Memajang Karya Siswa, sebagai Bentuk Penghargaan

Apakah anda masih ingat pengalaman anda sewaktu duduk di bangku sekolah dulu, terutama sekolah dasar? Tentu anda pernah mengalami sebuah kejadian, dimana anda tidak mampu menghasilkan sebuah karya yang bagus. Alhasil, tidak hanya teman anda yang mengejek karya tersebut, bahkan (maaf) guru anda pun ada yang berkata kalau pekerjaan anda kurang bagus.

Apa yang anda rasakan? kecewa?

sudah jelas, siapa pun yang berada di posisi ini pastilah akan mengalami sebuah kekecewaan yang tidak terkira. Saya harap, ketika anda sebagai seorang pendidik saat ini untuk tidak melakukan hal tersebut. Sesederhana apapun hasil karya siswa anda hargailah mereka dan berikan sebuah kepercayaan atas karya yang mereka buat.

Penghargaan penting diberikan kepada siswa, agar terus tumbuh semangat mereka untuk melakukan yang terbaik. Selain itu, dengen pemberian penghargaan atas karya mereka, siswa pun akan mampu berpikir positif tidak hanya pada dirinya tetapi juga anda sebagai seorang pendidik.

Dalam kegiatan pembelajaran tentunya siswa melakukan banyak hal , salah satunya adalah keterampilan. Keterampilan tersebut akan menghasilkan sebuah karya, mulai dari karya berupa gampar, puisi, pantun, prosa, sebuah alat sederhana yang kesemuanya memerlukan sebuah penghargaan.

Memberikan penghargaan atas karya siswa, tidak mengharuskan anda membeli karya tersebut. Cara sederhana yang kita gunakan adalah dengan memajang karya tersebut. Pemajangan karya siswa dilakukan untuk semua karya siswa. Baik itu karya yang bagus maupun karya yang sederhana.

Jika kita hanya memajang karya siswa yang bagus saja, jelas bagi mereka yang karyanya sederhana merasa tidak dihargai. Perasaan mereka akan cukup sedih, alangkah bijaknya bagi anda untuk memajang juga karya tersebut. Namun, yang pelu dilakukan adalah dengan memposisikan karya yang paling bagus berada pada tempat yang lebih istimewa. Mungkin bisa paling atas atau dengan cara lainnya.

Anda pun harus memberikan pemahaman kepada siswa yang memiliki karya lebih bagus, bahwa kita harus bisa menerima dan menghargai karya orang lain yang lebih bagus dari kita. Justru karya teman yang lebih bagus bisa dijadikan contoh untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi dari sebelumnya.  Dengan penjelasan demikian, maka siswa yang memiliki karya kurang baik, tetap dihargai dan siswa yang memiliki karya paling bagus, dapat membanggakan karya mereka melalui pemajangan di kelas.
Mengenai, berapa lama karya tersebut akan dipajang pada pajangan kelas, itu semua kembali pada anda. Ketersediaan tempat perlu juga anda perhatikan. Jika pajangan tersebut ditempatkan terlalu lama, jelas akan mengganggu aktivitas pemajangan karya berikutnya. Mungkin anda bisa memajang karya siswa paling lama 1- 2 bulan saja, setelah itu perlu diganti dengan karya yang terbaru lagi.

nah, sobat pedia demikian ulasan singkat yang bisa saya sampaikan tentang memajang karya siswa, sebagai bentuk penghargaan kepada siswa.

Semoga dengan kegiatan tersebut, siswa anda akan lebih bersemangat lagi membuat karya, sehingga tumbuh kreativitas dan kemampuan mengapresiasi karya orang lain.

Wasalam !

0 Response to "Memajang Karya Siswa, sebagai Bentuk Penghargaan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel