Langsung ke konten utama

Dampingi Anak Ketika Menonton Televisi

Dampingi Anak Ketika Menonton Televisi - Mungkin para sahabat pembaca disini memiliki masalah dimana anak atau siswa didiknya sering kecanduan menonton televisi. Tidak jarang banyak anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya dalam hal memilih tontonan melalui acara televisi. 

Lihat saja siswa atau pun anak anda di rumah. Berapa lama mereka di depan televisi? Kemudian bandingkan berapa lama mereka belajar. Saya yakin beberapa anak atau pun siswa pastinya lebih lama jam menonton televisinya. 

Memang kalau kita lihat sekarang ini, perkembangan siaran televisi semakin banyak pilihan. Mulai dari hiburan yang bersifat mendidik hingga tayangan televisi yang tidak ada faedahnya bagi perkembangan anak. 

Anak cenderung akan lebih memilih menikmati tayangan televisi daripada mereka akan belajar atau sekedar mengerjakan tugas rumah. Apalagi kita sebagai orang tua kurang memperhatikan tayangan televisi yang dipilih anak. Bisa dibayangkan apa yang akan dilakukan anak anda di depan televisi.

Kurangnya pengetahuan orang tua akan tayangan televisi yang boleh ditonton anak membuat mereka mengkonsumsi siaran televisi yang tidak layanan tonton. Salah siapakah itu? Jelas bukan salah siapa-siapa cuma kurang perhatian kita pada dunia anak, sehingga mereka terjerumus dalam dunia yang belum waktunya mereka temukan.

Kecanduan anak pada tayangan televisi tidak hanya pada siaran film anak. Beberapa anak sudah mulai ikut menikmati siaran dewasa. Seperti tayangan sinetron remaja yang beraroma asmara.

Memang dengan perkembangan siaran televisi yang kian maju, ditambah lagi mudahnya kita temukan pesawat televisi di setiap keluarga, membuat peran orang tua lebih bijak lagi dalam mendampingi anak menonton televisi.

Orang tua senantiasa mendampingi anak dalam memilih siaran televisi. Demikian juga dalam setiap konten yang ditayangkan pada acara tersebut. 

Berikanlah pemahaman kepada anak, mana yang patut ditiru dan tidak ditiru dalam acara tersebut. Anak cenderung mengikuti sisi negatif dalam setiap siaran televisi. Lihat saja siaran sinetron yang mengisahkan kehidupan remaja di sekolah. Cara berpakaian, dan berbicara beberapa tokoh yang tidak sopan bisa saja ditiru oleh anak.

Jadi, pendampingan dan nasihat dari orang tua begitu penting sebagai kemudi yang mengarahkan anak agar tidak keluar dari norma yang belaku.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar