Kehabisan Ide Ketika Menulis dan Bingung Gimana Mengatasinya?

Saya rasa judul artikel yang saya tulis kali ini sudah banyak berseliweran di media online. Tinggal serach di Mbah Google, maka ratusan judul artikel dengan aroma yang sama menanti untuk Anda baca.

Kalau begitu apa tujuan saya menulis artikel ini jika hal yang sama juga sudah ada. Apalagi degan  berbagai cara dan strategi untuk mengatasi kehabisan ide dalam menulis.  Bukankah hal ini terbilang mubasir dan tidak berguna?

Bila Anda memiliki pemikiran yang sama dengan pertanyaan yang saya tulis di atas, maka ketemulah salah satu penyebab kehabisan nya ide menulis Anda. Salah satunya keengganan menulis topik yang sama namun dengan gaya yang sesuai dengan diri kita . Dan hal ini, kadang tidak disadari oleh beberapa para penulis yang mulai kehabisan ide menulis menghambat kemampuan untuk selalu menelurkan sebuah tulisan.

Salah satu penghambat ide kita dalam menulis adalah kebiasaan berpikir " ah malas buat topik itu, dah terlalu banyak yang nulis " atau ada juga pertanyaan "Bagaimana cara agar tulisan kita berada di halaman depan Google dan begini dan begitu, "  ada juga yang bertanya �Duh....gimana kalau menulis dengan cara ini, gimana hasilnya nanti�   Berbagai macam pertanyaan yang kadang terlontar.

Jika kita terus berpikir seperti itu, maka sampai kapan pun tulisan tidak akan tersaji di halaman depan blog atau website kita, sekali lagi jika hanya memikirkan tidak begini dan tidak begitu. Mengutip beberapa pendapat penulis blog senior, disampaikan agar kita menulis dan menulis dan jangan pikirkan nanti tidak begini dan tidak begitu. Dengan cara inilah maka tulisan segar senantiasa hadir untuk memberikan dahaga bagi para pembaca.

Menulis jangan yang rumit-rumit, apapun bisa anda tulis. Menurut saya pribadi yang paling penting tulisan tersebut bermanfaat. Kebermanfaatan sebuah tulisan sangat relatif. Misalnya saja, saya menulis sebuah artikel tentang cara mendidik siswa yang bandel di kelas. Ketika seorang petani menemukan artikel tersebut, tentu akan dirasa kurang bermanfaat. Namun, saat tulisan tersebut dibaca oleh seorang mahasiswa yang kuliah di fakultas keguruan atau seorang guru, bisa jadi tulisan saya dijadikan sebagai bahan referensi.  Jadi, kebermanfaatan tulisan kita hanya sebatas kepada para pembaca yang sesuai dengan jenis tulisan yang kita buat. Maka dari itu, sangat erat kaitannya membuat sebuah tulisan yang menargetkan pembaca. Ibaratnya artikel itu sebuah roket, maka ia akan mencari sendiri sasarannya dan anda tinggal melihat dan membuat tulisan baru lagi sesuai dengan sasaran yang ingin anda targetkan.

Sobat pedia yang budiman, kehabisan ide menulis memang sering dialami oleh siapa saja. Kehabisan ide menulis cenderung dialami bagi mereka yang ingin menyajikan tulisan yang sangat berkualitas kepada pembaca. Namun, bagi sebagain blogger lainnya tidak demikian. Yang terpenting hobinya tersalurkan, buat tulisan, edit sedikit kemudian publish, maka masalah selesai dan blog selalu menyajikan sesuatu yang segar. Jika anda menerapkan gaya seperti itu, maka saya yakin tidak ada yang namanya kehabisan ide dalam menulis.

Takut kehilangan pembaca, karena tulisan kurang  berkualitas?
Memang yang namanya sebuah situs blog, pengunjung adalah target yang harus bisa selalu datang setiap harinya.  Mereka datang melalui berbagai jalur, kemudian membaca beberapa tulisan anda hingga mereka jatuh cinta. Kalau sudah jatuh cinta, maka dimanapun dan kapan pun mereka pasti akan selalu datang dan merindukan anda. Sama halnya dengan blog Riyanpedia.com ini, senantiasa didukung oleh sobat pedia untuk terus maju dan maju bersama. Dukungan ini tentu harus dijawab dengan dibarengi memberikan tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Jika kita hanya memikirkan dan tidak berbuat maka otomatis situs yang kita kelola akan kerdil. Jangan ragu untuk menulis, meskipun secara pribadi anda kurang percaya diri dengan kemampuan menulis anda. Dengan seringnya anda menulis maka tulisan anda sedikit demiki sedikit akan mengalami perubahan. Namun, modal dasar seorang penulis adalah membaca. Ibaratnya amunisi, maka semakin banyak anda membaca maka semakin banyak pula amunisi bahan menulis yang anda miliki. Dengan begitu, tentu tidak akan ada kendala kehabisan ide menulis.

Nah, sobat pedia jika anda mengalami kebuntuan dalam menulis, cobalah  untuk melihat kembali pengalaman anda  baik yang dialami sendiri maupun pengalaman orang lain. Menulis kembali apa yang anda baca dan menceritkan pemikiran anda dengan gaya bahasa yang sesuai dengan gaya anda akan memberikan kemudahan ketika anda menulis.

Ayo... sekarang ambil laptop anda, dan tuangkan kalimat demi kalimat di layar laptop. Selamat menulis . 

0 Response to "Kehabisan Ide Ketika Menulis dan Bingung Gimana Mengatasinya?"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel