Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Materi IPA Kelas 5 SD

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Materi IPA Kelas 5 SD - Mungkin anda memiliki pengalaman dalam memindahkan mengangkut pasir dengan menggunakan ember. Tentu anda akan sepakat kalau kita menggunakan gerobak sorong , tentu akan membuat pekerjaan mengangkut pasir lebih mudah daripada menggunakan ember. Alat yang memudahkan pekerjaan manusia tersebut pesawat. 

Untuk alat gerobak sorong yang digunakan tadi untuk mengangkut pasir disebut sebagai pesawat sederhana. Mengapa dikatakan pesawat sederhana? Alat tersebut disebut sebagai pesawat sederhana karena peralatan tersebut dibuat dengan praktis dan sangat mudah untuk digunakan.

Beberapa jenis alat yang tergolong kedalam pesawat sederhana yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia antara lain;  obeng, palu, tang, gunting, 

Selain itu ada juga yang disebut sebagai pesawat rumit. Pesawat rumit ini merupakan rangkaian pesawat sederhana yang sudah menjadi satu dan sangat canggih. Beberapa contoh dari pesawat rumit seperti; mobil, pesawat, ekavator dan yang lainnya.

Jenis-jenis Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana sudah sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun jenis-jenis pesawat sederhana yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut :

1. Tuas / Pengungkit

Ayo... siapa diantara sahabat yang pernah memindahkan batu yang sangat besar? Alat sederhana yang bisa gunakan untuk memindahkan batu tersebut adalah pengungkit.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan pesawat sederhana pengungkit tersebut. Bila kita ingin mengungkit batu dengan ukuran yang sangat besar dan berat maka jangan sekali menggunakan tuas yang pendek. Gunakan tuas atau pengungkit dengan ukuran yang panjang. 

Dalam pengungkit ada 3 hal penting yang harus diperhatikan. Apa saja itu?  Tiga bagian penting dalam tuas adalah titik beban, titik tumpu dan kuasa.

Ambil contoh ketika anda menggunakan gerobak untuk mengangkut pasir. 

Pasir yang Anda bawa adalah bebannya. Kemudian roda pada gerobak tersebut merupakan titip tumpunya sedangkan gagang gerobak yang Anda pegang adalah kuasanya. 

Jarak antara titik tumpu dengan beban disebut titik beban dan jarak antara titik tumpu dengan kuasa disebut lengan kuasa. 

Berdasarkan letak titik tumpu, beban dan kuasanya maka jenis pengungkit dapat dikelompokkan menjadi tiga buah golongan. Yaitu tuas golongan 1 , tuas golongan 2 dan tuas golongan 3. 

Tuas golongan 1 dicirikan dengan titik tumpunya berada diantara beban dan kuasa. 
Contoh tuas golongan 1 adalah gunting, yang, dan pemotong kuku. 

Tuas golongan 2 dicirikan dengan beban terletak diantara titik tumpu dan kuasa. Contoh pesawat ssederhana yang masuk kedalam jenis tuas golongan 2 seperti, gerobak dorong.

Tuas golongan 3 merupakan pesawat sederhana jenis tuas yang kuasanya berada diantara beban dan titik tumpu. Contoh tuas golongan 3 adalah sekop, sapi

Jenis pesawat seserhana berikutnya adalah 

2. Bidang miring

Bidang miring adalah jenis pesawat sederhana yang memanfaatkan bidang miring untuk memudahkan memindahkan benda ke tempat yang lebih tinggi. 

Misalnya ketika anda memindahkan sebuah drum ke atas mobil pick up.  

Agar mudah prosesnya tentu Anda harus menggunakan sebuah bidang yang dimiringkan sebagai landasan untuk memindahkan drum tersebut. 

Selain itu pesawat sederhana bidang miring juga digunakan prinsipnya pada jalan perbukitan. 

Anda bisa lihat jalan di perbukitan dibuat dengan kondisi yang berkelok-kelok. Tujuannya jelas supaya kendaraan mampu naik sampai ke puncak bukit. 

3. Katrol

Jenis pesawat sederhana yang ketiga ini sudah sering kita gunakan sehari-hari. Katrol merupakan alat yang memberikan kemudahan bagi aktivitas manusia. 

Misalnya saja saat kita akan menimba sumur, saat akan membawa material bangunan ke atas gedung bertingkat dan paling sering kita lihat pesawat sederhana katrol pada tiang bendera sekolah. 

Katrol dibedakan menjadi tiga jenis. Antara lain : katrol tetap, katrol bebas dan katrol majemuk. 

Katrol tetap sering digunakan pada sumur timba. Katrol tetap tidak bisa bergerak bebas. 

Tidak demikian dengan katolrol bebas. Berada pada seutas tali, katrol bebas bergerak sesuai dengan gaya yang diberikan. 

Untuk katrol majemuk adalah rangkaian dari katrol tetap dan katrol bebas. Dengan menggunakan katrol majemuk sebagai pesawat sederhana, aman memberikan kemudahan saat kita mengangkat atau memindahkan benda. 

4. Roda berporos

Jenis pesawat sederhana ini memberikan kemudahan yaitu gaya yang diberikan akan lebih kecil. 

Anda bisa perhatikan menarik sebuah meja tanpa roda dibandingkan dengan yang menggunajan roda jelas akan lebih mudah menarik meja dengan roda. 

Roda berporos banyak kita temukan seperti pada roda sepeda, koper , kursi roda dan beberapa benda lainnya yang dilengkapi dengan roda. 

Nah sahabat demikian jenis-jenis pesawat sederhana yang bisa saya sajikan kali ini. 

Semoga apa yang tersaji dalam artikel ini dapat memberikan manfaatnya bagi Anda sahabat yang memiliki anak masih duduk di bangku sekolah kelas 5 , artikel ini bisa Anda Anda jadikan sebagai bahan dalam mendampingi anak belajar.  

Demikian informasi hari ini, dan nantikan artikel menarik lainnya. Wasalam !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar