Manfaat Meminta Anak Menceritakan Kegiatan yang Dilakukan Di Sekolah

Manfaat Meminta Anak Menceritakan Kegiatan yang Dilakukan Di Sekolah - Anak yang sudah duduk di bangku sekolah memiliki dua lingkungan yang berbeda yang harus dialaminya dalam keseharian. Yaitu lingkungan sekolah dan keluarga. Memang seperti yang kita ketahui, jam sekolah tidaklah lama paling berkisar 7 jam.

Dengan rentang waktu tersebut, tentunya banyak hal yang dialami anak. Pengalaman yang bermanfaat tentu adalah tujuan utama dalam pendidikan di sekolah.

Namun, tidak hanya itu karena sosialisasi anak di sekolah dengan teman sekelas kadang anak juga mengalami hal yang kurang menyenangkan.

Saya yakin, guru pasti memberikan halnyang terbaik bagi siswanya. Tidak bisa dipungkiri pasti ada saja segala sesuatu yang terlewatkan guru selama memberikan pembinaan di sekolah.

Untuk itulah maka sebagai orang tua, dipandang perlu menanyakan apa yang dialami anak selama di sekolah. Jelas, ketika Anda bertanya harus dilakukan dengan hangat dan bukan bersifat mengintrogasi anak.

Manfaat menanyakan hal yang dialami anak selama di sekolah

Penulis menyadari bahwa anak di sekolah mengalami banyak hal. Harapan orang tua pasti agar anaknya memperoleh pengalaman yang baik. Terhadap pengalaman yang kurang menyenangkan bagi anak, perlu diketahui dan ditanggulangi dengan cepat oleh orang tua dan guru di sekolah.

Berikut ini beberapa manfaat menanyakan pengalaman anak selama di sekolah.

1. Ada rasa keterbukaan anak dan orang tua
Dengan adanya komunikasi yang baik antara anak dan orang tua maka akan menumbuhkan keterbukaan anak dengan orang tau.
Sikap terbuka inilah yang harus dipupuk dengan baik oleh orang tua. Dengan meminta anak menceritakan hal yang dialami maka orang tua akan mengetahui segala sesuatu yang merugikan anak.

2. Melatih anak mengkomunikasikan pengalaman secara lisan
Mungkin banyak anak yang pandai berhitung, namun tidak banyak anak yang lancar dalam mengkomunikasikan pengalamannya.

Dengan adanya komunikasi melalui orang tua yang bertanya pengalaman anak sepulang sekolah maka akan melatih anak memiliki keterampilan berbicara dengan sopan dan santun.

3. Hal negatif yang dialami anak segera terdeteksi
Dengan anak menceritakan pengalaman selama di sekolah , maka orang tua akan mengetahui apabila ada hal yang mengancam dan menghancurkan masa depan anak.

Hal negatif tersebut dapat sesegera mungkin diketahui dan diselesaikan permasalahannya.

4. Mengetahui tingkat kejujuran anak
Bertanya kepada anak tentang hal yang dialaminya selama di sekolah mampu mengetahui tingkat kejujuran anak.

Misalnya sebagai contoh , ketika di sekolah Anda mengobrol dengan orang tua terkait dengan prestasi anak selama di sekolah kemudian sepulang sekolah, Anda meminta anak menceritakan pengalaman atau hal yang dialaminya. Misalnya nilai ulangan yang disembunyikan anak, karena nilai ulangan jelek.

Dari pengalaman ini Anda akan mengetahui anak Anda seorang yang jujur apa tidak. Dalam kasus tadi misalnya, ternyata apa yang disampaikan guru dengan cerita anak berbeda. Pak guru misalnya menunjukkan hasil ulangan anak yang jelek, kemudian ketika meminta anak menunjukkan hasil ulangannya dikatakan bagus, padahal padahal ketika diminta menunjukkan bukti hasil  ulangan, anak bilang belum dibagikan oleh guru.

Dari ilustrasi tersebut ternyata kegiatan menanyakan pengalaman anak selama di sekolah, mampu mengukur tingkat kejujuran anak.

Hal yang Harus Di perhatikan Orang Tua saat Menanyakan Hal yang dialami anak di sekolah

Ada beberapa hal yang menurut saya harus di perhatikan dalam.menanyakan pengalaman anak di sekolah. Bagi orang tua yang sudah terbiasa menanyakan pengalaman anak, cobalah untuk membaca langkah berikut ini :

1. Pertanyaan jangan mengintegrasikan?

Ketika Anda bertanya kepada anak tentang pengalaman yang dialaminya, jangan dilakukan dengan nada mengintegrasi.

Bila demikian, maka anak akan tertekan. Kondisi ini mengakibatkan anak berbohong demi tidak dimarahi.

2. Bertanya dengan suasana hangat dan kekeluargaan

Anak adalah aset masa depan bagi orang tua. Maka dari itu ketika orang tua ingin menanyakan pengalaman anak di sekolah, lakukanlah dengan suasana hangat.
Berikan anak cinta kasih dan dengarkan cerita anak . jangan langsung anak dimarahi ketika apa yang mereka lakukan berbeda dengan apa yang ada harapkan.

Berikan pembinaan kepada anak sejak dini. Dengan begitu anak akan tumbuh dengan optimal.

3. Berikan penguatan atas kejujuran anak
Ketika anak Anda berbicara dengan jujur apa yang mereka alami, maka segeralah berikan penguatan, agar sikap tersebut senantiasa muncul dan melekat dalam diri anak.

Penguatan bisa Anda berikan dengan senyuman, ucapan "kami hebat" dan bisa juga memberikan sebuah hadiah yang sederhana. Agar anak lebih belajar hidup jujur, sederhana dan bersahaja.

4. Lakukan kegiatan tersebut dengan rutin
Lakukan kegiatan tersebut secara berkelanjutan. Jangan sampai hanya dilakukan sekali saja selama hidup anak.

Kegiatan tersebut terus berlanjut hingga anak dewasa. Namun yang terpenting, ketika anak sudah dewasa maka orang tua harus belajar lagi melakukan pendekatan dengan anak yang sudah remaja.

Demikian sobat ulasan singkat tentang Manfaat Meminta Anak Menceritakan Kegiatan yang Dilakukan Di Sekolah .

Semoga artikel sederhana ini bisa memberikan inspirasi bagi sobat yang sudah menjadi orang tua. Harapan saya semoga buah hati Anda tumbuh dengan baik dan optimal sesuai harapan orang tua.

Salam parenting dan nantikan artikel menarik selanjutnya.

0 Response to "Manfaat Meminta Anak Menceritakan Kegiatan yang Dilakukan Di Sekolah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel