7 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Langsung ke konten utama

7 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Kecerdasan

7 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Kecerdasan – Banyak orang yang ingin memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam dirinya. Tidak jarang orang tua senantiasa menyuruh anaknya agar belajar lebih rajin, membaca puluhan buku, dan tiada hari tanpa belajar. Adalah hal yang lumrah memang jika belajar akan meningkatkan kecerdasan. Namun, apabila mood anda tertekan dan tidak menjadikan kebiasaan sehari anda untuk melatih kecerdasan, maka sama saja apa yang anda pelajari tidak akan bermanfaat.

Kecerdasan yang dimiliki tiap orang memang tidak pernah sama. Ada seseorang yang memiliki kecerdasan yang tinggi, dan ada juga yang memliki kecerdasan yang rendah. Namun, kecerdasan yang kita miliki bisa kita tumbuhkan dengan mudah melalui melaksanakan aktivitas berikut ini secara rutin. Di kutip dari  majalah Time dalam Republika.com disebutkan bahwa ada tujuh cara yang bisa meningkatkan kecerdasan anda dengan mudah. Apa saja itu, mohon agar dibaca dengan cermat ulasan berikut ini.

1. Cerdas internet / cerdas bersosmed
Kini jaman teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat maju. Apapun informasi yang orang inginkan dapat dengan menudah diperoleh melalui internet. Lewat internet, orang yang memiliki pengalaman dan informasi bisa diunggah disana. Kemudian tatkala seseorang mencari informasi di internet dan kemudian informasi tersebut sesuai dengan apa yang ditulis oleh orang lain, maka informasi tersebut akan kita dapatkan dari internet.

Kecerdasan anda bisa ditingkatkan bila anda menggunakan informasi positif dan bermanfaat yang diperoleh melalui internet dengan bijak.  Selain anda bisa memperoleh hiburan melalui internet, sempatkan juga untuk membaca informasi yang sehat di internet.

Salah satu layanan internet yang paling digemari oleh semua kalangan masyarakat adalah sosial media atau Sosmed.  Lewat sosmed seseorang bisa terhubung dengan mudah tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Salah satu media sosmed yang paling banyak digunakan adalah Facebook.  Melalui media Facebook seseorang tidak hanya bisa mengirim pesan namun juga foto, video dan percakapan langsung tatap muka melalui video call.

Bila anda ingin menambah kecerdasan anda, maka coba gunakan medsos sebagai wahana untuk Menambah ppengetahuan. Seperti saling berbagi informasi dan lain sebagainya. 

2. Membaca kemudian menulis
Untuk meningkatkan kecerdasan anda bisa membiasakan diri membaca. Membaca buku dan berbagai literasi lainnya tentunya. Tidak ada salahnya anda membaca buku yang sedikit menyimpang dari nice anda. Bila anda sebagai guru, jadi tidak hanya membaca buku yang bertemakan pendidikan. Bisa juga anda membaca buku kesehatan, hiburan, sosial budaya bahkan politik.

3. Membuat Did List
Anda bisa melatih kecerdasan anda dengan membiasakan diri menulis kegiatan atau pekerjaan yang sudah dilakukan. Jadi jangan hanya membuat daftar perencanaan apa yang anda lakukan tetapi untuk meningkatkan kecerdasan, penting juga anda menulis apa yang sudah dilakukan.

4. Berteman dengan orang yang cerdas
Ibarat sabut kelapa yang dibakar, secara perlahan akan dilalap api. Seperti makanan yang dekat dengan minyak tanah, dalam waktu yang lama makanan itu akan berbau seperti minyak tanah. Demikian juga dengan kita, bila kita berteman dengan orang yang malas dan suka melakukan hal yang buruk, maka lambat laun kita akan ikut terpengaruh dengan sikap anak tersebut.

Jadi bila anda ingin menjadi orang yang cerdas, maka sering-seringlah bergaul dengan orang yang cerdas sehingga kecerdasan anda pun akan ikut bertambah.

5. Menceritakan pada orang lain
Ciri sebuah kecerdasan adalah kemampuan menceritakan kembali informasi yang diperoleh dengan baik. Setelah mendapat suatu informasi, cobalah untuk menjelaskan informasi itu kepada orang lain. Karena, hal ini rupanya juga dapat meningkatkan kecerdasan, apalagi, jika kita berhasil menjelaskannya dengan sederhana dan mudah dipahami oleh orang lain.

Albert Einstein pun mengatakan, jika kita tidak dapat menjelaskan sesuatu secara sederhana, itu tandanya kita belum cukup memahami hal itu.

6. Belajar bahasa asing
Cerdas pun bisa diukur dari kemampuan menggunakan bahasa asing. Nah, bila anda ingin memiliki kecerdasan yang baik, maka jangan bosan-bosan untuk mempelajari bahasa asing, salah satunya bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional.

7. Tenangkan diri
Ditengah sibuknya hari, sempatkan untuk duduk santai di tempat yang tenang sembari memikirkan sesuatu. Hal ini dapat memberikan waktu bagi otak untuk memikirkan sesuatu yang telah dipelajari dengan optimal.

Demikian sobat cara mudah yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan diri. Semoga bermanfaat. Wasalam

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar