Apakah Blog Anda Sepi Ketika Liburan? Berikut Cara Mengatasinya

Apakah Blog Anda Sepi Ketika Liburan? – Kondisi ini kerap dialami oleh siapa saja. Blog atau web sama halnya seperti lapak dagangan yang kadang ramai dan kadang sepi. Apalagi lapak kita (blog kita) tidak memiliki jumlah dagangan (artikel) yang memadai atau bahkan sesuai dengan apa yang diinginkan para pengunjung. Ketika apa yang mereka cari tidak ada di blog anda maka dipastikan mereka akan meninggalkan begitu saja. Namun, blog sepi pengnjung tidak selamanya disebabkan oleh karena artikel baru beberapa biji saja. Blog sepi pengunjung bisa juga karena faktor lain.

Salah satu penyebab Blog sepi pengunjung adalah karena suatu musim. Bukan berarti musim duren ya sobat. Salah satunya blog milik saya ini. Ketika musim liburan sekolah, sobat pendidik semuanya pada libur. Bahkan tidak ada yang mampir untuk sekedar membaca berita . Prediksi saya, mungkin karena musim liburan sekolah, jadi beberapa hal yang berbau pendidikan sedikit dicari orang.

Sebagai seorang pewarta media online, saya tetap percaya diri untuk senantiasa menulis dan menulis. Meskipun tulisan sedikit pembaca paling tidak kita bisa menyatakan pemikiran kita dan mengabadikannya. Seperti kata pepatah “Gajah mati meninggalkan gadingya, maka manusia mati akan meninggalkan karyanya” Salah satu karya yang bisa saya buat adalah tulisan.

Apa yang sebaiknya dilakukan ketika blog sepi pengunjung atau kunjungan mulai menurun?
Ada jutaan artikel yang mengupas cara mengatasi blog sepi pengunjung di mesin pencari google. Semua menawarkan berbagai macam cara. Mulai dari promosi lewat media sosial, hingga memajang artikel di forum group medsos.

Mungkin bagi sebagian pemilik blog, semua usaha itu berhasil. Tapi tidak sedikit para blogger yang mengalami kondisi yang stagnan alias tidak ada perubahan sama sekali.

Jangan sedih sobat blogger, semua itu diiklaskan saja. Sebab kembali ke intisari kita memilih jalan sebagai seorang blogger adalah perantara informasi sekaligus media belajar. Itu prinsip dalam diri saya sejak dulu. Kalau toh nantinya mendatangkan sedikit hasi lebih, ya itu adalah sebuah bonus dari kesabaran kita.

Kembali pada kasus blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya memang tidak ada cara yang baku dan bersifat mutlak. Semua harus dijalani saja. Ibarat sebuah perahu kecil yang mengarungi samudra yang luas. Kadang kita harus dihempas oleh gelombang yang besar dan kadang pula kita berlayar dengan tenang tanpa ada halangan yang berarti.

Sobat pembaca yang budiman. Bila memang blog anda mengalami penurunan pengunjung jalan yang bijak yang dilakukan adalah tetaplah menulis. Apa yang ada lihat, apa yang anda alami dan apa yang sudah anda baca kembali ditulis saja. Jangan khawatir akan kunjungan. Kalau apa yang sudah anda tulis itu bermanfaat, saya yakin pengunjung akan datang untuk membaca tulisan tersebut.

Satu lagi, ketika blog anda sepi pengunjung maka lakukanlah kunjungan balik ke blog tetangga. Jangan sampai anda mengharapkan kunjungan tetapi anda sendiri yang tidak pernah berkunjung.

Biasakan ketika berkunjung berbicaralah dengan sopan dan bersikaplah yang baik. Mengkritik boleh tapi harus disertai dengan usaha membangun dan bukan malah menjebolkan. Ketika anda sudah berkunjung, maka  saya yakin pemilik rumah (blog) yang anda kunjungi pun akan membalas kunjungan anda. Mungkin tidak saat itu juga tapi esok atau lusa mereka pasti akan datang.

Satu lagi, jangan lupa berdoa. Karena semua yang terjadi sekarang dan nanti adalah kehendak Tuhan. Kita hanya bisa berbuat yang terbaik. Bila semua usaha sudah dilakukan maka serahkan sepenuhnya pada Beliau. Dengan begitu semangat anda sebagai pewarta online tidak akan pernah padam.
Demikian sobat, terimakasih sudah membaca artikel sederhana ini dan terimakasih atas kunjungannya. Wasalam !

0 Response to "Apakah Blog Anda Sepi Ketika Liburan? Berikut Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel