Mulai Belajar Berpidato Siswa Pun Akan Mengalami Masalah Ini

Mungkin bila siswa kita disuruh berbicara di depan publik pasti akan mengalami sedikit masalah. Salah satunya rasa grogi atau kurang percaya diri. Adalah sesuatu yang wajar bila siswa mengalami hal tersebut. Namun perlu juga kita ketahui ada beberapa hal lain lagi yang sering dialami oleh siswa ketika berbicara di depan publik.

Berpidato merupakan keterampilan berbicara di depan publik dalam menyampaikan ide, gagasan, serta pendapat yang mampu meyakinkan orang lain.  Tentunya sebelum kita akan menyampaikan sesuatu tersebut maka kita pun harus menguasai dengan baik apa isi yang akan kita sampaikan.

Ketika mulai belajar berpidato siswa akan mengalami masalah seperti grogi atau kurang pede. Banyak hal yang membuat siswa kurang percaya dirinya ketika berpidato. Beberapa diantaranya adalah kurang menguasai materi, pengalaman pertama berpidato, kondisi kesehatan, hingga demam panggung.

Kondisi tersebut hendaknya menjadi perhatian guru dalam membina siswa bila nanti akan mengikuti lomba berpidato. Guru jangan langsung memberikan materi kepada siswa dan menyuruhnya untuk menghafal materi pidato tersebut.

Jadi alangkah bijaknya guru dalam membina berpidato lebih memberikan contoh kepada siswa. Atau bisa juga mencarikan contoh-contoh di media internet bagaimana cara berpidato yang benar.

Masalah siswa tidak menguasai materi pidato mungkin disebabkan karena materi yang diangkat terlalu luas. Untuk tingkat sekolah dasar Anda bisa menggunakan topik yang ringan sesuai dengan perkembangan anak.

Bahasa yang digunakan pun seharusnya tidak terlalu menjelimet dan istilah asing perlu dikurangi bahkan dihindarkan saja. Karena pemahaman bahasa anak sekolah dasar masih sederhana dan belum terlalu tingkat tinggi.

Bila ini anda paksakan, malah akan membuat siswa anda menjadi susah memahami isi pidato. Kalau sudah tidak paham bagaimana mereka bisa menyampaikan dengan baik isi pidato tersebut.

Masalah lainnya juga tidak kalah penting untuk diperhatikan guru dalam mengajarkan siswa berpidato, adalah berekspresi. Tidak hanya drama, pidato pun perlu dilakukan ekspresi. Berpidato disertai dengan ekspresi akan membuat suasana pidato lebih antusias. Disamping itu, pemirsa yang menyimak pidato juga akan lebih.

Jadi ketika anda melatih siswa berpidato, jangan lupa untuk melatih ekspresi mereka ketika berpidato. Jangan hanya asal hafal materi pidato.

0 Response to "Mulai Belajar Berpidato Siswa Pun Akan Mengalami Masalah Ini"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel