Mengabadikan Peristiwa Penting Melalui Tulisan Langsung ke konten utama

Mengabadikan Peristiwa Penting Melalui Tulisan

Bagi sobat pedia yang hobi menulis tentu pernah mengalami banyak kesulitan, salah satunya sulit menemukan ide. Seperti yang dijelaskan oleh para senior tentang banyaknya tips menulis, sebenarnya secara umum dapat saya simpulkan bahwa ide itu adalah kemauan kita untuk mengnggali apa yang pernah kita alami maupun dari cerita orang lain.

Saat Anda ingin mengingat kembali apa yang Anda lihat, rasakan dan alami maka ide itu pun akan datang. Ambil saja peristiwa penting yang terjadi di sekeliling Anda.

Menjadikan sebuah peristiwa penting yang jarang terjadi, bahkan cenderung  langka, akan membuat tulisan tersebut menjadi sebuah alat rekam yang kelak bisa dibaca kembali oleh anak cucu kita.

Bukankah hak tersebut akan membanggakan dirinya kita sebagai penulisnya. Mungkin Anda akan berpikir, saya musti mulai darimana?

Sebaiknya hal tersebut dilupakan saja. Coba Anda rasakan dan cermati sebuah kejadina yang menurut Anda langka. Jika sudah, langsung saja buat drafnya dan narasikan peristiwa itu sesuai dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Mungkin saat jam istirahat kantor, Anda diajak makan sebuah kuliner yang memang bagi Anda pribadi itu sangat enak.

Nah,  peristiwa tersebut bisa anda tulis. Mulai dari tempatnya dimana, siapa pemiliknya, kapan Anda berkunjung kesana, berapa lama sudah pedagang itu jualan disaana.

Bahkan jika terjadi sebuah fenomena alam, ini akan menjadi sebuah bahan tulisan yang sangat mengabadikan. Meskipun kata orang, selembar gambar sudah menampilkan seribu bahasa, namun gambar tanpa ada sebuah untaian kalimat pendek akan lebih bermakna.

Jika Anda sudah mampu melihat ide yang sebenarnya tidak sulit Anda cari, maka lakukanlah segera. Mari mengabadikan peristiwa penting dalam tulisan, sehingga akan bermanfaat bagi perkembangan literasi publik dan dokumentasi sebuah peristiwa penting sekarang ini untuk bisa dibaca kembali di masa mendatang.

Selamat menulis, demikian artikel super singkat dari saya hari ini. Semoga bermanfaat, wasalam !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar