Ragam Olahan dari Bahan Ubi Talas

Ubi-ubian. Jenis pangan yang satu ini memang paling mudah ditemukan di pedesaan, apalagi di desa saya. Ubi talas begitu mudah tumbuh di ladang dan sawah, sehingga membuat beberapa menu teman ngopi kadang dibarengi dengan ubi talas.

Tanaman talas merupakan salah satu tanaman yang umumnya hidup di daerah basah. Dengan permukaan daun lebar membuat jenis tanaman ini banyak ditemui di daerah yang lembab, meskipun banyak juga yang bisa di tanam di tanah kering seperti perkebunan.

Tanaman talas tentu memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan kita. Karena bagaimana pun tanaman yang satu ini hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Untuk kandungan gizinya, secara umum banyak mengandung karbohodrat walaupun mungkin masih banyak lagi kandungan gizi di dalamnya, namun untuk kali ini saya belum mampu menuliskan kandungan gizi lain di dalamnya. Ini tentu sangat baik digunakan sebagai penggantian nasi. Kadang bagi mereka yang mengalami gangguan gula darah, mengkonsumsi umbi-umbian akan sangat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Ubi talas yang tumbuh tanpa mengenal musim, memiliki produktivitas yang baik bila dijadikan sebagai bahan baku olahan panganan tradisional. Ada beberapa ragam olahan ubi talas yang sering saya buat bersama keluarga. Membuatnya pun cukup mudah dan dijamin lezat.

Adapun ragam olahan ubi talas yang biasa saya buat diantaranya :

1. Ubi talas kukus
Jenis panganan tradisional ini sangat mudah membuatnya. Anda tinggal mencari ubj talas, kemudiam kupas hingga bersih. Setelah bersih jangan lupa di cuci kembali agar tidak menimbulkan kegagalan saat dikonsumsi. Selanjutnya tinggal mengukus ubi tersebut.

Namun, kadang kalau sewaktu kecil dulu. Memasak ubi talas kukus ini tidak langsung di kupas kulit umbinya. Tinggal dicuci agar tanah terlepas dari badan umbi talas, kemudian langsung dikukus deh. Hemmm... Rasanya super legit apalagi ditemani kopi hitam di padi dan sore hari. Menyantapnya, bagi saya disanalah kebahagian hidup di dunia ini.

2. Ubi talas kukus campur parutan kelapa
Untuk ragam olahan yang satu ini, saya biasanya menggunakan talas yang berbatang keunguan. Umbi talas ini sedikit berbeda dengan talas yang berwarna hijau. Talas ungu memiliki tekstur umbi yang sangat unik. Dimana saat matang umbinya berwarna kekuningan dan rasanya pun super legit.

Sebelum dimasak umbi talas dikupas terlebih dahulu. Kemudian dicuci hingga bersih. Anda bisa memotong ubi talas ungu tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil. Selanjutnya dikukus. Sambil menunggu ubi matang, Anda bisa menyiapkan parutan kelapa.

Setelah ubi kukus matang, Anda tinggal menaruhnya di atas piring kemudian taburi dengan parutan kelapa tadi untuk menambah kelezatannya Anda bisa menaburkan dengan garam secukupnya. 

3. Ubi talas goreng
Olahan ubi talas yang satu ini kerap menjadi kripik talas. Dengan proses digoreng maka hasilnya pun renyah dan super kresss....
Biasanya prosesnya hampir Sama dengan membuat kripik ketela. Kalau Anda cari di Google tentu akan menemukan beragam menu masakan dengan olahan ubi talas.

4. Kolak ubi talas
Olahan yang satu ini mungkin sudah sering Anda ketahui bahkan pernah mencicipinya. Bagaimana enak bukan?

Ya, yang namanya kolak tidak hanya pisang saja yang bisa diolah untuk menjadi menu panganan kolak. Ternyata ubi pun bisa. Yang paling enak digunakan untuk bahan pembuatan kolak, berdasarkan pengalaman saya adalah ubi talas yang batangnya berwarna keunguan. Atau sering di kampung saya disebut dengan nama ubi talas kuning.

Teksturnya yang legit membuat kolak ubi talas yang satu ini paling sering di serbu oleh penyuka makanan tradisional.

Nah, sobat pedia demikianlah olahan ubi talas berdasarkan pengalaman saya. Mungkin saja masih banyak lagi kumpulan resep makanan olahan ubi talas. Apapun itu, yang terpenting kita tidak melupakan sumber kekayaan alam yang terdapat di lingkungan  kita yang bisa dijadikan sebagai pemenuhan makanan sehat bagi anggota keluarga.

Yukk.... Makan ubi dan jangan lupa berolah raga. Sehat selalu dan wasalam !

0 Response to "Ragam Olahan dari Bahan Ubi Talas "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel