Hewan Kecil yang Bikin Kesehatan Terganggu Langsung ke konten utama

Hewan Kecil yang Bikin Kesehatan Terganggu

Suara mendesing di tengah malam di sekitar kepala, ngiung ngiungg... Plak.... Satu ekor berhasil di bunuh.

Sahabat tentu tahu hewan apa yang saya maksudkan diatas?

Yup..betul sekali, nyamuk.

Bila kita lihat, nyamuk sebenarnya hewan kecil dengan sayapnya yang tipis dan sebuah jarum suntik di mulutnya.

Tertusuk nyamuk memang tidak terasa namun bila sudah kena demam berdarah, sakitnya akan luar biasa.

Tidak hanya nyamuk saja hewan kecil yang bisa menimbulkan penyakit sekaligus mengganggu kesehatan.

Apa saja itu, berikut ulasan selengkapnya.

1. Semut
Anda tentu tahu hewan kecil ini. Biasanya dimana ada gula disitu ada semut.

Semut hewan kecil yang memang sekali injak atau anda pilas pun akan mati.

Namun, bila semut bersatu dalam jumlah yang besar, kemudian menggigit Anda mulai dari atas hingga ke bawah, saya yakin anda pasti akan tumbang.

Ada yang akan menggigit kepala, badan dan kaki Anda. Kalau sudah seperti itu, Anda pun akan kewalahan juga dalam menghadapinya.

Bila sudah seperti itu, kesakitan Pun akan Anda rasakan. Kesehatan pun  akan terganggu. Jangan salah, apabila digigit semut api, maka tubuh ini pun akan terasa perih, panas dan gatal.

Bila orang yang alergi digigit semut, tentu mereka akan sangat menderita, ujung-ujungnya bisa tambah parah.

Jadi jangan abaikan si kecil dan imut itu ya.

2. Lalat
Siapa sih yang tidak kenal dengan hewan yang satu ini. Hampir di setiap rumah hewan dengan kepala majemuk ini pasti nongol.

Lalat memang lebih sering kita temui pada tempat yang kotor. Namun tidak jarang pada rumah dengan lantai bersih mengkilap pun mereka bisa datang.

Dengan bentuk mulut penghisap, lalat senantiasa menghinggapi semua jenis benda.  Jelas mulai dari benda yang bersih hingga benda yang kotor.

Bahayanya ketika menghinggapi sesuatu yang kotor lalat malah tidak mencuci kakinya. Hehehe.... Jelas tidak ya sobat, jangankan hewan kita sendiri malah sering lupa mencuci tangan sebelum makan, apalagi lalat.

Nah, makanan yang dihinggapi lalat jelas tidak higienis lagi. Meskipun hewan ini kecil namun kuman yang dibawa pada kakinya sangat berbahaya.

Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karena makanan yang dihinggapi lalat adalah diare. Kuman bakteri yang dibawa oleh lalat bisa ikut tertelan ketika kita makan. Dan kuman pun bersarang dalam perut. Bahaya lho bila ini terjadi, maka dari itu senantiasa menutup makanan dan jangan lupa cuci tangan.

3. Ulat bulu
Reaksi pertama saat kita melihat ulat bulu adalah merinding. Jelas, dengan bulu yang melebat akan membuat siapa pun yang melihatnya akan bergidit.

Sahabat tentu tahu bagaimana ganasnya ulat bulu jika menyerang mangsa atau sesuatu yang mengancamnya. Maka ulat tersebut akan menyemburkan bulunya.

wusssss.......!!!!

Kalau sudah demikian rasa gatal kadang hingga perih akan anda rasakan. Tidak hanya itu, efek dari serangan bulu pada ulat bulu akan membuat bagian tubuh yang terkena terasa panas dan tebal.

Bukan main rasanya kalau diserang oleh ulat bulu. Jadi berhati-hatilah dengan hewan kecil ini. Cara aman yang bisa anda lakukan adalah dengan menjauhinya sejauh mungkin. Namun, bila anda terpapar bulu ulat, maka segera cuci bagian tubuh yang terkena.

4. Tawon
anda suka minum madu?

Ya madu lebah memang sangat nikmat dan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Sedikit sama dengan lebah, hewan yang satu ini memiliki sengatan yang sama dengan tawon bahkan kadang lebih ganas.

Jika lebah menghasilkan madu, tawon malah hanya menghasilkan talang atau rumahnya saja. Mungkin sahabat pernah melihat madu tawon?

Tawon memiliki sengatan racun yang bisa membahayakan bagi manusia. Tersengat lebah bisa membuat tubuh menjadi bengkak dalam kurun waktu beberapa hari.

Kondisi ini jelas akan sangat mengganggu anda. Bayangkan saja dengan wajah yang bengkak tentu penampilan anda akan sedikit terganggu.


Kesimpulan

Hewan merupakan salah satu mahkluk ciptaan Tuhan yang memiliki segala manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, terkadang hewan tersebut membahayakan ketika kita mencoba mengganggunya atau merasa terusik.

Hewan yang kecil tersebut bisa membuat kesehatan tubuh terganggu. Manusia hendaknya senantiasa waspada. Bila terjadi kontak dengan tubuh, maka segera lakukan pertolongan pertama dan jangan di tunda-tunda.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Wasalam !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar