Langsung ke konten utama

Melatih Siswa Belajar Berwirausaha

Melatih siswa belajar berwirausaha - Pembelajaran di sekolah khususnya di sekolah dasar tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan dan melatih keterampilan semata. Namun, guru bisa menyelipkan sikap dan jiwa wiraswasta melalui agrobisnis.

Melatih siswa untuk belajar berwirausaha tidak harus dilakukan secara langsung melalui sebuah program yang terencana dan begitu sistematis.

Dalam pembelajaran siswa berwirausaha harus dilakukan dengan cara terpadu dan bukan menyendiri.

Guru bisa memanfaatkan kegiatan pembelajaran yang sudah diprogramkan setiap harinya untuk melatih siswa berwirausaha.

Beberapa kegiatan yang bisa dijadikan sebagai pengantar dalam melatih siswa untuk belajar berwirausaha adalah :

1. Kegiatan pembelajaran kesenian dan keterampilan. 

Pembelajaran kesenian dan keterampilan atau yang lebih sering disebut dengan nama Seni Budaya dan Keterampilan adalah merupakan mata pelajaran yang memberikan wahana bagi siswa untuk mengembangkan dunia seni dan keterampilan yang dimilikinya.

Semua itu tentunya akan memberikan pengalaman kepada siswa. Pengalaman tersebut akan menjadi bekal bagi mereka untuk mengembangkan kesenian dan keterampilan mereka selanjutnya yang mana bisa menjadi sumber kehidupan bagi mereka kelak.

Hasil karya perajinan siswa tersebut bisa selain menjadi pajangan di kelas, siswa juga bisa menggunakan keterampilannya tersebut menjadi usaha kecil yang bisa mereka lakukan.

Misalnya siswa siswa belajar membuat pita rambut yang berbentuk kupu-kupu dari kain  perca bekas. Bila siswa sudah terampil nantinya mereka bisa menjual hasil kerajinannya tersebut kepada teman-teman sekitar, atau di pasarkan di warung atau koperasi dekat sekolah. Ini adalah pembelajaran sederhana dari wirausaha.

2. Kegiatan berkebun di sekolah

Berkebun di sekolah merupakan bentuk pelestarian lingkungan sekolah. Selain itu berkebun juga dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar berwirausaha agrobisnis.

Tentunya setiap sekolah pasti ada lahan kosong. Meskipun tidak luas namun bila kita manfaatkan dengan baik, bukankah itu akan sangat bermanfaat untuk menambah hijaunya sekolah kita.

Menghijaukan sekolah dengan tanaman agrobisnis seperti singkong, sayur hijau, cabai atau tomat akan sangat bermanfaat sekali bagi sekolah dan pembelajaran agrobisnis bagi siswa.

Selain sekolah akan tambah hijau tanaman sayuran tersebut bisa dijual yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam kelas tersebut. Produk agrobisnis dirawat oleh siswa secara berkelompok. Disini siswa dilatih bagaimana belajar merawat tanaman dengan baik sampai menghasilkan.

Hasil dari tanaman agrobisnis bisa dijual di warung-warung dekat sekolah atau dibeli secara langsung oleh guru-guru.

Yang terpenting dari kegiatan tersebut, membelajarkan siswa bahwa pekerjaan yang baik sesederhana apapun, apabila kita tekuni dengan baik akan menghasilkan hasil yang tidak mengecewakan. Kesabaran dan keuletan kunci sukses di dalamnya.

Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wasalam

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar