari itu orang tua dan guru hendanya juga memberikan hadiah kepada siswa agar lebih bersemangat dalam belajar.

3. Memberikan contoh sukses semangat dalam belajar
Memberikan contoh nyata akan mampu menggugah siswa untuk mengikuti jejak orang tersebut. Dengan memberikan keberhasilan orang-orang yang semangat dalam belajar maka secara tidak langsung siswa akan mencontoh sikap tersebut.

4. Singkirkan atau menjauh dari gangguan
Banyak gangguan yang akan membuat diri anda merasa tergoda untuk beralih dari belajar dan melakukan antifitas lain, misal menonton TV, tiduran, bermain game, atau sms pacar. Maka sebelum mulai belajar singkirkan hal-hal tersebut atau anda memilih tempat belajar yang terhindar dari berbagai gangguan tersebut. Hal ini akan membuat belajar anda menjadi lebih fokus.

5. Menempelkan kata-kata motivasi di dinding kamar
Kata-kata motivasi jika ditempel di dinding kamar, maka akan selalu terlihat oleh kita, sehingga ketika kita sedang merasa malas maka kita akan melihatnya dan tergugah kembali semangat kita. Hal tersebut seperti menjadi pengingat diri kita sehingga ketika kita akan malas menjadi semangat kembali.

0 Response to "Cara Mudah Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel