Jajanan Khas Resepsi Pernikahan

Bulan-bulan ini musim nikah ramai lagi. Ramainya musim orang nikah tentu membuat ramai pula layanan persiapan acara pernikahan. Mulai dari persiapan foto prawed, gaun pernikahan, dekorasi tempat, dan kelengkapan konsumsi acara resepsi. 

Bagi kita yang memiliki sahabat sedang melangsungkan acara resepsi pernikahan, menghadirinya tentu menjadi harapan kedua mempelai. Asal sudah datang, meskipun tidak membawa apa-apa bagi pasangan yang menikah, kehadiran kita adalah ucapan doa bagi mereka. 

Namun, rasa sungkan kita jika datang ke resepsi pernikahan tanpa membawa apa-apa. Paling tidak kita selalu membawa amplop dengan beberapa lembar rupiah tentunya. Dan satu lagi, jangan lupa membawa pasangan Anda. Hemm... Bagi sobat pedia yang menjomblo, situasi inilah yang kadang menjadi situasi yang paling riskan untuk di pertanyakan oleh kawan lainnya. 

"Kapan nih... Giliran si Ucup, di tunggu nih karu merahnya!"

Yah... Kayak main sepak bola segala berisikan kartu merah. Namun, itulah yang saya rasakan beberapa tahun lalu sebelum menyunting gadis desa dambaan saya yang kini sudah menjadi pendamping hidup saya dalam suka maupun duka. 

Saya rasa hal yang sama dirasakan oleh para jomblowan dan jomblowati. Tapi sobat hal itu jangan terlalu dipikirkan, sebab yang namanya jodoh pastilah akan datang juga, cuma syaratnya Anda jangan berhenti untuk berusaha mengejar wanita idaman Anda, dengan tetap berpegang teguh pada jalan kebenaran. 

Wah, kayak ceramah saja ya sobat. 

Kembali ke topik mengenai resepsi tadi. Selain membawa pasangan, jangan lupa perut jangan dibegahin dulu dari rumah. 

Malu bukan jika di tempat resepsi kita tidak ikut menyantap hidangan yang disediakan oleh mempelai. Maka dari itu ketika menghadiri resepsi pernikahan, perut Anda jangan dibegahin dari rumah, juga jangan dikosongin amat. Karena kalau kita makan dengan rakusnya disana, tambah malu lagi. 

Dalam acara resepsi pernikahan yang sering saya hadiri, ada beberapa jenis jajanan yang selalu ada dalam acara resepsi pernikahan. Entah itu resepsi yang diselenggarakan oleh keluarga berada, maupun resepsi sederhana. Jenis jajanan tersebut selalu saya temui. 

Maaf , mungkin juga nantinya pengalaman sobat pedia berbeda dengan apa yang saya ceritakan disini. 

Alasan saya membagikan informasi disini sebenarnya , siapa tahu nantinya sobat pedia ada yang menyelenggarakan sebuah hajatan atau resepsi, pilihan jajajannan ini bisa dipertimbangkan. 

Kue lapis
Ini dia jajanan yang saya tulis diurutan pertama. Kue yang satu ini sudah melegenda di Nusantara. Bahkan mungkin di setiap daerah di Indonesia, memiliki cita rasa kue lapis yang beraneka ragam. 

Selain karena rasanya yang enak, kue lapis kerap menghiasi acara resepsi pernikahan, mungkin dikarenakan warna yang  menarik. Perpaduan warna dengan motif garis-garis menyajikan keindahan. 

Selain itu, kue lapis dipilih karena harganya terjangkau. Kalau ditempat saya sebiji masih dijual seharga 1000 rupiah. 

Namun ada sedikit kekurangan kue ini, bila Anda mengadakan resepsi dengan jumlah undangan yang terlalu banyak, jangan sampai kue tersebut berada sampai sore, kalau pun demikian harap diganti setiap beberapa jam, dengan yang baru sehingga kue lapis tidak basi. 

Onde-onde wijen
Siapa sih yang tidak kenal dengan kue yang satu ini. Rasanya yang gurih berbalut wijen digoreng dengan minyak kelapa memberikan aroma khas pada kue onde-onde wijen. Setiap mulut yang menggigitnya akan diberikan kejutan kacang ijo di dalamnya. Manis, gurih, dan legit itulah citarasa yang tersaji dalam beberapa butir onde-onde wijen. 

Sobat pedia yang Budiman, pilihan mempelai menggunakan kue yang satu ini tentulah tidak bisa kita tahu pastinya, namun dari pengamatan saya kue tersebut, sangat merakyat dan setiap orang pasti menyukainya. 

Karamel
Jajanan berikutnya yang sering saya lihat adalah karamel. Karamel yang disisir tipis kemudian berbalut plastik bening tersaji dalam wadah npan yang akan menyambut para tamu yang datang untuk menghadiri undangan mempelai.

Kerupuk melinjo
Apakah Anda heran melihat jajanan yang satu ini hadir dalam setiap acara resepsi pernikahan ? Pengalaman yang saya alami setiap menhhadarii resepsi pernikahan, krupuk melinjo selalu datang di depan meja daftar hadir dalam menyambut tamu, berdampingan dengan minuman soft drink dan teh botol .

Wah, sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan yang biasa ada pada acara resepsi pernikahan, Semoga apa yang saya tulis disini memberikan manfaat bagi pembaca.

3 Responses to "Jajanan Khas Resepsi Pernikahan"

  1. Wah..hebat nich Mas Riyan kepikiran menulis pengalaman tentang menyantap makanan ringan ditempat resepsi pernikahan.Hobi makan yach Mas...hehe( bcanda ).....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.... kebetulan lagi hadiri acara resepsian mas. Dapat makan gratis.... :)

      Hapus
  2. tpi....jng lupa ngisi amplop yach..... : )

    BalasHapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel