Modal Kecil Bisnis Tanam Cabai Dalam Polibag di Pekarangan Rumah

Mencari pekerjaan menjadi pegawai sekarang ini tentu tidak mudah. Berbagai persyaratan mesti dipenuhi, belum lagi persaingan antar lulusan kian membludag setiap tahunnya. Sungguh membuat para lulusan yang masih baru, mesti mencari kreatifitas untuk memulai sebuah pekerjaan.

Salah satu bisnis yang bisa dilakoni dengan modal kecil namun untungnya bisa berlipat ganda, adalah usaha bisnis tanam cabai dalam polibag di pekarangan rumah.

Hal ini saya khususkan buat teman-teman yang tinggal di pedesaan dan perkotaan yang memiliki cukup lahan namun bukan lahan pertanian. Bisnis cabai patut dicoba, apalagi untuk mempersiapkan bahan dan pembibitannya tidaklah sulit.

Alasan menggunakan polibag sebagai tempat penanaman.

Mengingat mudahnya tanaman cabai terserang hama , pada tanaman yang ditanam pada lahan. Maka dengan menggunakan polibag kita bisa mengontrol kondisi lingkungan tanaman cabai. Apalagi ditanam di pekarangan rumah.

Menggunakan polibag juga akan memudahkan kita untuk merawat tanaman cabai. Misalnya, memudahkan kegiatan menyiangi tanaman, serta pemupukannya.

Tanaman cabai yang ditanam pada media polibag juga akan mudah untuk dipindahkan ketika cuaca dan musim yang tidak bersahabat pada tanama. Dengan begitu tanaman cabai anda akan tetap terjaga dan terhindar dari cuaca yang ekstrim.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membudidayakan?

Berbicara modal usaha atau bisnis tentu akan sangat beragam. Sebagai seorang wirausaha pemula, tentu kita harus mencobanya dengan modal kecil.

Untuk bisnis budidaya cabai dengan media tanam polibag di pekarangan rumah, kalau saya rinci diperlukan beberapa kelengkapan. Beberapa diantaranya :

  1. Polibag ukuran 30x30 atau 40x40
  2. Bibit cabai
  3. Pupuk kandang
  4. Tanah
  5. Sekam
  6. Tempat menaruh media 
Rincian modal yang diperlukan 

Untuk berbisnis budidaya cabai dalam polibag tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bila Anda sudah memiliki tempat yang memadai di pekarangan rumah Anda, tinggal memikirkan kembali polibag dan bibit cabainya. 

Untuk harga polybag ada yang dijual dalam bentuk paketan, dimana dalam satu paket dengan jumlah tertentu. Ada juga yang dijual dengan harga perkilo.

Bila Anda ingin memperoleh harga yang murah lebih baik membeli perkilonya saja. Harga perkilonya pun beragam. Anggaplah harga perkilonya 20.000 ribu rupiah.

Dengan membeli 5 kilo saja, modal yang Anda perlukan adalah 5 x 20.000 = 100.000

Untuk harga bibit cabai, lebih baik anda membelinya kepada petani cabai yang bisa dipetik langsung dari tanamannya. Harga akan jauh lebih murah daripada Anda membelinya dari pasar atau bibir yang sudah siap tanam.

Cabai Anda kupas dan cari bijinya. Kemudian biji yang sudah bersih dari kulit di jemur beberapa hari saja. Selanjutnya simpan dalam kertas koran. Beberapa minggunya Anda tanam pada media polybag yang sudah siap dengan media tanah dan pupuknya.

Nah sobat dengan perawatan yang teratur dan baik , tanaman cabai yang ditanam pada polibag di pekarangan rumah akan jauh lebih tahan lama  dari hama.

Nah, bagi sobat yang mau mencoba bisnis kecil ini, ayoo silahkan dicoba.

0 Response to " Modal Kecil Bisnis Tanam Cabai Dalam Polibag di Pekarangan Rumah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel