Semakin Dinasehati Siswa Malah Makin Bandel

Selamat Datang !
Mungkin setelah anda membaca judul artikel yang saya bagikan kali ini pasti pernah anda alami sendiri di sekolah. Memang mendidik siswa di jaman sekarang ini tidak seperti di jaman pewayangan dulu. Dimana siswa atau murid masih begitu hormatnya kepada guru.

Berbeda dengan jaman gadget android yang sudah semakin tumbuh sekarang ini, memberikan nasihat kepada siswa sehingga mereka mau merubah sikap tidak semudah membalikan telapak tangan.

Mengapa demikian?

Bila ingin menyelesaikan sebuah masalah tentunya kita harus mencari penyebab munculnya permasalahan tersebut. Yang namanya siswa atau anak tentunya mereka tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan seputar keluarga, sekolah dan masyarakat.

Sangat picik kalau kita meyalahkan semua ini terjadi karena sekolah yang kurang peka terhadap siswa siswa, atau latar belakang anak yang kadung sudah demikian, hingga masyarakat yang memang kurang memberikan ruang bagi tumbuhnya sikap positif.

Kita tidak perlu saling menyalahkan antar tiga lembaga yang memberikan pendidikan pada tumbuh kembang siswa. Yang terpentingg adalah kita harus memberikan pelayanan yang maksimal bagi tumbuh kembang anak/siswa.

Saya yakin semua orang tua, guru dan tokoh masyarakat selalu memberikan nasihat pada generasi penerus bangsa ini untuk senantiasa melakukan sesuatu yang bermanfaat, tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain.

Siswa /  anak mungkin saat ini mudah dinasihati namun susah melaksanakan apa yang sudah dinasehatkan. Ada beberapa pendekatan dan pembiasaan yang bisa dilakukan oleh semua pihak yang peduli akan tumbuh kembang sikap siswa / anak.

Berikut  ini beberapa pendekatan dan pembiasaan yang bisa dilakukan oleh guru di sekolah dalam memberikan nasihat kepada siswa.

1. Berikan nasihat dengan bahasa yang mudah dipahami
Manasihati siswa jangan terlalu menggunakan bahasa yang menjelimet. Cobalah dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia anak.

Ketika siswa tersebut salah, jangan dijadikan bahan olok-olokan dihadapan teman-teman mereka. Hal ini akan menurunkan mental siswa.

2. Pantau sikap siswa setelah diberikan nasihat
Yang terpenting dari sebuah nasihat tersebut adalah siswa mampu melakukan apa yang dinasihatkan oleh guru. Jangan sampai guru sudah capek-capek ngomel, siswanya malah tetep sikapnya begitu saja.

Pemantauan oleh guru penting dilakukan. Melakukan pendekatan di dalam dan di luar kelas termasuk mencari informasi dari orang di sekitarnya itu sangatlah penting. Catat pada buku agenda anda semua perubahan yang terjadi sebagai dampak dari nasihat yang sudah diberikan.

3. Berikan reward atas perubahan positif yang dilakukan siswa
Semua perlu stimulus  atas apa yang sudah dilakukan siswa, terutama hal yang positif. Ketika guru melihat siswanya sudah menampakkan sikap yang baik atas nasihat yang sudah diberikan, maka segera berikan reward pada siswa tersebut.

Penghargaan yang anda berikan tidak harus berupa barang. Mungkin hanya sekedar senyuman, acungan jempol dan menyampaikan kepada teman sekelasnya atas perubahan sikap yang dilakukan oleh siswa tersebut.

4. Lakukan semuanya secara konsisten
Guru harus senantiasa melakukan segala sesuatu secara konsisten. Jangan sampai semuanya hanya hangat-hangat tai ayam.

Hanya beberapa hari saja, lalu selanjutnya tidak lagi. Lakukan semuanya secara konsisten kepada siswa.


2 Responses to "Semakin Dinasehati Siswa Malah Makin Bandel "

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel