Pengaturan Tempat Duduk Kelas Sesuai Dengan Tujuannya

Pengaturan Tempat Duduk Kelas Sesuai Dengan Tujuannya- Sebagai seorang guru tentu anda ingin proses pembelajaran yang anda ampu berjalan dengan kondusif. Membuat siswa nyaman belajar dan betah dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh guru.

Mengatur tempat duduk siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi guru. Jangan sampai pengaturan tempat duduk yang salah membuat siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. 

Misalnya saja, pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat bekerja sama secara berkelompok, namun anda gunakan pengaturan yang berbanjar berjejer kebelakang tentu tidak akan cocok.

Pengaturan tempat duduk siswa sangat ditentukan pada tujuan pembelajaran yang akan anda lakukan. Berikut ini bentuk pengaturan tempat duduk siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

1. Klasik
Pengaturan tempat duduk dengan pola klasik  ini sudah sangat lawas digunakan di hampir seluruh kelas. Tempat duduk siswa yang berbanjar kebelakang. Satu leret tempat duduk bisa berisi 5 -4 deret tempat duduk siswa.

Pengaturan tempat duduk dengan pola klasik ini sangat tepat digunakan bila anda bertujuan menyampaikan materi yang melatih siswa untuk menyimak.

Pola tempat duduk klasik memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan dari pengaturan tempat duduk siswa secara klasik akan memberikan suasana kelas yang indah dan rapi. Anda pun dengan mudah melempar pandangan ke seluruh siswa.

Kekurangan pengaturan tempat duduk secara klasikal ini kurang memberikan siswa kesempatan untuk saling berinteraksi dengan siswa lainnya. Sehingga kalau anda ingin siswa anda belajar berdiskusi maka, pengaturan tempat duduk ini kurang kondusif.

2. Konferensi / Melingkar
Pengaturan tempat duduk konferensi / melingkar merupakan pengaturan tempat duduk yang sangat cocok digunakan pada kelas yang bertujuan untuk melatih siswa saling bercurah pendapat.

Pengaturan tempat duduk melingkar sering kita gunakan pada acara-acara rapat dan konferensi. Bila menerapkan pola tempat duduk melingkar maka guru bisa berada pada posisi seperti pada gambar diatas.

Ruang di tengah bisa digunakan oleh kelas untuk kegiatan presentasi atau pementasan. Mungkin sahabat sudah menerapkan pola tempat duduk seperti ini?

3. Pola 'U'
Pengaturan tempat duduk yang berpola dengan bentuk huruf 'U , memposisikan guru berada di tengah-tengah dengan siswa berjejer seperti huruf U. 

Formasi tempat duduk yang berbentuk 'U membuat siswa lebih mudah untuk berinteraksi dengan seluruh siswa. Dengan ruang yang berada di tengah maka guru dengan mudah untuk memberikan pendampingan kepada siswa. 

4. Pola lingkaran kecil
Pengaturan tempat duduk dengan pola lingkaran kecil ini sangat cocok digunakan bila pembelajaran bertujuan untuk melatih siswa bekerjasama dalam kelompok kecil. Dengan bentuk melingkar, siswa akan lebih mudah saling berinteraksi sesama anggota kelompok. Guru pun akan lebih mudah dalam mengawasi serta mendampingi setiap kelompok.

Demikianlah sahabat pengaturan tempat duduk yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga pola pengaturan tempat duduk yang saya sampaikan ini bisa menginspirasi suasana kelas yang anda ampu. 

Semoga bermanfaat !!!

2 Responses to "Pengaturan Tempat Duduk Kelas Sesuai Dengan Tujuannya"

  1. Kalau berkunjung ke blog ini sesaat lansung ingat masa masa sekolah dulu gan. utamanya saling berebutan tempat duduk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering-sering mampir kemari Om.Hehehe.... Thanks atas kunjungannya :)

      Hapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel